5 Panduan Menulis Artikel yang Human Friendly dan SEO Friendly

Kegiatan menulis mungkin kurang menyenangkan bagi sebagian orang. Padahal menulis merupakan bagian penting dalam kehidupan. Hampir dalam semua aspek kegiatan melibatkan penulisan, mulai dari pendidikan sampai pekerjaan. Bagi Anda yang sudah menyadari pentingnya menulis, Anda mungkin ingin melatih kemampuan menulis Anda. Berikut ini beberapa tips Panduan Menulis Artikel yang Human Friendly dan SEO Friendly yang bisa Anda coba.

Panduan Menulis Artikel yang Human Friendly dan SEO Friendly
Panduan Menulis Artikel yang Human Friendly dan SEO Friendly

Beberapa Tips Menulis Bagi Anda Penulis Pemula

1. Pencarian Topik Tulisan

Pemilihan topik sangat penting untuk Anda lakukan. Jika Anda tidak menentukan topik, tulisan Anda akan melebar dan tidak bertujuan. Pemilihan topik akan membuat bahasan Anda menjadi lebih bermakna dan tertata.

Anda bisa memulai dengan memilih topik yang paling Anda minati. Anda juga bisa memilih topik yang ada di kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya, topik memasak, busana, riasan, dan lain sebagainya. Topik yang sederhana, akan memudahkan Anda dalam membuat tulisan.

2. Buat Kerangka Cerita

Hal yang tidak kalah penting saat Anda mulai menulis adalah membuat kerangka tulisan. Pembuatan kerangka tulisan menjadi acuan dan rencana penulisan Anda. Cobalah untuk membuat catatan tentang pokok penting yang akan Anda tulis serta alurnya. Tulislah, garis besar bahasan pada tiap paragraf yang nantinya akan Anda tulis. Jika Anda sudah memilih garis besar tulisan, ada akan lebih cepat dalam menulis dan tidak ada informasi yang lupa Anda tulis.

3. Lakukan Riset Sederhana

Kebanyakan orang menulis tanpa memahami tema tulisan dengan baik. Hal ini akan membuat tulisan Anda kurang bermakna dan tidak berbobot. Oleh karena itu, lakukan riset kecil tentang topik yang Anda tulis. Gunakan kerangka tulisan Anda sebagai panduan dalam mencari data yang Anda butuhkan untuk menulis.

Data untuk tulisan Anda bisa didapat dengan mencari data primer ataupun data sekunder. Data primer didapat dengan melakukan penggalian informasi secara langsung pada narasumber yang sesuai topik. Data sekunder diperoleh dengan mencari informasi melalui internet, buku, surat kabar, dan lain sebagainya. Pastikan Anda mencatat juga sumber-sumber yang Anda gunakan dalam tulisan Anda.

4. Perhatikan Tata Bahasa

Tulisan yang bagus akan membuat pembaca mudah memahami informasi yang tertuang dalam tulisan. Jadi, usahakan untuk membuat tulisan dengan tata bahasa yang sesuai dengan target pembaca dan menggunakan penulisan yang benar. Saat menulis, gunakanlah gaya bahasa Anda sendiri, jangan menjiplak tulisan orang lain. Tindakan penjiplakan akan menurunkan kualitas tulisan Anda dan memuat Anda dicap negatif oleh pembaca.

5. Mengecek Hasil Tulisan

Setelah tulisan Anda selesai, Anda harus melakukan pengecekan hasil tulisan Anda. Perhatikan konten tulisan Anda secara keseluruhan, ejaan, kata baku, dan lain sebagainya. Proses pengecekan tulisan merupakan cara terbaik untuk Anda belajar menulis dengan benar dan baik.

Tulisan yang bagus akan membuat karya Anda lebih dihargai. Jika Anda merasa kesulitan dalam menulis dan membutuhkan artikel untuk situs Anda, gunakan jasa artikel SEO yang terpercaya.


PENULIS : Mutiara

One thought to “5 Panduan Menulis Artikel yang Human Friendly dan SEO Friendly”

  1. Makasih buat tips nya min, kebetulan saya baru mulai buat jadi blogger dan sekaligus untuk menjadi guest writers, dan Insya Allah akan berbasis bahasa inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *