Tips Mudah Dan Sederhana Menjaga Privasi Smartphone

Smartphone yang mempunyai beragam macam fitur yang dapat membantu si penggunanya, tapi juga rentan sekali dengan privasi diri seseorang supaya tidak tersebar ke yang lainnya. Sebab ada banyaknya aplikasi yang meminta privasi si pemakai smartphone untuk mengontrol kamera, microphone sampai mengetahui letak si pengguna, karena wajib menyerahkan identitas ini maka ditakutkan smartphone tidak bisa diandalkan untuk menjaga privasi seseorang.

Sebagian besar orang yang memakai smartphone, tentu saja tidak ingin kalau privasi pribadinya sampai tersebar ke orang yang tidak bertanggung jawab dan sudah seharunya dari sekarang diri kamu lebih bisa menjaga privasi agar tidak tersebar dan tetap aman karena hanya kamu saja yang mengetahuinya.

Menjaga Privasi Smartphone
Menjaga Privasi Smartphone

3 Cara Menjaga Privasi Smartphone

Kalau kalian merupakan salah satu orang yang takut sekali kalau privasi kamu menyebar, maka ada cara untuk melindunginya yaitu.

1. Waspada Kalau Kamu Sedang Mengupload Foto Di Berbagai Sosial Media

Metadata sudah berada pada hampir semua jenis smartphone yang beredar, yang artinya segala hal yang berada di dalamnya mulai dari kamera sampai kordinat gps. Hal ini bisa membahayakan diri kamu, pasalnya jika ada orang yang jahat kepada kamu maka dia cukup mengetahui rumah kamu dengan cara menemukan kordinat gps lalu klik foto rumah yang sudah kamu upload di sosmed. Fitur seperti ini jangan kamu aktifkan untuk mencegah terjadinya kemungkinan yang buruk.

2 Pengaturan Lokasi

Waspada terhadap hal ini karena smartphone sampai saat ini sudah menyimpan banyak sekali informasi. Atur saja privasi kamu lalu menyesuaikannya. History atau riwayat lokasi si pemakai dapat dilacak dengan ponsel. Kalau akun google lagi diaktifkan, maka data kalian akan ikut tersimpan di dalamnya. Ubah settingnya yaitu location history lalu menonaktifkannya agar mencegah timbulnya sesuatu yang tidak diinginkan.

3. Jangan Menerima Semua Jenis Permintaan Aplikasi Pada Smartphone

Jangan selalu kamu menerima permintaan izin terhadap aplikasi yang akan dipasang ke dalam smartphone kamu. Lebih baik kamu pasang aplikasi yang memang kamu butuhkan saja pada smartphone kamu, agar privasi kamu tetap terjaga.

Smartphone memang bisa membantu seseorang jika dalam masalah, tetapi smartphone bisa juga mencelakai kamu jika kamu tidak waspada dalam menjaga privasi kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *