Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Situs WordPress

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Situs WordPress – Seperti diketahui WordPress adalah platform pembuatan situs web paling populer di dunia, baik itu untuk membangun situs web eCommerce, blog, perusahaan besar dan bisnis kecil. Banyak blogger menyukai WordPress karena kemudahan menggunakannya tanpa perlu pengetahuan pengkodean sama sekali! Namun, karena sangat simplenya cara menggunakan wordpress, banyak pemula yang ‘sembarangan’ membangun website mereka dan akibatnya membuat banyak kesalahan.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang 3 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Situs WordPress:

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Situs WordPress
Kesalahan Pengguna Situs WordPress

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Situs WordPress

1. Memasang Template ‘Gratis’ Sembarangan dan dari sumber yang tidak dapat dipercaya

Di dunia maya anda akan mendapatkan banyak pilihan theme wordpress gratis yang siap Anda download dan install. Namun, anda tetap harus waspada. Mengapa? Karena sebagian besar tema ini dibuat oleh pengembang anonimous dan tidak berpengalaman, beberapa file template bahkan mungkin sudah di bungkus atau mengandung kode pemrograman berbahaya untuk situs web Anda. Hati-hati! Karena memilih tema yang buruk bisa menghancurkan usaha anda membangun situs menjadi sia sia.

Solusinya adalah cari database penyedia template terpercaya, untuk wordpress anda bisa mencarinya di DIRECTORY resmi THEME WORDPRESS , atau kalau anda memiliki dana silahkan pegunakan Template Template PREMIUM, karena dengan template Premium memiliki banyak fitur dan Update, bahkan bantuan masalah bila anda memiliki masalah dengan situs anda.

2. Menginstal Banyak Plugin yang tidak Perlu dan Tidak Dibutuhkan

Salah satu alasan utama orang menggunakan wordpress adalah karena banyaknya pilihan plugin yang tersedia yang bisa bermanfaat untuk website kita. Seringkali pemula menginstal banyak plugin untuk situs web mereka.

Terlalu banyak plugin bisa membuat situs Anda menjadi lambat. Plus, ada juga plugin yang bisa error karena conflict dengan plugin lainnya. Hal ini dapat mengacaukan situs wordpress Anda. Dan juga, banyak plugin dicoding oleh pengembang yang kurang berpengalaman.

Sebelum memasang plugin, pastikan dulu apakah situs Anda BENAR-BENAR membutuhkan plugin itu. Selalu baca review dari sebuah plugin sebelum menginstalnya. Baca komentar di halaman plugin, apakah pengguna lain pernah memiliki error, masalah atau hal negatif lainnya di situs mereka setelah menginstal plugin.

3. Tidak Melakukan Backup Situs

“Loh, Kan Saya baru saja memulai situs web saya, bahkan belum memiliki banyak konten. Untuk apa membuat Backup? Nanti sajalah.” Pikiran dan keputusan seperti itu bisa berakibat fatal. Banyak cerita dari para blogger yang kehilangan konten situs mereka hanya karena mereka secara tidak sengaja menekan tombol shift + delete. Atau karena salah menginstall Template, Theme yang Error, Malware, Di Hack, dll… yang bisa sangat fatal jika Anda tidak membackup file situs Anda.

Backup lah website anda sekarang. Banyak orang berpikir bahwa membuat cadangan situs web adalah hal yang sangat teknis dan sulit dilakukan. Tapi sebenarnya, proses backup sangat mudah.

Gunakan paket hosting yang memiliki fitur backup harian seperti Bluehost dan SiteGround misalnya. atau adan bisa memasang plugin backup untuk situs wordpress anda. Ada banyak pilihan plugin gratis dan premium seperti VaultPress, BackupBuddy, BackWPUP.

Itulah sedikit tips dan ulasan Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Situs WordPress, semoga bermanfaat!

Guest Post Danforblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *