Cara Flash Samsung Galaxy V Baik Tanpa PC Atau Dengan PC

Cara Flash Samsung Galaxy V Baik Tanpa PC Atau Dengan PC

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara flashing Samsung Galaxy V, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa smartphone Samsung menjadi salah satu produk smartphone yang mempunyai kualitas cukup baik dan diakui di seluruh penjuru dunia.

Masyarakat Indonesia merupakan salah satu bagian yang sangat menyukai produk dari perusahaan Samsung tersebut. Smartphone besutan vendor dari Korea tersebut cukup bisa diandalkan, sebab mempunyai performa dan spesifikasi yang dapat diandalkan pada aktivitas multitasking.

Berbagai macam problematika bisa menjadikan smartphone Samsung tidak nyaman untuk digunakan, mulai dari lag, lemot dan error. Bahkan, yang lebih parah lagi terjadinya softbrick, hardbrick dan bootloop, di mana Smartphone Samsung tidak dapat hidup dan stagnan hanya di logo saja. Instal ulang atau flashing merupakan cara yang cukup ampuh di dalam mengembalikan smartphone Samsung ke kondisi semula.

Pada umumnya, fungsi dari flash adalah guna mengupgrade sistem operasi Android ke versi yang lebih baru. Akan tetapi, flashing juga dapat dilakukan oleh pemakai Smartphone Samsung untuk downgrade atau menurunkan ke sistem operasi versi sebelumnya. Tidak ketinggalan pula, flash juga berguna untuk mengatasi sejumlah error yang terjadi pada smartphone.

Cara Flash Samsung Galaxy V Baik Tanpa PC Atau Dengan PC
Cara Flash Samsung Galaxy V Baik Tanpa PC Atau Dengan PC

Pilihan membawa smartphone ke tempat reparasi adalah salah satu solusi yang cukup banyak diambil para pengguna smartphone yang masih awam dan tidak memahami mengenai cara flash. Alangkah baiknya, jika anda mau belajar bagaimana cara flash smartphone Samsung, siapa tahu suatu saat nanti anda bisa menguasainya.

Pada tulisan kali ini penulis akan mencoba membahas Bagaimana cara cara flash Samsung Galaxy V baik tanpa PC maupun dengan PC. Smartphone Samsung Galaxy V sengaja diambil penulis, sebab popularitas pengguna dari Samsung Galaxy V cukuplah banyak.

Softbrick, Hardbrick Dan Bootloop Bisa Diatasi Dengan Cara Flashing

Seperti yang sudah diulas di depan, flashing smartphone memberikan cukup banyak manfaat. Sebagai contoh adalah mengembalikan kondisi smartphone ke keadaan awal seperti ketika baru dibeli. Disamping itu, flash juga bisa menghilangkan sejumlah error pada smartphone, misalnya lemot, lag dan restart sendiri. Selain itu, penghematan dari sisi pengeluaran biaya tentunya juga akan didapat.

Cara Flashing Samsung Galaxy V

Flash smartphone Samsung Galaxy V bisa dilakukan dengan cukup banyak cara, baik yang memakai PC atau tanpa menggunakan PC. Persiapkan berbagai macam software apabila akan memakai PC untuk flashing, misalnya software Odin. Akan tetapi, apabila akan Flash Samsung Galaxy V tanpa menggunakan PC, tidak terlalu banyak yang harus disediakan, sebab proses flashing hanya memakai tombol volume dan tombol power saja.

Persiapan Flash Samsung Galaxy V

Sebelum kita memulai proses flash Samsung Galaxy V, persiapkan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.

  1. Melakukan backup terhadap seluruh File atau data yang berada pada smartphone Samsung Galaxy V baik ke PC, ke laptop, ke SD card, atau ke media penyimpanan yang lainnya guna meminimalisir kehilangan data. Ingat, proses flashing akan menghapus seluruh data yang ada pada smartphone Samsung.
  2. Pastikan daya baterai pada Smartphone Samsung minimal 30%. Apabila masih di bawah 30%, lebih baik diisi ulang terlebih dahulu.
  3. PC atau laptop
  4. Kabel data
  5. Samsung USB Driver yang bisa anda cari sendiri menggunakan mesin pencari Google. Anda bisa memakai kata kunci “Samsung USB Driver Official Site”.
  6. Firmware smartphone Samsung Galaxy V yang bisa anda download lewat samsung-firmware.org atau sammobile.com
  7. Software Odin apabila akan melakukan flash menggunakan PC

Cara Flash Samsung Galaxy V Menggunakan PC

Install software Samsung USB Driver yang sebelumnya sudah anda download. Proses ini memiliki fungsi supaya smartphone Samsung Galaxy V terbaca dengan baik oleh PC. Akan tetapi, terdapat sejumlah PC yang mampu mendeteksi langsung tanpa harus menginstal software USB Driver tersebut.

BACA:  Awas!! Blackberry Bisa Meledak

Lanjutkan proses instalasi software Odin pada PC, lalu Bukalah software tersebut.

Tahap selanjutnya, Turn Off smartphone Samsung Galaxy V, lalu nyalakan lagi dengan cara menahan secara bersamaan tombol “Power + Home + Volume”. Langkah ini berfungsi agar smartphone Samsung Galaxy V bisa masuk ke mode download firmware.

Jika sudah masuk ke ke dalam mode download, anda bisa melepaskan tombol tadi, lalu pastikanlah tidak ada satu tombol pun yang tertekan.

Berikutnya, akan dimunculkan tulisan warning, anda cukup melanjutkan saja dengan cara menekan tombol “Volume Up”

Selanjutnya, apabila smartphone terbaca dengan baik oleh Odin, akan ditampilkan sebuah notifikasi. Anda bisa mengacuhkan notifikasi tersebut, kemudian lanjutkan dengan cara memilih opsi “Terisi Otomatis”.

Sambungkan smartphone ke PC memakai kabel data, kemudian tunggulah sampai smartphone terdeteksi di desktop.

Apabila tidak terkoneksi, barangkali terdapat kesalahan di kabel data yang dipakai. Namun, apabila telah terkoneksi dengan baik, anda bisa melanjutkan dengan cara mencari firmware yang telah didownload dan sudah dimasukkan ke dalam software Odin.

Secara umum, file firmwere dikemas dalam bentuk Zip atau Rar. Oleh sebab itu, Anda harus mengekstrak terlebih dahulu. Hasil ekstrak dari file tersebut akan memiliki ekstensi MD5. File berekstensi itulah yang akan dimasukkan pada smartphone Samsung Galaxy V.

Kembali lagi pada software Odin, pada bagian auto reboot, F. Reset Time pastikan dalam kondisi terceklist. Selanjutnya, masukkanlah firmwere tadi dengan cara klik AP, lalu Carilah file dengan ekstensi MD5. Apabila telah ditemukan, pilih tombol OK dan Start.

Flashing Samsung Galaxy V akan berjalan dan anda cukup menunggu sampai selesai. Jika proses flashing telah selesai, smartphone Samsung akan restart atau reboot sendiri.

Cara Flash Samsung Galaxy V Tanpa PC

Langkah awal, backup seluruh File atau data yang ada di dalam smartphone Samsung Galaxy V ke media penyimpanan eksternal. Ingat, semua data yang ada di dalam smartphone akan hilang pada proses flashing.

Lakukan penyimpanan Custom ROM atau firmware yang sudah anda download pada kartu memori atau micro SD. Simpanlah pada direktori utama, jangan dimasukkan ke dalam folder apapun. Harap diperhatikan, firmware yang Anda masukkan masih berekstensi asli, yaitu Rar atau Zip. Anda tidak perlu mengekstrak pada tahap ini.

Lanjutkan dengan memasukkan kartu micro SD pada slot di smartphone Samsung Galaxy V, selalu Turn On smartphone pada Recovery Mode. Caranya adalah dengan menekan kombinasi tombol Power + Volume Down + Home secara bersama-sama.

Langkah selanjutnya, masuklah pada menu “Wipe Data/ Factory Reset”, lalu pilih menu “Yes”. Silakan Anda tunggu hingga proses Factory Reset selesai. Tujuan dari proses ini adalah guna mengembalikan smartphone pada posisi pengaturan awal.

Berikutnya, silakan Anda kembali pada menu awal, lalu Pilihlah “Install Zip From SD card”. Selanjutnya, cari serta pilih firmware yang telah tersimpan pada SD card.

Lanjutkan dengan mengklik tombol Yes, lalu proses flashing akan segera dimulai. Silakan Anda tunggu beberapa saat sampai selesai. Apabila proses flashing setelah selesai, smartphone Samsung Galaxy V secara otomatis akan restart atau reboot.

Cara flash Samsung Galaxy V pada dasarnya cukup Mudah dikerjakan. Hanya saja, proses flashing memiliki resiko cukup besar, diantaranya smartphone bisa mati secara total. Oleh sebab itu, untuk menghindari resiko Kegagalan proses flashing diharapkan anda mempelajari tahapan demi tahapan terlebih dahulu sampai benar-benar paham. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Guest Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *