Tips Untuk Blogger Pemula: Membuat Website Sendiri atau Pakai Jasa

Membuat blog menjadi salah satu hobi yang banyak diminati saat ini. Selain untuk kebutuhan personal seperti catatan perjalanan travelling, review makanan, dan lain-lain, kegiatan tersebut juga dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang sangat besar jumlahnya. Menciptakan blog memang terbilang sangat mudah dengan menggunakan layanan penyedia web gratis seperti blogger dan wordpress. Namun bisakah Anda membuat blog menjadi populer dan memiliki trafik yang tinggi?

Blog Gratis vs Jasa Pembuatan Website

Dilema yang dimiliki oleh blogger yang masih pemula adalah keinginan mendapatkan keuntungan namun tidak ingin mengeluarkan modal untuk membuat website. Akibatnya, blog menjadi terbengkalai karena pengunjungnya sedikit. Jika Anda ingin membuat blog untuk kepentingan bisnis seperti menjual produk dan jasa atau bahkan untuk keperluan personal, sebaiknya gunakan jasa pembuatan website. Memang Anda harus mengeluarkan dana untuk menyewa layanan tersebut, namun hasil yang akan diperoleh sangat memuaskan dan dalam waktu singkat website yang Anda miliki akan ramai dikunjungi.

Blog gratis memiliki banyak keterbatasan seperti space disk yang kecil serta domain yang kaku. Namun jika Anda menggunakan jasa pembuatan web, kekurangan tersebut tidak akan dirasakan. Kinerja web lebih maksimal karena didesain oleh tenaga profesional.  Bagi Anda yang masih ragu akan menggunakan layanan tersebut atau tidak, berikut ini adaah manfaat yang akan diperoleh dengan memanfaatkan jasa pembuatan web.

Membuat Website Sendiri
Membuat Website Sendiri

1. Tampilan Website Menarik dan Profesional

Meskipun Anda adalah blogger yang masih pemula, bukan berarti tampilan website hanya asal-asalan saja yang penting jadi. Jika Anda serius menekuni bidang ini mengapa tidak memakai yang layanan yang bagus saja dan sudah terbukti hasilnya. Dengan menggunakan jasa pembuatan web, maka desain blog akan jauh lebih menarik dengan dilengkapi beberapa fitur untuk pengunjung dan pemilik untuk memudahkan pengelolaan. Selain itu  tampilannya juga responsif sehingga bisa diakses menggunakan perangkat apapun seperti tablet dan smartphone.

2. Bisa Menentukan Domain Sendiri

Keunggulan lainnya yang bisa Anda peroleh adalah kebebasan menentukan domain atau alamat website sesuai dengan keinginan. Domain yang unik menjadi salah satu faktor yang bisa mendongkrak peningkatan jumlah pengunjung sehingga trafik akan semakin tinggi. Alamat tersebut dapat disesuaikan dengan nama Anda atau bisnis yang sedang dijalankan. Lain halnya jika menggunakan layanan blog gratis, kebebasan memilih domain tersebut tidak bisa Anda rasakan.

3. Lebih Aman dan Terjamin

Meskipun pembuatan blog Anda percayakan kepada jasa pembuat web, namun untuk selanjutnya Andalah yang akan mengelolanya sendiri tanpa campur tangan dari pihak lain. Pengoperasiannya sangat mudah karena ada banyak fitur tambahan yang disediakan untuk membantu pengelolaan agar berjalan dengan lancar. Jadi data yang bersifat pribadi tidak akan bocor keluar karena kendali penuh ada ditangan Anda.

4. Lebih Efisien dan Efektif

Dalam hal pengelolaan, memiliki website yang profesional akan jauh lebih gampang karena fasilitas yang diberikan sangat lengkap. Upload konten seperti gambar, video, dan lain-lain akan semakin mudah tanpa khawatir akan kehabisan hardisk sebab space yang diberikan sangat besar. Selain itu tampilan konten juga dapat Anda atur sesuai dengan keinginan. Blog gratis tidak memberikan ruang penyimpanan yang besar, jadi Anda harus repot melakukan upgrade atau sewa hosting jika tidak ingin server down akibat kelebihan muatan.

Dengan beberapa kelebihan yang dijelaskan diatas, jelaslah bahwa penggunaan jasa pembuat web jauh lebih menguntungkan baik dari tampilan maupun performa blog.  Untuk kebutuhan bisnis, sebaiknya manfaatkan layanan tersebut agar trafik meningkat sehingga keuntungan yang didapatkan akan bertambah banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *