Apa Yang Harus Dilakukan Saat Akun Google Adsense Anda Ditangguhkan?

Ketika kita memeriksa akun AdSense dan melihat income yang terus bertumbuh, ini adalah satu sukacita yang sangat sangat menggembirakan bagi kita penerbit atau blogger. Namun ada saat nya juga kita Shock atau Frustasi, karena ketika masuk ke akun AdSense, kita kemudian mendapatkan WARNING bahwa akun AdSense kita telah di ditangguhkan. Nah Apa yang harus dilakukan saat akun Google Adsense Anda ditangguhkan? dan bagaimana cara mengatasi  penangguhan Akun dari AdSense?

Saat akun Anda ditangguhkan, Google mengirimkan email detail yang berisi alasan penangguhan akun adsense tersebut. Dan kita diberikan kesempatan selama 30 hari untuk mencari tahu dan memperbaiki penyebabnya. Dan sebagai publisher anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tidak ada lagi pelanggaran kebijakan di situs atau blog anda yang menayangkan iklan Google Adsense.

Google sangat ketat dalam melindungi kepentingan pengiklan mereka ini adalah untuk melindungi keberadaan bisnis AdSense dan AdWords mereka untuk jangka panjang. Karena jika pengiklan tidak  mendapatkan lalu lintas yang valid pada iklan mereka, tentunya mereka akan menghentikan iklannya dan ini akan menyebabkan kerugian bisnis periklanan yang dijalankan oleh Google.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Akun Adsense Anda Ditangguhkan
Apa Yang Harus Dilakukan Saat Akun Adsense Anda Ditangguhkan

Beberapa Alasan Utama Mengapa Google Menangguhkan Akun AdSense adalah:

1. Fraud Click (Klik Tipuan)

Sistem pelacakan yang telah dibuat Google dapat dengan mudah mendeteksi penipuan klik pada adsense. Sebagai penerbit AdSense, Anda tidak boleh mengklik iklan Anda sendiri bahkan walaupun hanya untuk menguji iklan di blog/website Anda. Bahkan meminta teman untuk mengeklik iklan Anda pun secara teratur dapat dideteksi (?) dan ini bisa menimbulkan penangguhan atas akun adsense Anda. Ingat Ada tim khusus dalam Google Adsense yang akan pemantau Pola pada klik adsense di blog anda. Mereka akan melakukan penangguhan jika mereka melihat pola pola klik yang sudah tidak benar di iklan blog anda.

2. Sumber Lalu Lintas Bayaran

Sesuai dengan persyaratan layanan, penerbit tidak boleh membeli lalu lintas dari pihak ketiga karena itu dianggap berkualitas rendah. Sumber lalu lintas semacam itu tidak memiliki minat dalam iklan atau adsense dan niat mereka adalah hanyalah meningkatkan tampilan halaman dan RKPT. Jika Anda ingin meningkatkan lalu lintas blog dengan berbayar, lebih baik untuk melakukan kampanye di AdWords mereka.

3. Deceptive Ad Placements / Penempatan Iklan Yang Menipu

Menempatkan iklan yang tidak tepat juga dapat mengakibatkan penangguhan akun AdSense.  Harap pastikan bahwa iklan ditemptakan di tempat yang jelas dan tidak menipu pengunjung blog anda. Jika Anda tidak yakin tentang penempatan iklan, Anda dapat berkonsultasi dengan pakar AdSense untuk mendapatkan bantuan, atau mencari informasi di  forum forum yang membahas tentang hal ini. Klik pada iklan haruslah dari minat pengguna asli, jika tidak, klik tersebut tidak valid dan pelanggaran berulang akan dapat menyebabkan penangguhan akun.

Apa yang Harus Dilakukan saat Akun Google Adsense Anda Ditangguhkan?

  1. Hal pertama yang harus anda dilakukan ketika akun AdSense Anda ditangguhkan adalah menghapus kode iklan dari semua situs Anda (Yang mendapatkan Peringatan Tersebut). Alasan penangguhan akun akan disebutkan dengan jelas di email yang dikirimkan oleh Google Adsense pada Anda. Luangkan waktu untuk memahami apa saja hala yang mengkaibatkan masalah ini.
  2. Cobalah untuk memblokir lalu lintas dari sumber yang menyebabkan aktivitas tidak valid di akun Anda.
  3. Bekerja keraslah untuk meningkatkan lalu lintas yang valid ke blog Anda.
  4. Lakukan pencegahan untuk klik tidak valid di blog Anda di kemudian hari.
  5. Tingkatkan sumber lalu lintas organik pada blog Anda.
  6. Bangun profil dan keahlian media sosial Anda untuk menarik lebih banyak pembaca untuk blog Anda.
  7. Mintalah bantuan dari penerbit lain yang pernah mengalami masalah yang sama dengan akun mereka. Anda bisa melakukannya di forum forum adsense yang banyak tersebar di Internet.
  8. Jangan ulangi kesalahan yang sama di kemudian hari karena ini dapat menyebabkan penutupan permanen dari akun AdSense Anda (SUSPEND).
  9. Baca semua kebijakan dan terapkan kebijkan tersebut dengan benar di blog Anda.
  10. Berfokuslah untuk membuat konten yang bermanfaat dan informatif bagi pembaca Anda selama periode penangguhan ini.

Apakah Penghasilan Adsense Akan Hilang Setelah akun Kembali dipulihkan?

Google akan mengembalikan uang yang terkait yang dianggapnya dihasilkan karena aktivitas tidak valid tersebut kepada pengiklan. Jumlah yang tersisa akan dibayarkan kepada anda setelah akun dipulihkan.

Iklan akan muncul kembali setelah masa penangguhan berakhir tetapi akan ada penangguhan pembayaran  selama 30 hari. Akun anda juga akan dimonitor secara ketat untuk setiap kegiatan tidak valid dan jika ternyata bersih setelah periode 30 hari, pembayaran dari hasil adsense anda akan dibayar dalam siklus pembayaran berikutnya.

Catatan Akhir

  • Sebenarnya Google telah menjadi lebih lunak dan transparan dengan kebijakan mereka saat ini. Daripada dulu yang langsung memBANNED akun adsense kita, Google saat ini mencoba membberi kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan.
  • Google ingin penerbit untuk menyimpan dan memperbaiki akun mereka untuk menambahkan lebih hal positif bagi advertiser mereka dengan memberi lalu lintas yang valid.
  • AdSense tetap merupakan cara terbaik untuk memonetisasi situs untuk penerbit kecil.
  • Akun AdSense adalah aset dan sebagai penerbit, kita harus berhati-hati untuk menjaga reputasinya dengan baik.

Semoga Bermanfaat

Guest Post Danforblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *