Bagaimana Cara aman berbelanja Online?

Bagaimana Cara aman berbelanja Online? – Dunia Online saat ini paling di butuhkan oleh setiap orang, hampir 80% penduduk di dunia bisa cara melakukan Chating atau berselancar di dunia maya. Tak jarang banyak juga orang yang menggunakan media Online untuk sarana Jual beli. Nah pada tips kali ini sata akan membagikan cara aman berbelanja Online. Bila anda ingin membeli barang lewat online sebaiknya hati-hati, jangan mudah tergiur oleh bagusnya iklan  yang ditawarkan, langsung saja kita simak
BerbelanjaOnline - Bagaimana Cara aman berbelanja Online?
1. Lakukan Riset
Sebelum membeli suatu barang melalui Online, sebaiknya Lakukan terlebih dahulu riset dan pengamatan terhadap situs yang akan menjadi tempat kita berbelanja. Periksa dan amati apakah penjual tersebut menyertakan kontak yang bisa dihubungi misalnya no Hp, telepon rumah, YM, alamat atau memiliki account di situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Kalau tidak ada atau tidak bisa dihubungi maka situs tersebut tidak layak dijadikan tempat berbelanja.

2. Jangan memberikan data diri anda dengan mudah
Sebaiknya anda Jangan mudah memberikan data-data pribadi seperti nomor KTP, SIM, kartu ATM ataupun rekening pribadi kepada penjual. Bisanya informasi pribadi ini jarang digunakan dalam jual beli secara online. Jika penjual meminta data diri anda, sebaiknya hati-hati, jangan mudah percaya

3.  Baca Kebijakan Situs tersebut
Cari dan baca informasi tentang kebijakan situs tersebut atau yang lebih dikenal dengan License and Agreement. Jangan sampai situs tersebut memiliki kebijakan boleh memberikan informasi pribadi ke pihak lain. Baca juga tentang kebijakan pembelian dan pengembalian barang karena hal ini berguna apabila nanti barang yang kita terima tidak sesuai atau cacat.

4. Perhatikan Harga
Perhatikan ini, Periksalah harga yang tertera pada barang yang akan anda beli, kita patut curiga apabila barang yang sama memiliki harga yang jauh berbeda dengan yang ada di toko offline, maupun toko online laiinya.

5. PERHATIAN, Jangan menggunakan password yang sama ketika bertransaksi online karena sangat berisiko terhadap tindak kejahatan pencurian password.

6. Bekali komputer dengan antivirus yang terupdate apalagi jika antivirus memiliki perlindungan spyware, anti phising dan firewall lebih bagus.

7. Sebaiknya Meminta dan menyimpan bukti transaksi, hal ini bisanya kalo belanja online via email bukan lewat Situs.

8. Lebih baik melakukan pembayaran dalam bertransaksi online jika anda memiliki accont paypal. Karena pembayaran via paypal akan lebih terjamin keamananya daripada menggunakan kartu kredit.

9. Jika masih takut berbekanja online
Bila anda snagat takut berbelanja lewat Online karena penipuan, sebaiknya anda melakukan pembayaran dengan Cara COD baca “Apa Yang di Maksud dengan COD“. COD menggunakan sistem ketemu langsung, walaupun anda melihat barang tersebut melalui media Online, yang tentunya juga janjian terlebih dahulu dengan penjual. Sistem ini bisa di bilang ada uang ada barang.

4 thoughts to “Bagaimana Cara aman berbelanja Online?”

  1. wah terimakasih atas sarannya nih gan, kadang ane kalau mau transaksi onine bgtu takut tertipu gan, maka nya sampek sekarang saya tidak tahu bagaimana cara untuk jual beli online, dulu pernah saya mau nyoba beli produk orang hampir saya ngasih data saya,, tpi gak jadi,,, thanks informasi nya gan… mantap gan,,

  2. Maksih artikelnya gan sangat bermanfaat dan berguna bagi saya..

    Salam Kenal dan salam blogwalking

  3. Perdagangan di dunia maya dibutuhkan kepercayaan dan kejujuran. Karena, di dunia maya akan lebih mudah melakukan penipuan. Jadi berhati hatilah.

    Salam
    _www_idastronomi_co.vu/2015/05/teori-konspirasi-apakah-materi-gelap.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *