Ilustrasi Blogging. Source Adobe Photo Stock

7 Alasan Penting Kenapa Harus Mulai Blogging Sekarang Juga

Blog memang tak pernah termakan waktu. Sejak tahun 2000-an hingga sekarang, kita sering menjumpai atau mengunjungi blog untuk membaca artikel, review hingga konten lainnya. Konten dari blog memang menarik dan bermanfaat banget untuk kita, setuju nggak?

Blog terus menerus mengalami perubahan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Blogging – aktivitas melakukan aktivitas di blog pun nggak melulu soal menulis saja atau dijadiin diary online lho. Tetapi aktivitas ini rupanya memiliki banyak manfaat bahkan bisa meningkatkan karir juga lho. Ah masa sih?

Jika kamu yang baca ini sedang berencana untuk memulai sebuah blog, maka sebaiknya scroll ke bawah untuk cari tahu berbagai alasan kenapa kamu harus stop mikir dan langsung terjun ke dalam dunia blog. Siapa tahu, dengan memiliki blog bisa mengubah pikiran dan jalan hidupmu lho. Simak yuk 7 alasan penting kenapa harus mulai blogging sekarang juga.

Meningkatkan Skill Menulis

Alasan pertama kenapa kamu harus mulai blogging dari sekarang adalah meningkatkan skill menulis. Buat kamu yang suka menulis, kita perlu banget meningkatkan ketajaman menulis kita. Latihan terus menerus dengan membuat konten di blog bisa melatih skill menulis agar lebih baik lho.

Pengalaman dan latihan adalah kunci dari sebuah hasil yang bagus, termasuk dengan tulisan yang kita buat. Jangan minder duluan dengan blogger atau penulis yang lebih jago dan andal, mereka pun pasti memerlukan waktu yang lama untuk mencapai titik sekarang. Banyak penulis terkenal juga memulai karirnya dari blog lho. So, invest your time and keep practicing writing to improve your skill.

Sebagai Tempat Bercerita dan Tempat Dokumentasi

Alasan kedua adalah sebagai tempat bercerita dan tempat dokumentasi. Kebanyakan orang mungkin setuju bahwa awal mula membuat blog adalah untuk mengeluarkan isi hati, menceritakan pengalaman yang menarik atau sekedar bercerita biasa. Tetapi cerita kamu pun bisa aja memberikan respon positif terhadap pembaca atau pengunjung blog kamu lho.

Ilustrasi Blogging. Source Adobe Photo Stock
Ilustrasi Blogging. Source Adobe Photo Stock

Selain itu, blog bisa jadi tempat dokumentasi untuk peristiwa yang nggak ingin kamu lupakan. Dengan membagikan foto foto kita di blog secara tidak langsung sudah menjadikan blog kita sebagai tempat dokumentasi lho. Dan kamu bisa melihat itu kapan saja dan nggak khawatir foto-foto atau tulisan itu hilang.

Dapat Membantu Orang Lain

Dengan menuliskan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang kita punya di blog kita, kita secara tak langsung telah memberikan manfaat terhadap mereka lho. Kita memberikan pengaruh atau influence yang baik untuk mereka.

Kita bisa memberikan solusi atau menyelesaikan masalah mereka juga. Misalnya kamu hobi memasak dan kamu membagikan tips berguna soal memasak. Tips tersebut bisa bermanfaat untuk para pembaca yang membutuhkan lho. Lalu  cerita dari pengalaman kita akan menginspirasi banyak orang lain dan juga memotivasi mereka.

Dengan ini, secara nggak langsung kamu berjasa bagi mereka karena sudah memberikan wawasan dan ilmu baru yang akan berguna untuk mereka. Blog memang bisa menjadi platform yang bisa membantu orang lain secara langsung maupun tidak langsung.

Belajar Untuk Disiplin Waktu dan Konsisten

Keempat adalah belajar untuk disiplin waktu. Karena sebagai blogger yang baik, kita perlu merencakanan konten blog dari waktu ke waktu dan nggak berhenti begitu saja. Setidaknya seminggu sekali kamu bisa menjadwalkan mempublish konten blog agar pengunjung betah dan nggak menunggu terlalu lama konten terbaru darimu.

BACA:  Cara Agar Blog Mudah Diterima Google Adsense

Dengan begini, kamu pun bisa melatih untuk disiplin dalam mengatur waktu sekaligus konsisten untuk membuat konten. Kebiasaan ini mungkin tidak mudah, harus  dilakukan secara bertahap tetapi secara nggak langsung bisa menciptakan kebiasaan baik dan mendisiplinkan diri setiap hari lho.

Membangun Relasi Pertemanan

Ketika kita berkecimpung di dalam blog, maka kita akan mengenal banyak orang baru. Mulai dari pengunjung setia kamu sampai juga dengan blogger yang lain. Selain itu, biasanya para blogger akan ada komunitas sendiri sesuai dengan tema blog kamu. Komunitas atau teman blogger pun bisa jadi dari luar kota atau luar negeri juga. Wah, jadinya kamu punya teman baru nih yang bisa memperluas pertemanan sekaligus membuka pikiran dan wawasan terbaru. Asik banget kan buat bertukar pikiran dan bisa sharing minat dan hobi yang sama denganmu.

Bisa Menjadi Portofolio

Karena blog bisa jadi tempat dokumentasi, ini bisa kamu manfaatkan sebagai portfolio lho. Kalau kamu punya tulisan menarik seperti cerita, puisi, naskah atau novel, kamu bisa masukin ke blog kamu. Atau kamu hobi fotografi atau suka design, kamu bisa cantumin karyamu di blog. Selain itu, seandainya kamu punya project selama sekolah, kuliah atau pas magang juga bisa kamu masukin nih.

Blog Bisa Menjadi Portfolio. Source Adobe Photo Stock
Blog Bisa Menjadi Portfolio. Source Adobe Photo Stock

Karena salah satu fungsi blog yakni bisa menjadi portfolio lho. Dengan blog, kamu bisa menunjukkan karyamu kepada orang yang akan menjadi client kamu atau kepada job recruiter. Ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan personal branding lho di depan khalayak umum. Mereka pun bisa melihat hasil karya kamu dengan mudah dan siapa tahu, kamu bisa keterima kerjaan karena portfolio di blog kamu lho.

Menghasilkan Pendapatan

Alasan terakhir yang sekaligus alasan paling menarik dan bisa menjanjikan untukmu : menghasilkan pendapatan. Iya, blog bisa dijadikan cuan lho. Jika blog kita memiliki banyak pembaca dan juga pengunjung, maka kita bisa monetisasi blog kita. Hal ini sangat bermanfaat untuk memiliki income pasif di zaman sekarang lho.

Blogger memonetisasi blog mereka dalam banyak cara berbeda. Ada yang melalui iklan, berbagi tautan, posting sponsor atau endorsement, produk dan layanan yang biasa disebut dengan content placement. Atau bisa juga mengikuti program afiliasi dan kompetisi blog yang ada dimana-mana.

Gimana, apakah kamu tertarik buat blogging sekarang? Kamu bisa menggunakan Blogspot / Blogger atau WordPress untuk mulai blog pertama kamu sekarang. Untuk menunjang performa blog kamu, kamu bisa menggunakan hosting dari penyedia hosting terbaik yang ada. Dengan menggunakan hosting, blog kamu bisa bekerja optimal, resource data yang besar hingga terhindar dari ancaman cyber yang sedang marak sekarang.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya. Jangan patah semangat untuk menjadi blogger. Pelan namun pasti, kamu bisa menjadi blogger yang sukses ke depannya. Semangat!

InterServer Web Hosting and VPS
InterServer Web Hosting and VPS
Guest Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *