Alasan Elon Musk Mengubah Twitter Menjadi X

Alasan Elon Musk Mengubah Twitter Menjadi X

Twitter resmi mengubah namanya menjadi X pada tanggal 22 Juli 2023. Perubahan ini tidak hanya berdampak pada nama, tetapi juga pada sejumlah fitur yang ada di dalamnya. Berikut adalah penjelasan mengenai alasan di balik perubahan Twitter menjadi X dan perubahan fiturnya:

Alasan Elon Musk Mengubah Twitter Menjadi X
Alasan Elon Musk Mengubah Twitter Menjadi X

Alasan Perubahan Menjadi X

Elon Musk mengumumkan perubahan nama Twitter menjadi X bukan hanya sekadar pergantian nama, tetapi juga sebagai bagian dari rencana besar untuk mengubah Twitter secara keseluruhan.

“Twitter telah diakuisisi oleh X Corp dengan tujuan memastikan kebebasan berbicara dan sebagai akselerator untuk X, aplikasi segalanya. Ini bukan hanya perubahan nama perusahaan, tetapi langkah besar yang diambil,” ungkap Musk melalui postingannya di X pada tanggal 25 Juli 2023.

Menurutnya, Twitter semula hanya cocok sebagai platform untuk berbagi pesan singkat dengan batasan 140 karakter. Namun, dengan perubahan ini, X memungkinkan pengguna untuk mengirim video dengan durasi beberapa jam.

“Nama ‘Twitter’ cocok ketika platform ini hanya tentang pesan singkat dengan 140 karakter, seperti kicauan burung. Sekarang, kita bisa berbagi hampir segala jenis konten, termasuk video berdurasi panjang,” jelas Musk.

Musk juga mengucapkan selamat tinggal pada lambang burung yang telah menjadi ikon Twitter selama bertahun-tahun.

“Selama beberapa bulan ke depan, kami akan menambahkan fitur komunikasi yang lebih komprehensif dan kemampuan untuk mengelola transaksi keuangan Anda. Nama ‘Twitter’ sudah tidak relevan dalam konteks ini, jadi kami harus mengucapkan selamat tinggal pada lambang burung tersebut,” tambahnya.

CEO Twitter/X, Linda Yaccarino, juga memberikan penjelasan mengenai X melalui postingannya. X didukung oleh kecerdasan buatan (AI) dan menawarkan fitur interaktif tanpa batas.

“X adalah masa depan interaktivitas tanpa batas, dengan fokus pada audio, video, pesan, pembayaran, dan perbankan, menciptakan pasar untuk ide, produk, layanan, dan peluang. Dengan dukungan dari kecerdasan buatan, X akan menghubungkan kita semua dalam cara yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya,” ungkap Linda dalam postingannya pada tanggal 24 Juli 2023.

Sejarah Elon Musk dan X

Salah satu alasan lain mengapa Twitter berubah menjadi X adalah karena hubungan sejarah Elon Musk dengan X. Musk pernah mendirikan X.com pada tahun 1999, yang kemudian bergabung dengan Confinity setahun kemudian dan berganti nama menjadi PayPal.

Ketika menjadi CEO PayPal, Musk mencetuskan ide kontroversial untuk memindahkan platform perusahaan ke Microsoft dan menggantikan sistem berbasis Unix yang digunakan oleh PayPal. Keputusan ini mengakibatkan pemecatan Musk sebagai CEO dan pengusiran dari perusahaan.

BACA:  Fakta Seputar PewDiePie si Raja Vlog Youtube

Pada tahun 2017, Musk membeli kembali nama domain X.com dari PayPal karena memiliki makna khusus baginya. Sekarang, situs X.com digunakan untuk menggantikan Twitter.

Perubahan Fitur dari Twitter ke X

Sejak dikelola oleh Elon Musk sejak tahun 2022, Twitter telah mengalami sejumlah perubahan fitur yang akhirnya memunculkan perubahan nama menjadi X. Berikut adalah beberapa perubahan fitur yang dilakukan oleh Twitter/X, sebagaimana dilansir dari blog resmi Twitter/X.

  • Pada November 2022, Twitter memperkenalkan model berlangganan untuk mendapatkan tanda verifikasi centang biru. Mulai bulan ini, Elon Musk mulai membagikan visinya mengenai X.
  • Pada Desember 2022, pengguna berlangganan disebut sebagai pelanggan Blue. Mereka diberi kemampuan untuk mengunggah video selama 10 hingga 60 menit. Pada bulan ini, fitur Community Notes juga diperkenalkan.
  • Pada Januari 2023, terjadi perubahan nama tab ‘Home’ menjadi ‘For You’ dan tab ‘Latest’ menjadi ‘Following’. Selain itu, ketika pengguna membuka timeline, tampilannya akan kembali ke posisi terakhir saat pengguna meninggalkannya.
  • Pada Februari 2023, Twitter meluncurkan program bagi hasil iklan untuk para kreator. Pelanggan Blue diberikan kemampuan untuk mengirim tulisan hingga 4.000 karakter.
  • Pada April 2023, terjadi kemajuan dalam penggunaan bot kecerdasan buatan (AI). Tanda verifikasi centang biru yang telah lama ada dihapus pada bulan ini.
  • Pada Mei 2023, Twitter meluncurkan memo suara untuk pesan langsung (DM), sementara pelanggan Blue kini dapat mengunggah video dengan durasi hingga dua jam. Pemutaran Playback yang lebih cepat dan pemutaran gambar dalam gambar (PiP) juga diperkenalkan.
  • Pada Juni 2023, Twitter meningkatkan fitur yang memungkinkan pelanggan Blue memiliki waktu hingga 1 jam untuk mengedit kiriman mereka. Fitur grup DM ditingkatkan dari 50 orang menjadi 150 orang. Postingan berbentuk panjang untuk pelanggan Blue diperpanjang hingga 25.000 karakter. Selain itu, pelanggan Blue juga memiliki fitur ‘Highlight’ untuk menampilkan postingan terbaik mereka.
  • Pada Juli 2023, X secara resmi diperkenalkan untuk menggantikan Twitter. Nama X kemudian digunakan pada platform Android dan iOS. Situs x.com juga diarahkan ke X. Pengguna yang telah terverifikasi kini bisa mengunduh video langsung dari X.

Demikianlah alasan di balik perubahan nama Twitter menjadi X. Selain pertimbangan fitur-fitur baru yang diperkenalkan, juga ada faktor alasan pribadi Elon Musk yang memiliki sejarah dengan X yang memengaruhi keputusan ini.


disiplin-pakai-masker

Guest Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *