Kekeliruan dan Kebiasaan Buruk dalam Blogging

Dunia Blogging penuh dengan ide-ide, inspirasi dan teknik yang menarik, tetapi .. Kekeliruan dan Kebiasaan Buruk dalam Blogging tertentu juga akan selalu muncul sepanjang waktu. Apakah itu dengan kebiasaan copy paste atau kebiasaan menunggu mukjizat ajaib yang bisa meningkatkan lalu lintas blog setelah kita menulis beberapa posting. Berikut adalah; beberapa Kekeliruan dan Kebiasaan Buruk dalam Blogging.

Kekeliruan dan Kebiasaan Buruk dalam Blogging
Kekeliruan dan Kebiasaan Buruk dalam Blogging

Kekeliruan dan Kebiasaan Buruk dalam Blogging

1. Kekeliruan: Harus Blogging dan Posting Setiap hari

Banyak blogger melakukan hal ini. Bahkan dengan tegas percaya dan mengatakan, bila konsep ini tidak di terapkan maka blog kita tidak akan berhasil. What….?

Padahal kenyataannya, frekuensi dan waktu blogging adalah merupakan Hak Otoritas anda sebagai pemilik blog; Mau setiap hari, sekali dalam dua hari, dua kali dalam seminggu, atau sekali seminggu,terserah…

Yang penting tulislah artikel yang berguna, dikemas baik, rinci, dengan informasi yang berguna bagi pembaca. percayalah, jika anda melakukan itu. Jalan kesuksesan sedang di hadapan anda.

2. Kebiasaan Buruk: Tidak Konsisten

Jika Anda melakukan blogging hanya sebagai hobi dan hanya untuk meluangkan waktu anda yang kosong, jangan berharap untuk membangun sesuatu yang besar atau setidaknya sesuatu yang sangat serius.

Jika anda tidak memiliki waktu untuk memposting artikel sesering mungkin, itu baik, tetapi paling tidak KONSISTENlah dalam waktu, apakah setiap hari, sekali dalam dua hari, dua kali dalam seminggu atau sekali seminggu, sehingga pengunjung blog anda dapat menebak kapan blog anda Update dan dia dengan sendirinya akan berkunjung.

3. Kekeliruan: Artikel dengan Penjelasan yang Panjang

Penjelasan atau Ikhtisar di satu sisi, dapat membantu menjelaskan dan bahkan berguna menambahkan lebih banyak isi dalam sebuah tema. Tapi Jujur saja terkadang Penjelasan atau Ikhtisar, nampak seperti sampah yang tidak berguna.

Hal ini berlaku dalam sebuah artikel, rata-rata pembaca sudah tahu mengapa dia membaca artikel tersebut. Dan mereka tidak perlu penjelasan yang panjang lagi tentang masalahnya yang mereka perlukan adalah PENYELESAIANNYA.

Kesimpulan: Penjelasan itu perlu tetapi jangan ngawur, pendek saja tetapi manis.

“Blogging isn’t About Publishing As Much as You Can,
It’s About Publishing as Smart as You Can.”
— Jon Morrow

4. Kebiasaan Buruk: Mengabaikan Setiap Komentar

Beberapa artikel mungkin mendapatkan ratusan komentar, yang membutuhkan jawaban dari anda sebagai penulis/blogger. Sebagian komentar lagi hanya komentar umum untuk menyampaikan terimakasih, menilai artikel, yang tidak membutuhkan jawaban (tergantung konteks-nya).

BACA:  Teknik Blogwalking yang Pasti Dapat Kunjungan Balik

Tetapi jika anda terus dan sering mengabaikan masukan/komentar dari pembaca anda, ini menjadi penyebab hilangya koneksi dan berkurangnya gairah komentator. Dan lagi, Blogger tidak berarti harus membalas setiap satu komentar/pendapat, tapi adalah sangat baik untuk memberikan pengakuan dan sapaan buat meraka – walaupun agak lambat.

5. Kekeliruan: Hanya Memposting Artikel yang Panjang

Dalam aturan umum SEO, menulis artikel dengan isi yang panjang memang dianjurkan, tetapi tidak ada yang salah bila sesekali anda punya keinginan untuk mempost tulisan pendek, bahkan jika itu hanya terdiri dari 50-100 kata.

Contoh kasus, bila anda berniat menulis tentang:

  • Video YouTube dengan gambaran singkat
  • Infographic
  • Cara mendaftar di suatu Sosial Media/Website/Form, dll
  • Mengutip Sutu artikel dengan menghubungkan ke sumber asli
  • Artikel berita, dll

Kebiasaan buruk-nya di sini adalah kepercayaan untuk memposting sebuah tulisan yang panjangnya seperti novel, itu jelas salah….

6. Kebiasaan Buruk & Kekeliruan: Posting Tanpa Mempromosikan

Sebagian dari blogger terdorong untuk mencari  lalu lintas kunjungan ke blog hanay dari mesin pencari (Searc Engine) sehingga jadi terlalu sibuk menulis dan mempost banyak artikel. Hal ini menyebabkan blogger lupa bahwa kebiasaan umum orang di internet adalah membuka akun pribadi media sosial mereka dan berbagi dengan teman-teman mereka.

Kebiasaan ini, serta banyak kesalahpahaman umum dalam blogging, berasal dari gagasan yang mengatakan bahwa mesin pencari begitu populer dan kita benar-benar tidak perlu media lainnya untuk menarik lalu lintas ke blog.

Dengan terus meningkatnya jumlah situs web di dunia Internet, kemungkinannya adalah konten blog Anda tidak akan mendapat banyak lalu lintas organik kecuali Anda menerapkan teknik SEO yang sangat profesional dan teliti terhadap blog dan konten anda.

Menghadapi kenyataan ini dalah sangat baik untuk menyediakan lebih banyak waktu, untuk mempromosikan konten anda di Media Sosial sekaligus membantu Anda berhubungan dengan audiens anda dan nama anda makin di kenal dan anda akhirnya punya koneksi, tentunya nanti mereka akan mencari blog anda.

Artikel Menarik : 5 Kesalahan Dalam Menulis Judul Postingan Blog

Itulah Kekeliruan dan Kebiasaan Buruk dalam Blogging, yang sering kita lalukan dan semoga dapat membantu.

// Artikel Kiriman, yang ditulis dan di sadur dari berbagai sumber oleh : Sdr. PAHOMPU (www.pahompu.com)


disiplin-pakai-masker

Guest Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *