Menjadi Blogger tidak Cukup Hanya Teori Saja, Tapi Perlu Action

Era blogger awal dibawah tahun 2010 sangat berbeda dengan blogger sekarang ini. Banyak hal yang harus di update ilmunya, jadi jangan terlalu tertutup dengan perkembangan yang ada. Karena semakin kesini profesi blogger semakin diperhitungkan.

Mau tidak mau, siap tidak siap, kalau memang serius menekuni dunia blogger, maka mulainya belajar apapun yang berhubungan dengan dunia blog. Cuma itu caranya supaya tidak tergerus zaman yang semakin berevolusi. Ingat, siapapun yang tidak mau atau kalah dalam revolusi, maka akan tenggelam bersama zaman.

Saran saya jangan terlalu apatis dengan ilmu yang asing, karena memang semua ilmu itu awalnya asing bagi kita. Namun lama kelamaan semakin kita mendalami, baru kita merasakan ternyata ilmu itu tidaklah seseram yang kita bayangkan.

Menjadi Blogger tidak Cukup Hanya Teori Saja, Tapi Perlu Action
Menjadi Blogger tidak Cukup Hanya Teori Saja, Tapi Perlu Action

Saya kuliah di jurusan yang notabennya jauh sekali dengan ilmu pengkodingan. Jadi kenapa saya paham PHP, Ajax, CSS? itulah ilmu, bisa didapatkan dimana saja. Saya sendiri belajar otodidak ilmu koding sejak SMA. Nah sekarang-lah saya merasakan begitu banyak manfaatnya.

Dengan ilmu yang saya miliki, saya mampu produktif secara finansial di usia yang sangat muda. Saat orang lain masih meminta uang pada orang tuanya untuk membayar SPP, saya sudah jauh melangkah lebih dari itu, bahkan saya membiaya semua hobi mahal saya.

Intinya tidak ada ilmu yang sia-sia, suatu hari ilmu yang kita pelajari akan memberikan kemudahan untuk masa depan kita nanti. Jadi, jangan terlalu cepat apatis dengan ilmu yang masih asing di telinga.

Saya sebenarnya sedikit merasa sedih ketika ada beberapa dari teman blogger saya hanya menulis dan menulis tanpa tahu strategi menjual tulisannya melalui blog. Bukannya apa-apa, tapi kalau sekarang ini hanya mengandalkan tulisan saja sulit untuk membangun blog kita ke posisi yang baik. Sekarang tanyakan dulu pada diri sendiri, apa tujuan saya ngeblog? Apa hanya sekedar iseng doang atau menjadikan blog sebagai investasi?

Sebenarnya banyak sekali yang harus dipelajari supaya blog kita menjadi blog berharga, namun untuk kali ini saya ingin menyadarkan kawan-kawan tentang point penting yang anda harus pelajari. Paling tidak tiga point ini saja harus anda kuasai dasarnya.

Menjadi Blogger tidak Cukup Hanya Teori Saja, Tapi Perlu Action
Blogging

SEO

Ilmu SEO wajib anda kuasai, paling tidak ilmu dasar-dasar dari SEO, supaya blog anda mendapatkan posisi yang baik di daftar pencarian di google. Apa pentingnya? jelas ini penting, kalau posisi anda bagus di Google, sudah dipastikan akan banyak pengunjung yang mengakses blog anda. Terus? jumlah pengunjung itu berarti sebuah modal berharga untuk anda kembangkan. Karena kalau blog anda sepi, artinya blog anda itu tidak ada harganya. Kan rugi capek nulis tapi tidak ada yang baca.

Intinya ilmu SEO wajib dikuasai oleh semua blogger. Diluar sana banyak kok situs yang ngebahas dasar-dasar SEO, anda tinggal buka google, dan ketik “belajar SEO dasar”. Tapi ingat, teknik SEO yang anda pelajari adalah teknik yang tidak melanggar tos Google.

Yuk, jangan ditunda lagi, setelah anda selesai membaca artikel saya, langsung praktekkan.

Keyword (Kata Kunci)

Keyword ini adalah bagian dari SEO, anda wajib mengetahui bagaimana cara research keyword, bagaimana cara menentukan tata letak keyword di artikel. Menulis artikel itu jangan hanya asal menulis saja, perhatikan keywordnya supaya artikel anda dapat ditemukan orang lain melalui google.

Intinya, setiap ide yang ingin anda tumpahkan dalam bentu tulisan, pasti mengandung keyword yang tentunya pasti dicari orang. Makanya optimalkan keyword tersebut agar mendapatkan posisi yang baik di Google. Kalau perlu gunakan Google Planner agar mendapatkan saran keyword yang bagus.

Backlink

Apa itu backlink? apa itu dofollow backlink? apa itu nofollow backlink? bagaimana caranya mendapatkan backlink?

Backlink adalah sebuah link yang disisipkan yang mengarah ke blog kita. Backlink terbagi menjadi 2 tipe, ada yang dofollow dan ada yang nofollow. Backlink yang kita cari adalah yang dofollow, yakni backlink yang mengizinkan mesin pencari untuk menelusuri backlink tersebut. Sedangkan backlink nofollow ini sifatnya memberi perintah pada mesin pencari untuk tidak menelusuri link tersebut, dalam kata lain nofollow tidaklah bermanfaat untuk meningkatkan rangkin blog.

Intinya, dengan adanya backlink yang mengarah ke blog anda, akan mempermudah blog anda mencapai posisi yang diinginkan.


SEO dasar, Keyword, dan Backlink. Tiga point ini harusnya bisa anda kuasai sekarang juga. Karena itu sebagai dasar dari blog anda supaya blog anda bisa muncul di daftar pencarian berdasarkan keyword yang ditembak.

Di artikel ini saya tidak akan menjelaskan kepada satu per satu dari ketiga point diatas, karena saya lihat rata-rata blogger sudah tidak asing lagi dengan istilah diatas, cuma sayangnya belum ada action aja. Ya mungkin karena masih apatis dengan ilmu-ilmu SEO.

Beberapa waktu lalu saja juga pernah menulis artikel tentang adsense yang didalamnya juga saya bahas tentang SEO, Keyword dan Backlink.  Artikelnya bisa and abaca sendiri di blog saya.

Semoga artikel ini mampu mengingatkan kita kalau ilmu SEO itu penting bagi blogger.


Penulis : Monza Aulia
Seorang blogger yang berfokus pada kegiatan blogging dan aktivitas digital marketing.

4 thoughts to “Menjadi Blogger tidak Cukup Hanya Teori Saja, Tapi Perlu Action”

  1. Jadi blogger itu sulit kalau tanpa action ya gan. Meskipun udah action, kita stack mikirin ide kontennya. Banyak kesulitannya untu jadi blogger, apalagi kalau blogger pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *