Belajar Stand Up Comedy

Belajar Stand Up Comedy

Stand Up Comedy Adalah salah satu jenis Lawakan yang hanya seorang diri, yang artinya hanya satu orang di atas panggung (bisa disebut komedy tunggal). Julukan bagi para Peminat Stand Up Comedy disebut komik.

Stand Up Comedy sendiri sudah ada sejak dahulu, namun populer di Indonesia Mulai Tahun 2011 sampai saat ini. Saya sendiri mengenal Stand Up Comedy pada awal tahun 2012 saat melihat perform Soleh Solihun dan Mongol Strees di Stand Up Comedy Metro TV. Awalnya saya anggap biasa saja, namun setelah lama lawakanya makin Lucu.

Ajang pencarian Bakat Stand Up Comedy sudah ada, dan sekarang memulai persiapan untuk season yang ke 3.

Bagi anda yang ingin mencari Hoby baru, Stand Up Comedy Adalah solusinya, karena masih jarang orang yang menggeluti d bidang ini. Coba anda pikir, disekolah, dikantor atau orang yang anda kenal ada yang bisa Stand Up Comedy? , pasti 70% menjawab tidak. Jika anda mengeluti bidang ini pasti akan banyak tawaran perform manggung jika anda bisa ngelawak.

=>Bagi anda yang minat untuk belajar Stand Up Comedy saya akan memberikan sedikit ilmu yang saya peroleh dari gunung Kelud (bercanda gan) heheh .

Cara Belajar Stand Up Comedy:

1. Format Materi
Yang dimaksud dengan Format Materi adalah Bahan Lawakan (Jokes) yang dibawakan para Comic yang biasanya mereka buat sendiri. Materi Stand Up Comedy harus berformat Set Up & Punch atau boleh menggunakan format lain seperti Rule of Three.

2. Set Up
Set Up adalah bagian yang tidak lucu dari sebuah joke/bit. Set Up berfungsi untuk memancing penonton agar mereka penasaran. Saat mendengarkan Set Up suatu bit, penonton memikirkan 1st Story, yaitu bayangan atau pikiran penonton menganai Set Up suatu bit.
-Contoh Set Up:
Saya ini suka sekali beli sepatu…

3. Punch
Punch adalah bagian yang lucu dari sebuah joke/bit. Punch berfungsi untuk menyodorkan kejutan kepada penonton. Saat mendengarkan Punch suatu bit, penonton memikirkan 2nd Story, yaitu bayangan atau pikiran penonton menganai Punch suatu bit.
Contoh Punch:
…karena di mana – mana beli sepatu itu beli 1 gratis 1, beli yang kiri dapat juga yang kanan.
-Contoh lengkap suatu Bit:
Saya ini suka sekali beli sepatu karena di mana – mana beli sepatu itu beli 1 gratis 1, beli yang kiri dapat juga yang kanan.

4. Rule of Three
Rule of Three yaitu format suatu bit yang memberi tiga contoh sesuatu, tetapi contoh yang ketiga adalah Punch.
-Contoh Rule of Three:
Setiap kali bertemu perempuan saya selalu ingin memandangi, memeluk,…
Punch-nya:
...lalu menamparnya.

Nah itu tadi sedikit Pembelajaran tentang Belajar Stand Up Comedy, Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca dan Mulai belajar Stand Up Comedy. Lain kali saya akan memberi Trik lain dalam hal stand Up Comedy

Salam Comic

Guest Post Danforblog

14 thoughts to “Belajar Stand Up Comedy”

    1. knapa stand up komedi tidak melnampilkan sosok perempuan tua macam saya……karena saya minat sekali tapi saya tau diri kok nenek nenek ingin sukses sih

  1. Bisa, jadi Peserta stand up Comedy tinggal daftar aja, klo ada Audisi Stand Up Komedy Kompas TV di kota agan ya daftar,

    biar lebih gampang ikut komunitas Stand Up Comedy aja, di tiap kota pasti ada

  2. @Rizal : itu kan Audisi gan, klo ada audisi lagi coba ngikut aja, caranya coba gabung dulu di komunitas stand Up Comedy terdekat, atau kunjungi langsung Webnya Kompas TV

  3. Mantab..
    tp syg gan, di kota ane di Bengkulu, komunitas stand up nya gk welcome.
    andai ada org yg mw belajar, mereka terkesan cuek. Malah wkt ane buat grup FB Stand Up Comedy Bengkulu, ane malah di katain mau nherusuh krn dianggap mau buat komunitas stand up yg baru.
    gimana tu gan? Ada solusi.. krn byk bgt org2 di kota ane yg mau ikutan, tp gk diakomodir ama komunitas stand up ny disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *