3 Rahasia Konten Marketing Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Strategi konten marketing menjadi begi penting belakangan ini. Google dan banyak mesin pencari lainnya, sudah benar-benar mengutamakan kualitas konten untuk menilai sebuah blog. Dulu hal-hal seperti SEO, keyword density, dan backlink masih menunjang, namun nampaknya semua itu sudah tidak relevan lagi saat ini.

Kualitas konten benar-benar menjadi pillar utama. Memang sejak dulu juga istilah “content is king!” sudah di kenal. Tapi saat ini, istilahnya benar-benar sudah menjadi “Content is the only king.”

Karena itu setiap blogger yang ingin sukses membangun blog dituntut untuk lebih banyak berfokus pada kualitas konten blognya. Disamping juga distribusi konten itu agar tepat sasaran.

Strategi konten marketing sendiri memang tidak sebatas pada penulisan konten yang berkualitas semata. Tapi juga distribusi konten serta seberapa dalam hubungan konten dengan si pembaca blog itu sendiri.

Sebelumnya mungkin anda berkenan membaca tulisan mengenai konten marketing di atas. Singkatnya, konten marketing adalah proses menyediakan konten berkualitas, untuk menyelesaikan masalah pembaca. Kemudian dari sana, kita mengiring mereka untuk melakukan apapun yang kita minta. Entah membeli produk kita, mendaftar di newsletter, atau sebagainya.

3 Rahasia Konten Marketing
Konten Marketing

3 Rahasia Konten Marketing

Nah, pada tulisan kali ini kita akan coba menguak strategi konten marketing terbaik untuk meningkatkan dan sekaligus mempertahankan pengunjung blog.

1. Tentukan Tujuan

“Apa yang ingin kita capai?” Apakah Anda mencoba untuk mendapatkan pelanggan baru? Apakah Anda ingin menjual produk anda kemudian selesai? Apakah Anda ingin membuat calon klien untuk berlangganan saluran Anda? Sebuah strategi konten marketing harusnya memiliki satu tujuan yang jelas. Bukan hanya karena anda harus melakukannya karena semua orang melakukannya, tapi benar-benar karena anda ingin mencapai suatu tujuan tertentu,

Ini adalah titik awal untuk Anda. Setelah memiliki pemahaman yang solid tentang mengapa Anda membuat konten, apa manfaat yang akan didapatkan pembaca dari konten anda, dan bagaimana bisnis Anda dapat tumbuh, maka Anda memiliki batasan yang jelas tentang seperti apa konten yang seharusnya dibuat.

2. Buat Reader Pesona

Banyak yang mengaku telah membuat konten untuk membantu menyelesaikan masalah pembaca. Namun sebenarnya kita sama sekali tidak mengenal pembaca kita. Dengan membuat reader personas dapat membantu menentukan dengan siapa kita bicara, apa yang memotivasi pembaca kita, dan bagaimana menciptakan konten yang cocok dengan kepribadian mereka.

Agar konten kita bisa menghasilkan lead maka cara terbaiknya adalah dengan menentukan kategori dasar blog kita, dan siapa pembaca utamanya. Hindari terlalu banyak kategori (tidak lebih dari lima atau enam untuk memulai), atau data Anda akan terlalu luas untuk langkah konkrit selanjutnya dalam proses pembuatan konten.

Meskipun identifikasi reader persona membutuhkan waktu, tapi ini adalah informasi yang dapat membantu Anda membangun strategi konten Anda untuk sukses jangka panjang.

3. Mendistribusikan Konten Anda untuk Orang yang Tepat

Bagaimana Anda bisa memastikan audience yang Anda targetkan melihat konten Anda? Caranya dengan Mengetahui platform yang mereka gunakan untuk berbicara dengan rekan-rekan mereka, Industri publikasi yang mereka baca, dan bagaimana mereka memilih untuk mengkonsumsi konten. Jika Anda tidak memiliki pemahaman yang menyeluruh dari mana pelanggan Anda menghabiskan sebagian besar waktu mereka di web, Anda hanya menembak dalam kegelapan.

Kemudian langkah selanjutnya adalah distribusikanlah konten anda pada platform tersebut. Pilihlah untuk mempromosikan konten anda. Bukan blog anda. Konten yang berkualitas akan membantu memecahkan masalah pembaca secara langsung. Jangan biarkan pembaca, kebingungan mencari konten yang anda buat untuk mereka.

Sebar link konten anda di facebook, twitter, dan forum-forum tempat reader persona anda nongkrong. Namun ingat, tetap lakukan dengan elegan. Jangan sampai anda melakukan spam.

Itulah 3 rahasia konten marketing untuk membantu meningkatkan pengunjung blog anda. Mudah-mudahan bisa membantu anda dalam membangun blog yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *