Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Bagi Blogger Pemula

Menjadi seorang blogger memang harus dibarengi dengan memiliki kemampuan menulis untuk membuat konten blog yang baik. Blogger dengan kemampuan menulis yang baik tentu dapat membuat sebuah konten bermutu setiap saat yang akan menunjang blog yang ia kelola. Hal ini memang sangat penting dan juga krusial untuk diperhatikan seiring dengan persaingan antar blogger yang semakin bertambah ketat dari hari ke hari.

Para blogger pemula biasanya seringkali mencari sebuah ‘rumus ajaib’ untuk membantu mereka untuk menciptakan sebuah artikel baru yang berkualitas dan layak untuk di posting demi untuk menarik viewer. Beberapa dari mereka mungkin menggunakan aplikasi sebagai salah satu cara untuk mengedit tulisan mereka agar lebih bagus. Namun, cara ini sebenarnya bukanlah merupakan cara yang tepat karena hasil penulisan akan cenderung monoton dan kemampuan menulis tetap akan stagnan pada level tersebut.

Lantas, bagaimana tips untuk meningkatkan kemampuan menulis yang tepat untuk dilakukan terutama untuk blogger pemula? Berikut kami sajikan beberapa tips penting yang bisa anda terapkan.

Tips Tepat Meningkatkan Kemampuan Menulis untuk Blogger Pemula


Berdisiplin dalam Menulis

Berdisiplin dalam Menulis
Berdisiplin dalam Menulis

Hal paling pertama yang sebaiknya anda lakukan ketika anda merasa memiliki kemampuan menulis yang biasa saja adalah dengan rajin atau disiplin dalam menulis. Perlu diketahui bahwa kemampuan menulis bukanlah sesuatu yang dapat secara singkat bisa diubah dengan mudah. Tidak ada cara yang terbilang singkat untuk meningkatkan kemampuan menulis selain dengan membiasakan diri untuk menulis setiap hari hingga menulis menjadi suatu kebiasaan. Dengan menjalani proses ini, anda akan mengalami perubahan yang berkala sehingga hasil tulisan anda lama kelamaan akan menjadi lebih bagus.

Kebanyakan dari blogger terutama blogger pemula, tidak memiliki waktu menulis yang terjadwal dengan baik. Mereka seringkali hanya menulis ketika merasa luang, ingin menulis, atau lainnya dimana menulis dianggap sebagai bukan kebutuhan pokok. Inilah salah satu sebab utama yang membuat kemampuan menulis blogger tidak berkembang dan stagnan pada level bawah.

Mungkin ada diantara blogger yang berpikir bahwa mereka menulis hanya untuk tulisan yang di posting. Memang hal ini tidak sepenuhnya salah karena tujuan akhir dari menulis oleh seorang blogger adalah posting. Namun, yang menjadi soal adalah ketika blogger hanya menulis demi mendapatkan viewer dan cenderung menulis di waktu tertentu saja. Kebiasaan ini tentu harus diperbaiki dimana seorang blogger pemula sebaiknya menulis secara berkala dan teratur meskipun tidak semua tulisannya akan di posting.

Jika anda ingin memiliki kemampuan menulis yang senantiasa meningkat, maka kuncinya adalah menulis dengan teratur setiap hari dan pelajari hasil-hasil tulisan anda sebelumnya.


Membaca adalah Belajar

Membaca adalah Belajar
Membaca adalah Belajar

Sesuai hukum alam, penulis yang baik merupakan seorang pembaca yang baik pula. Banyak penulis besar muncul dan bisa berekspresi dengan baik setelah mereka menjadi pembaca yang rajin beberapa waktu sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa menulis dan membaca adalah dua hal yang sangat berhubungan. Ketika anda menulis, maka anda akan membaca hasil tulisan anda. Sedangkan ketika anda membaca, maka anda akan ‘menulis’ hasil bacaan anda tersebut pada otak anda.

Banyak manfaat yang akan didapatkan oleh seorang penulis dari kegiatan membaca yang ia lakukan. Dengan membaca, maka imajinasi seorang blogger pemula akan berkembang dengan lebih baik sehingga ia bisa menangkap ide-ide baru yang hendak ia tulis dalam blog yang ia kelola. Tidak hanya ide yang baru untuk mengisi blog, seorang blogger pemula yang rajin membaca juga dapat mengerti bagaimana bentuk-bentuk tulisan yang bagus dan bisa diterapkan serta memperkaya penguasaan kosakata baru demi menciptakan sebuah tulisan yang lebih unik dan menarik bagi pembaca.

Kesalahan utama yang terjadi pada kebanyakan blogger pemula adalah mereka merasa enggan atau malas untuk membaca. Mereka kebanyakan berpikir bahwa membaca hanya akan memangkas waktu menulis dan membuat mereka tidak fokus. Padahal, yang terjadi sesungguhnya adalah sebaliknya. Dengan membaca, tulisan yang akan dihasilkan justru akan semakin bervariasi dan mampu dihubungkan dengan berbagai hal dengan lebih menarik. Coba saja bandingkan tulisan seorang blogger yang rajin membaca demi kebutuhan riset, dan yang tidak. Tentu akan jauh berbeda, bukan?


Belajar Tata Bahasa yang Baik

Belajar Tata Bahasa yang Baik
Belajar Tata Bahasa yang Baik

Untuk meningkatkan kemampuan menulis yang baik, seorang blogger pemula tentu juga harus memiliki pengetahuan yang cukup terkait tata bahasa. Entah untuk penulisan artikel bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, tata bahasa adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Dengan pemahaman tata bahasa yang baik, seorang blogger pemula akan mampu untuk membuat sebuah tulisan yang menarik dan mampu memikat pembaca. Tulisan yang dihasilkan tentu tidak akan berputar-putar hanya demi memperbanyak kata dan tidak ada esensi atau bobotnya.

Jika anda hendak menulis artikel dengan bahasa Indonesia, maka sebaiknya anda belajar menulis sesuai dengan kaidah EYD. Anda bisa membeli buku saku terkait tata bahasa Indonesia sesuai EYD di beberapa toko buku dengan harga cukup terjangkau. Selain itu, mulailah praktik dengan menggunakan bahasa baku untuk menulis. Meskipun anda boleh saja menulis menggunakan bahasa gaul tergantung dari jenis tulisan blog yang hendak anda buat, namun bahasa baku adalah yang lebih utama untuk digunakan.


Lakukan Evaluasi dan Periksa Hasil Tulisan

Lakukan Evaluasi dan Periksa Hasil Tulisan
Lakukan Evaluasi dan Periksa Hasil Tulisan

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa evaluasi pada hasil tulisan merupakan hal yang penting dan mutlak harus dilakukan oleh seorang penulis. Secara umum, evaluasi ini cukup penting untuk dilakukan sebagai langkah meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi, seperti kesalahan ejaan, kesalahan penggunaan huruf besar dan tanda baca, atau kerancuan kalimat.

Namun, hal yang sering terjadi terutama pada blogger pemula, adalah mereka cenderung mengabaikan langkah penting yang satu ini. Dengan dalih sudah merasa benar atau tergesa-gesa dalam menyelesaikan tulisan, maka evaluasi akhir menjadi diabaikan. Ini adalah kesalahan fatal yang berakibat pada hasil posting tulisan yang kurang maksimal dan urung mengundang pembaca.

Selain itu, evaluasi juga merupakan salah satu hal untuk meningkatkan kemampuan menulis. Dengan evaluasi yang secara bertahap dilakukan, maka sebenarnya anda akan mendapatkan peningkatan pemahaman baik untuk ide menulis atau cara menulis yang benar.


Meminta Kritik dan Saran

Meminta Kritik dan Saran
Meminta Kritik dan Saran

Tips lain yang juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis anda adalah dengan meminta kritik dan saran pada para pembaca atau rekan anda. Langkah ini dilakukan setelah anda selesai membuat sebuah tulisan dan mengevaluasi hasil tulisan anda tersebut.

Kritik dan saran yang diberikan baik oleh para pembaca atau rekan anda dapat menjadi sebuah masukan yang sangat penting bagi anda. Dengan kritik maka anda bisa menemukan kesalahan dan kekurangan dalam tulisan yang anda buat. Selain itu, saran dari pembaca juga akan membantu anda untuk tahu bagaimana seharusnya tulisan yang anda buat. Segera perbaiki tulisan anda dan pertimbangkan saran yang telah diberikan. Output dari proses ini adalah anda akan menemukan gaya penulisan yang sesuai dengan keinginan anda yang bisa diterima orang lain dengan baik. Oleh karena itu, demi mengembangkan kemampuan menulis, tips ini jangan sampai diabaikan.


Bergabung dengan Forum Kepenulisan

Bergabung dengan Forum Kepenulisan
Bergabung dengan Forum Kepenulisan

Tentu kita tahu bahwa lingkungan akan sangat menentukan kepribadian seseorang. Dalam hal ini, jika anda ingin meningkatkan kemampuan menulis anda, maka anda juga harus mencari lingkungan yang mendukung ide tersebut. Bergabung dengan forum kepenulisan yang banyak tersebar di grup media sosial adalah salah satu cara yang sangat tepat untuk dilakukan.

Sebagai seorang blogger pemula, wajar jika anda memiliki segudang pertanyaan terkait tata cara menulis yang baik untuk menghasilkan sebuah tulisan menarik untuk blogger anda. Dengan bergabung pada forum kepenulisan, maka anda bisa bertanya terkait banyak hal pada forum tersebut.

Dalam hal ini, sangat penting bagi anda untuk menanamkan sikap ingin belajar. Artinya adalah ketika anda sudah bergabung dengan forum tersebut, maka jadilah anggota yang aktif dan mengikuti diskusi yang dilakukan baik secara online maupun offline. Dengan turut serta dalam kegiatan forum, maka anda bisa meningkatkan pengetahuan anda terkait kepenulisan dan juga blogging.


Ikut Kelas Menulis

Ikut Kelas Menulis
Ikut Kelas Menulis

Selain mengikuti forum kepenulisan yang membahas hal-hal tentang kepenulisan secara umum, tips lain yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan lebih signifikan adalah dengan mengikuti kelas menulis. Seperti namanya, di kelas ini, anda akan dilatih dan dibina untuk menulis.

Kelas menulis merupakan hal yang sebenarnya cukup penting bagi seorang blogger pemula yang belum bisa produktif untuk menulis. Hal ini dikarenakan di dalam kelas menulis, anda akan ‘dipaksa’ untuk menulis dengan beberapa tema berbeda dan waktu deadline yang berbeda pula. Berawal dari keterpaksaan inilah anda lama kelamaan akan menjadi terbiasa dan kemampuan menulis anda akan semakin terlatih.

Banyak kelas menulis yang sudah dibuka dewasa ini baik yang berbayar atau yang gratis yang biasanya didirikan oleh komunitas menulis. Jika anda memang merasa tertantang dan ingin belajar menulis dengan lebih efektif, maka kelas menulis adalah saran yang tepat untuk anda pilih.


Ikut Kompetisi Menulis bagi Blogger

Ikut Kompetisi Menulis bagi Blogger
Ikut Kompetisi Menulis bagi Blogger

Seringkali beberapa komunitas blogger mengadakan kompetisi menulis dengan beberapa tema yang berbeda. Kompetisi ini selain untuk mencari blogger dengan bakat menulis yang baik juga biasanya merupakan ajang untuk menunjukkan eksistensi komunitas blogger atau merupakan sarana protes pada lembaga tertentu.

Dalam hal ini, untuk mengetahui kemampuan menulis yang dimiliki, mengikuti kompetisi menulis bagi para blogger adalah hal yang sangat menarik terutama untuk blogger pemula. Dengan mengikuti kompetisi menulis, maka kita bisa mengukur kemampuan menulis kita secara nyata.

Selain mengikuti kompetisi menulis bagi para blogger, anda juga bisa mencoba menulis untuk beberapa media online yang menyebarkan artikel viral. Coba saja anda menulis di tempat tersebut sebagai sarana melatih kemampuan menulis anda. Jika artikel atau tulisan anda disetujui, maka kemampuan menulis anda berarti sudah cukup berkembang.


Dari beberapa paparan di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa kemampuan menulis bagi blogger pemula adalah sangat penting demi kesuksesan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, meningkatkan kemampuan menulis adalah hal penting yang harus senantiasa dilakukan. Namun, kunci dari kesuksesan tersebut adalah kemauan dan kesadaran. Tanpa kemauan dan kesadaran yang kuat untuk berproses, kemampuan menulis kita akan stagnan dan biasa-biasa saja.

a Guest Post By : Riko Tangguh

One thought to “Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Bagi Blogger Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *