Cara Menempatkan Keyword di Posting Blogger agar lebih SEO Friendly

Untuk memperoleh ranking yang tinggi dalam hasil pencarian (SERP), maka salah satu hal penting adalah konten yang original dan SEO friendly. Namun banyak orang yang mengatakan kalau menulis konten yang SEO friendly itu sulit khususnya bagi blogger pemula. Menulis konten yang SEO friendly tidaklah sesulit memindahkan gunung tapi juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Kita hanya perlu fokus pada tempat-tempat tertentu untuk menempatkan keyword atau kata kunci kita agar postingan kita lebih optimal dimata search engine.

Cara Menempatkan Keyword di Posting Blogger agar lebih SEO Friendly
Cara Menempatkan Keyword di Posting Blogger agar lebih SEO Friendly

Namun perlu diperhatikan, jangan karena tujuan optimasi lantas kita mengabaikan masalah kualitas konten kita. Kita harus pandai-pandai menempatkan keyword agar terlihat natural, enak dibaca namun tetap optimal dari segi SEO. Dalam posting kali ini, saya akan menunjukkan 6 posisi terbaik dalam menempatkan keyword di posting sebuah blog khususnya blogger agar lebih optimal dalam hal SEO.

Optimalisasi Posting blog dengan Menamambahkan Keyword

Sebelum saya memulai topik kali ini, perlu diketahui bahwa menempatkan terlalu banyak keyword dalam posting juga tidak baik untuk kesehatan blog kita. Kita harus menjaga agar banyaknya keyword dalam sebuah artikel (keyword density) tidak lebih dari 3% dari total kata atau panjang artikel.

Baca Juga :
Cara Jitu Menembak Keyword
Cara Sederhana Riset Keyword
5 Tool Riset Keyword Terbaik dan Terekomendasi

Tempat-tempat yang akan saya tuliskan di bawah ini adalah posisi terbaik dan paling aman untuk menempatkan keyword dalam sebuah posting blog.

Cara Menempatkan Keyword di Posting Blogger agar lebih SEO Friendly

1# Pada Awal dan Akhir Konten

Setiap Anda menulis posting baru untuk blog Anda, ingatlah untuk memasukkan kata kunci utama Anda pada paragraf pertama dan terakhir pada tulisan tersebut. Kedua tempat ini adalah tempat terbaik karena search engine mencari keyword pada dua tempat ini untuk menentukan ranking blog kita.

Kita dapat menambahkan kata-kata yang lebih tertarget dalam bentuk frase diantara konten untuk membuatnya lebih SEO friendly.Catatan: Jangan selalu menggunakan kata-kata yang sama berulang-ulang. Gunakanlah beberapa kata-kata yang masih terkait dengan keyword Anda, bisa juga menggunakan sinomin. Pikirkan kata-kata apa saja yang kemungkinan digunakan orang untuk mencari isi dari konten Anda. Menggunakan kata-kata yang berhubungan tidak hanya melindungi konten Anda dari penalty keyword stuffing, tapi juga bisa membantu meningkatkan traffik blog Anda karena lebih banyak keyword yang bisa dimunculkan pada pencarian karena konten Anda tidak terfokus pada satu frasa keyword saja.

2# Nama gambar, Alt tag, dan Title tag

Seperti yang telah kita ketahui bahwa gambar memiliki peran penting dalam menjelaskan sebuah tulisan. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan gambar untuk mengoptimalkan posting blog kita agar menjadi lebih SEO. Semakin baik kita mengoptimalisasi gambar, semakin optimallah postingan kita dimata search engine.

Dalam hal optimasi gambar, kita dapat menempatkan keyword yang akan kita target pada nama gambar, Alt tag dan juga Title tag. Untuk melengkapi ulasan ini silahkan baca:  Alasan Kenapa Harus Menyertakan Gambar dalam Konten Blog

3# Judul Tulisan Anda

Judul tulisan atau judul postingan adalah tempat utama untuk menempatkan keyword yang kita targetkan. Mungkin Anda pernah mendengar jika judul postingan itu harus dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik membaca isi tulisan tersebut. Namun semenarik apapun sebuah judul postingan, akan lebih baik jika mengandung keyword yang kita target. Sebab, disamping kita menjaring pembaca sebanyak mungkin dari sosial media dan sebagainya, kita juga menginginkan postingan kita muncul di search engine bukan? So, buatlah judul posting Anda semenarik mungkin namun tetap masukkan keyword Anda pada judul.

4# Permalink post

Permalink adalah URL dari posting blog kita. Ini adalah posisi ‘kunci’ untuk menempatkan keyword dalam sebuah artikel. Secara default, permalink dibuat berdasarkan judul post kita. Tapi kita dapat merubah permalink tersebut untuk menambahkan keyword kita atau untuk membuang kata-kata yang tidak perlu.

Untuk merubah permalink ini, Anda bisa mengeditnya melalui Post Editor pada bagian permalink di sebelah kanan, lalu pilih Custom Permalink. Ingat, Anda harus mengatur permalink ini sebelum posting diterbitkan (dipublikasi), jika tulisan sudah dipublish maka permalink ini sudah tidak bisa diedit lagi.

5# Post Label

Label post tidak hanya digunakan untuk mengkategorikan posting blog kita saja. Jika kita sedikit lebih pintar, kita dapat mengambil keuntungan label ini untuk mengoptimalisasi post kita juga.

Berhentilah menggunakan keyword-keyword tidak penting dalam label Anda. Berilah nama yang tepat dan tempatkan keyword yang benar-benar tertarget. Jika Anda sudah terlanjur tidak memasukkan keyword ke postingan yang sudah Anda buat, tidak apa-apa. Anda bisa mengeditnya dan masukkan keyword Anda dalam label dilain waktu.

#6. Komentar Post

Banyak blogger yang belum mengetahui trik ini, padahal kita bisa menambahkan beberapa kata kunci dalam kolom komentar di tulisan kita. Ya, selain untuk feedback pembaca kepada penulis blog, kolom komentar juga bisa kita manfaatkan untuk memasukkan keyword dan meningkatkan peringkat tulisan kita dimata mesin pencari.

Bagaiaman caranya? Setiap Anda membalas komentar dari pengunjung, cobalah untuk menambahkan beberapa frase keyword secara natural sehingga masih tetap jelas dibaca oleh pengunjung.

Selain menggunakan kata kunci yang Anda targetkan, cobalah untuk menggunakan long tail keyword dibagian komentar Anda. Sehingga lebih banyak frase yang bisa digunakan search engine untuk mengindeks blog Anda.

Itulah beberapa strategi untuk menempatkan keyword dalam posting blog Anda agar tulisan Anda lebih SEO friendly. Tips ini sudah terbukti berhasil dan sudah saya buktikan sendiri untuk meningkatkan rangking blog saya. Sekarang giliran Anda untuk mencobanya.

Jika Anda ingin bertanya tentang bagaimana cara menempatkan keyword kedalam posting blog Anda silahkan tinggalkan komentar di bawah. Jika artikel ini bermanfaat, Anda juga bisa share ke teman-teman Anda di sosial media, karena berbagi itu indah.

Salam Blogger.

3 thoughts to “Cara Menempatkan Keyword di Posting Blogger agar lebih SEO Friendly”

  1. mantap sangat bermanfaat sekali,,dan menurut saya hal diatas sangat wajib di lakukan mengingat algoritma Google yg sekarang ini juga semakin ketat,,

  2. sangat bermanfaaat sekali nih mas, dengan begini, menempatkan keyword di dalam postingan blog jadi terlihat mudah yah wah ane kira postingan jadi ribet hehehe

  3. wah ini mantaf gan : “Jangan selalu menggunakan kata-kata yang sama berulang-ulang. Gunakanlah beberapa kata-kata yang masih terkait dengan keyword Anda, bisa juga menggunakan sinomin.”

    misalnya “seo” diganti jadi “ranking 1 di google”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *