Apa itu Alexa Rank?

Beberapa hari lalu saya dapat email dari teman, sesama blogger juga. Trus ktanya gini:“eh..blog kamu mantap juga yaa… tapi alexanya masih tinggi tuh. turunin dong.”wahh…saya senang skali dapat email gini, ada pujiannya lagi. Tapi ada satu hal yang menjadi pertanyaan saya yang saya gak ngerti. Alexa itu Alexa?? setahuku alexa itu kan adanya di dunia musik..hehehe,

Apa itu Alexa Rank?

Jadi saya putuskan untuk mencari taunya sendiri,, Biasaa…minta bantuan aja ke mbah google. Setelah share sana sini tentang si alexa ini, saya mulai mendapat pencerahan siapa alexa itu sebenarnya. Mau tau juga kan sapa dia..! oke, berikut penjelasan tentang Alexa rank ini, supaya gak repot-repot lagi ke mbah google.

Pengertian AlexaAlexa itu merupakan peringkat terhadap suatu blog atau website, atau yang biasa disebut alexa rank atau peringkat alexa. Untuk lebih jelasnya, baca aja keterangan berikut yang saya kutip dari websitenya alexa.com

The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources, and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis. The main Alexa traffic rank is based on a value derived from these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users). The three-month change is determined by comparing the site’s current rank with its rank from three months ago. For example, on July 1, the three-month change would show the difference between the rank based on traffic during the first quarter of the year and the rank based on traffic during the second quarter.

Itu adalah data paling akurat dan terpercaya karena langsung dari sumbernya.Apa masih kurang jelas?? kalaupun ada, pasti belum jelas artinya apa. hehehe

BACA:  8 Kategori Artikel Unggulan untuk Konten Blog Anda

Okelah…jadi kira-kira gini. Alexa itu adalah peringkat yang diberikan pada sebuah blog/website oleh alexa.com berdasarkan banyaknya kunjungan/trafik di blog/website tersebut berdasarkan informasi dari jutaan pengguna internet pada browser mereka.

Kira-kira udah bener gak ya…. mudah-mudahan bener lah.. kalau ada yang kurang, nanti ditambahin di komentar ya..

Darimana sih alexa tahu jumlah kunjungan blog kita?

Saya kira dari definisi di atas anda sudah tahu darimana. Jadi informasi tersebut diberikan oleh toolbar yang dipasang di broser pengguna internet yang membuka blog/website kita. Sehingga alexa akan tahu berapa banyak pengunjung dan banyaknya halaman yang dibuka (pageview) di blog/website kita. Nah, dari informasi itulah kemudian alexa menentukan peringkat blog/website kita dari sekian banyak blog/website yang ada. Peringkatnya adalah 1, 2, dan seterusnya. Sama seperti peringkat di sekolahan, jadi yang tertinggi adalah peringkat 1.

Untuk apa peringkat alexa ini?
Saya kira anda juga sudah paham dari penjelasan saya sebelumnya bahwa, jika peringkat blog/website kita tinggi, berarti jumlah pengunjung/trafik blog/website kita juga tinggi. Ini bisa menjadi kebanggaan dan sebuah pencapaian tersendiri bagi pemilik blog/website, apalagi jika memang tujuan blog/website tersebut dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan bagi pemiliknya. Karena tempat-tempat mencari uang di internet seperti Teks Link ads, Sponsored Review, ReviewMe, ask2link serta web-web penghasil uang lainnya menjadikan alexa rank sebagai tolok ukur. Semakin bagus alexa rank yang anda miliki, maka akan berbondong-bondong pula para pemasang iklan atau adverstiser yang mau memasang iklan di web atau blog anda, ini artinya  $ akan sangat mudah untuk masuk ke kantong anda.

Sampai disini sudah jelas kan…. Mudah-mudahan jelas dan tentunya anda sudah dapat mengenal siapa dan untuk apa alexa itu. Selanjutnya saya akan memberikan tips bagaimana meningkatkan peringkat alexa blog/website anda di postingan berikutnya.

Semoga bermanfaat…..

Guest Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *