Apa Yang di Maksud dengan COD (Cash On Delivery)

Apa Yang di Maksud dengan COD –  Seperti yang kita ketahui, Dalam praktek jual beli bisnis online untuk setiap produk-produk tertentu, ada salah satu istilah yang sering kita dengarkan adalah : Cash on Delivery atau disingkat COD. lalu Apakah yang maksud Cash on Delivery (COD) ini? Berikut akan kita jelaskan supaya anda lebih mengerti seluk beluk didunia maya.

Apa Yang di Maksud dengan COD - Cash On Delivery
Cash on Delivery (COD)

Pengertian Umum Cash On Delivery (COD)

Arti kata dari  “cash” dan “delivery”, sebenarnya dapat kita simpulkan bahwa COD adalah layanan di mana konsumen/pembeli sepakat dengan penjual untuk melakukan membayar ketika barang yang dibelinya sampai ke alamat pengiriman. Kesepakan selalu bisa dilakukan ditempat mana saja, rumah, kantor, atau tempat umum lainnya. Jadi dalam istilah COD di jual beli Online tidak ada yang namanya istilah “membeli Kucing dalam Karung”, ketika kita akan membeli kita dapat melakukan test terhadap barang tersebut apakah sesuai dengan yang di iklankan atau tidak, jika merasa cocok maka transaksi bisa dilakukan, bila tidak cocok bisa dibatalkan.

Semua perusahaan (toko) yang resmi maupun legal tidak pernah menolak sistem layanan COD. Karena COD tidak sedikitpun merugikan mereka sama sekali. Sebaliknya Justru toko atau perusahaan yang menolak layanan Cash On Delivery kemungkinan besar 100%  adalah toko online penipuan. Anda harus waspada! dan berhati-hati, Karena mungkin mereka memang tidak memiliki barang tersebut jadi bagaimana bisa diantar? Otomatis mereka mengarang-ngarang cerita ini dan itu.

Jangkauan Layanan COD

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika ingin melakukan transaksi secara COD, yaitu

  • COD tidak bisa melayani diseluruh Indonesia, Itu merupakan hal yang tidak mungkin mengantarkan barang dari Jakarta ke rumah anda yang berada di Surabaya (Kecuali dengan menggunakan jasa pengiriman barang), itu pun bukan termasuk COD. Kebanyakan Penjual mau melakukan COD sesama Kota
  • Terkadang COD dikenakan biaya tambahan ongkos kirim, mungkin hal itu wajar bila lokasi yang anda inginkan diluar wilayah yang sudah ditetapkan perusahaan.

Bagaimana?, anda sudah paham dengan Apa itu COD di dunia Jual beli Online. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

5 thoughts to “Apa Yang di Maksud dengan COD (Cash On Delivery)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *