Tips Untuk Keamanan Anda Saat Browsing Di Internet

Tak dapat disangkal kalau saat ini, kita, dalam seharu bisa menghabiskan banyakwaktu untuk berselancar di internet, apakah itu dengan memakai Komputer PC, Laptop atau Smartphone.  Dan juga dalam melakukan browsing ini ada kemungkinan kita bisa saja melakukan beberapa hal yang salah dan tidak kita sadari ketika sedang online.Sadar atau tidak, Suka atau tidak suka, kegiatan kita di media media sosial semacam; Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain situs dapat memungkinkan terjadinya pencurian data kita.  Kita juga harus menyadari banyak penjahat online di luar sana yang siap menunggu waktu untuk bertindak untuk mengumpulkan data tentang Anda, atau siapa saja yang sedang melakukan browsing di internet.

Tips Untuk Keamanan Anda Saat Browsing Di Internet
Tips Untuk Keamanan Anda Saat Browsing Di Internet

Untuk menghindari hal hal buruk terjadi pada anda dan data pribadi anda saat ber selancar di internet tersebut, disini  ada beberapa tips, mengenai beberapa hal yang boleh / tidak boleh Anda lakukan ketika sedang online dan browsing internet.

Tips Untuk Keamanan Anda Saat Browsing Di Internet

1. Jangan Lakukan Pengiriman Informasi Pribadi / Rahasia Melalui WiFi Publik

Kelemahan WiFi publik yang paling utama adalah dapat diakses oleh siapa saja. Jika mereka yang mengakses tersebut adalah orang yang hanya sekadar ingin menggunakan internet, itu tidak menjadi masalah.

Namun masalah bisa terjadi jika dalam jalur wifi tersebut ternyata adal penjahat online atau kalangan black hacker, maupun script kiddies yang sedang menguji ilmu yang baru dipelajarinya. Singkat cerita, Permasalahn bisa jadi panjang ketika akun-akun pribadi Anda diserang atau disusupi oleh mereka lewat jalur WiFi ini.

2. Gunakan Incognito Mode (Chrome) atau Private Browsing (Firefox)

Hal ini penting, apalagi jika Anda menggunakan komputer yang bukan milik Anda sendiri, atau jika Anda ingin meminjamkan komputer Anda ke teman, maka incognito mode / private browsing dapat membantu supaya tidak perekaman data pribadi saat online.

3. Jangan Sesekali Membagikan Nomor Telepon Anda Secara Terbuka

Kita sering melihat pengguna internet yang ‘rajin’ berbagi nomor telepon mereka di ruang komentar apakah di Facebook ataupun di blog-blog. Cara ini amatlah sangat tidak baik, cara yang paling aman untuk berbagi adalah dengan mengirim pesan pribadi (PM) ke inbox individu yang ingin Anda bagikan nomor telepon Anda.

Emang kenapa kalau Nomor telephon saya di ketahui orang…? Brrrr. mau diteror orang yang tak dikenal sepanjang hari…?

Baca Juga :
Cara Menambah Follower Twitter dengan Mudah
Cara Mencari Teman Facebook yang baik

4. Jangan Berbagi Tempat Dimana Anda sedang Liburan Atau Waktunya

Sebaiknya jika Anda ingin berbagi tentang liburan Anda, buatlah ketika Anda sudah selesai liburan dan pulang ke rumah. Kenapa?

Karena dengan berbagi informasi tempat liburan Anda, mungkin anda sedang memberikan akses kepada setiap orang mengenai anda, bagaimana kalau orang yang mengetahui tempat liburan anda tersebut adalah, seorang Phsico, penculik, penjahat sex dan lain-lain?.  Anda pasti tidak ingin hal yang buruk terjadi dengan anda saat liburan.. Ya tak..!

Atau, Ketika Anda memberitahu waktu liburan Anda, itu berarti Anda memberitahu seluruh dunia, bahwa pada waktu tersebut Anda sedang tidak berada di rumah, dan ini memungkinkan rumah anda akan dirampok orang. Rumah kosong bro, perampok mana yang tak suka?

5. Jangan berbagi Password Akun Meskipun Dengan Kekasih

Bukan maksud yang ‘bukan-bukan’, tetapi manusia bisa saja berubah. Seseorang yang terlihat seperti penyayang dapat berubah seketika menjadi orang gila ketika ‘triggered’ oleh sesuatu.

Bayangkan kekasih Anda secara tiba-tiba menjadi ‘aneh’ dan melakukan sesuatu di luar apa yang Anda pikirkan. Kata sandi di akun media sosial anda akan di konversi, dan beranda media sosial anda telah terisi dengan banyak hal yang bisa saja membuat anda malu. Ini adalah satu contoh. Hal pokoknya jangan sesekali berbagi password akun online anda dengan siapapun.

Oke… Itu hanyalah tips-tips dasar keamanan ketika berselancar internet. Semoga bermanfaat. Salam DANFORBLOGG

2 thoughts to “Tips Untuk Keamanan Anda Saat Browsing Di Internet”

  1. Thanks kak informasi yang sangat bermanfaat. Kalau boleh menambahkan jangan pakai VPN gratis, kemarin viral blocking whatsapp pada pakai VPN gratis. Pasti tidak aman.

  2. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menon-aktifkan fitur scanning protocol SSL yang ada pada setting-an antivirus Anda. Langkah ini sebenarnya lebih digunakan untuk melihat apakah masalah ini muncul karena antivirus dan konflik data enskripsi. Jika memang setelah Anda mematikan scanning protocol SSL dan Anda bisa mengakses kembali website Anda, berarti ini memang masalahnya. Tetapi, masih ada yang harus Anda lakukan. Coba hapus history browsing firefox Anda. Selain itu, coba install versi terbaru Mozilla Firefox, software anti-virus, dan operating system (OS) nya sendiri. Setelah Anda menyelesaikan semua langkah di atas, coba nyalakan kembali scanning protocol SSL Anda di setting antivirus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *