WordPress atau BlogSpot: Mana yang Lebih Bagus?

Penting: Perlu diketahui bahwa perbandingan ini adalah antara self-hosted WordPress.org dan Blogger, bukan WordPress.com vs Blogger.

Blogger (alias Blogspot) dan WordPress adalah dua dari dari sekian banyak platform blogging tertua dan paling mapan. Jutaan orang dan perusahaan telah menggunakan keduanya untuk membuat situs web dan blog yang bagus.

WordPress atau BlogSpot: Mana yang Lebih Bagus ?
WordPress atau BlogSpot: Mana yang Lebih Bagus?

Mana yang lebih baik untuk blogging?, WordPress atau Blogger?, “Haruskah saya menggunakan WordPress atau Blogger untuk blog saya?” merupakan pertanyaan yang sering diajukan oleh pemula pemula.

Debat dalam penjabaran untuk pertanyaan diatas terkadang bisa membingungkan. Banyak pengguna menyukai BlogSpot karena ada yang percaya gangguan teknis dalam flatform ini terbilang minim, dan banyak pengguna menyukai WordPress karena independensi dan kekuatan fiturnya.

Dalam artikel ini kita akan coba berbagi perbandingan antara WordPress vs BlogSpot dan akan menjelaskan mana yang lebih baik untuk situasi tertentu dan mengapa.

WordPress atau BlogSpot: Mana yang Lebih Bagus?

Mengapa Bukan Blogger?

Platform Blogger (alias BlogSpot) sangat berguna saat Anda hanya ingin memulai sebuah blog untuk berbagi pemikiran Anda. Bila blog Anda bukan untuk money blogging, atau Anda memerlukan platform sederhana yang tidak memerlukan pengetahuan teknis, BlogSpot adalah jawabanny.

Meskipun ada banyak keterbatasan BlogSpot dalam hal fungsi dan manfaat SEO, jika Anda hanya membutuhkan platform untuk memulai blog dengan biaya hampir 0, BlogSpot adalah pilihan yang tepat.

Pada saat bersamaan, jika Anda berencana untuk mendapatkan uang dari kegiatan blogging, membangun otoritas, atau untuk merek sendiri, BlogSpot bukanlah pilihan ideal. Ini karena Blogspot memiliki kontrol terbatas terhadap keterlihatan di search engine, bahkan sangat terbatas saat ingin menambahkan fitur baru.

Banyak Anggapan berkata seperti ini:

Blogger adalah produk Google yang berarti memberi lebih banyak keuntungan SEO.

Ini adalah Mitos dan sama sekali tidak benar. Tidak masalah jika Anda menggunakan WordPress, Blogger, Drupal, atau platform lainnya, SEO diputuskan oleh bagaimana Anda mengkonfigurasi situs dengan benar dan tepat untuk mesin pencari.

Di platform Blogger, kita memiliki kontrol terbatas atas situs kita. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka telah menambahkan beberapa fitur SEO baru, BlogSpot masih kekurangan dan sangat minim dalam pengoptimalan SEO.

Singkatnya, platform Blogger lebih baik daripada WordPress saat Anda membuat blog tanpa alasan lain selain ingin menulis. Jika Anda baik-baik saja dengan fitur terbatas yang ditawarkan oleh platform Blogger, maka ini adalah pilihan tepat.

dan.. Mengapa Bukan WordPress?

WordPress memberi Anda kendali penuh atas blog Anda, dan secara teknis Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan.

Anda meng-host file Anda sendiri, bisa merancangnya sesuka Anda, dan bisa menggunakannya untuk tujuan apapun (pribadi atau profesional).

Anda juga mendapatkan kontrol penuh atas SEO termasuk menambahkan plugin SEO untuk membuat blog Anda lebih SEO friendly. Anda juga selalu bisa menerapkan dengan leluasa teknik SEO terbaru.

WordPress memberikan anda kebebasn untuk melakukan semua hal yang ingin Anda lakukan.

Tapi pada saat yang sama, Anda perlu mengelola bagian belakang blog Anda sendiri. Anda perlu menginstal WordPress di server anda sendiri, memanage database dan menjaga kesehatan blog Anda.

Ini mungkin terdengar seperti pekerjaan teknis berat dan merepotkan, namun dengan dukungan luar biasa dari komunitas WordPress, Anda dapat mempelajari semuanya dalam waktu singkat.

Memulai dan mempelajari WordPress mungkin memerlukan usaha dengan menonton video, belajar menambahkan plugin, membiasakan diri dengan dasbor, dll.

Tapi kita juga harus melakukannya dengan Blogger kan?

Jika Anda berencana membuat blog dengan pola pikir membuatnya populer dan menghasilkan uang, Anda harus harus memakai WordPress yang di-host sendiri.

Jika Anda adalah sesekali penulis atau hobi-blogger, BlogSpot adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Berikut adalah bagan praktis dari HowJoyful, menjelaskan perbedaan fitur antara BlogSpot vs WordPress.com vs Self-hosted WordPress (WordPress.org):

BlogSpot vs WordPress.com vs Self-hosted WordPress (WordPress.org)
BlogSpot vs WordPress.com vs Self-hosted WordPress (WordPress.org) – HowJoyful

KESIMPULAN.

  • Platform Blogger bagus saat Anda mencari blog sederhana.
  • Platform WordPress sangat menakjubkan saat Anda memilih blogging profesional, membuat blog bisnis, atau berencana mendapatkan uang dari blog Anda.
  • Penting untuk mengetahui mengapa Anda ingin memulai sebuah blog dan kemudian pergi dari sana. Blogger memiliki banyak keterbatasan yang tidak dimiliki WordPress. Dari sisi fungsionalitas, tidak ada pertanyaan bahwa WordPress jauh lebih unggul.

One thought to “WordPress atau BlogSpot: Mana yang Lebih Bagus?”

  1. halo, Agan..?
    Saya lebih suka pakai platform Blogspot karena sudah familiar bagi saya sendiri kalau pakai wordpress sering bingung sendiri barangkali tidak pernah pakai wordpress ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *