Memahami Perbedaan Delete, Erase, Shred, Wipe, Scrub dan Format!

Tahukah anda Perbedaan Delete, Erase, Shred, Wipe, Scrub dan Format ? – Dalam dunia teknologi,
baik itu komputer Desktop, Laptop, Notebook atau Smatphone, tentu saja kita sering mendengar atau menemukan suatu perintah sistem operasi yaitu: Delete, Erase, Shred, Scrub,Wipe dan Format. Nah anda paham artinya dan fungsinya ? dan Apa sih perbedaannya?

Oke, melalui artikel ini kita coba uraikan secara ringkas Perbedaan Delete, Erase, Shred, Wipe, Scrub dan Format! ini.
Memahami Perbedaan Delete, Erase, Shred, Wipe, Scrub dan Format!

Ini Perbedaan Delete, Erase, Shred, Wipe, Scrub dan Format!

Apa Itu Delete?

Delete dari arti bahasa harfiahnya berarti menghapus, kalau dalam dunia komputer atau perangkat seperti smartphone hal ini berarti menghapus file. Kalau di komputer, ketika kita melakukan delete biasanya file hanya akan dimasukkan ke Recycle Bin. Jadi, Delete dalam dunia komputer tidaklah akan benar-benar menghapus file, melainkan mengasingkannya atau mebuangnya di suatu ruang tertentu.

Apa Itu Erase?

Erase hampir sama seperti Delete juga merupakan suatu cara untuk menghapus file, tapi erase akan menghapus dan benar-benar menghilangkan file dari hard drive. Erase juga berarti menghapus atau menghilangkan tanpa sisa. Sehingga akan sulit ketika data atau file ingin di ambil kembali. Anda wajib berhati hati bila menemukan perintah ini di perangkat atau komputer anda.

Baca Juga :
Sejarah Perkembangan Komputer Modern 
Menelisik Sejarah Internet Dunia

Apa Itu Shred dan Scrub?

Shred sendiri lebih populer ketimbang Erase namun memiliki fungsi yang sama, demikian pula dengan Scrub. Kesimpulannya Delete itu berbeda dengan Erase, dimana Erase memiliki fungsi yang sama dengan Shred dan Scrub.

Apa Itu Wipe?

Wipe merupakan penghapusan file dalam skala besar dan juga merupakan Operasi pembersihan Harddisk dari algoritma file yang pernah dihapus dan yang masih tertinggal di Media penyimpanan. Ketika kita menghapus suatu file dalam harddisk kita, secara default Sistem Operasi hanya menghapus alamat dari file tersebut disimpan, sehingga
sebenarnya file tersebut masih ada dan masih menempati ruang di harddisk kita.. Dengan Wipe maka semua alamat alamat file tersebut akan dibersihkan.

Bersih-bersih di sini juga berarti membersihkan seluruh data Anda. Bisa digunakan jika suatu saat Anda akan menjual media penyimpanan Anda tanpa menyisakan data di dalamnya sekaligus menghapus jejak datanya.

Apa itu Format ?

Format adalah proses mereset media penyimpanan data agar dapat menyimpan data sesuai dengan OS yang ada atau untuk menentukan file sistem pentimpanan data, pada umumnya ketika melakukan Operasi ini maka seluruh data Tanpa terkecuali dalam Direktori yang di Format akan hilang, dan terkadang bahkan tidak akan bisa untuk di recovery kembali.

Jadi, mulai sekarang anda boleh memahami ini dan jangan salah lagi. Untuk memastikan data dan file anda tetap aman dan tidak raib karena kesalahan pengertian. Salam Danforblogg.

Guest Post Danforblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *