Tips Aman Browsing Di Internet bagi Pemula

Tips Aman Browsing Di Internet bagi Pemula – Pengguna internet di Indonesia sudah semakin banyak. Internet yang mudah digunakan, bisa secara mudah dipelajari bagi para pengguna internet, termasuk pemula. Namun, untuk pengakses internet pemula, mungkin tidak memperhatikan seputar keamanan di internet. Baca Juga : Cara Memilih Password Facebook / Email yang Aman

Pengguna internet pemula atau disebut dengan istilah newbie seringkali menjadi sasaran empuk oleh para penjahat dunia maya. Hal ini karena ketidaktahuannya akan internet sangat mudah untuk ditipu.

Tips Aman Browsing Di Internet bagi Pemula
Tips Aman Internet bagi Pemula

Berikut ini adalah Tips Aman Browsing Di Internet bagi Pemula 

1. Usahakan untuk tidak memberikan informasi pribadi Anda

Hindari menampilkan data pribadi secara rinci seperti alamat rumah, nomor telepon, atau alamat online orang tua. Hal tersebut memungkinkan pihak lain memanfaatkan informasi tersebut untuk membuat profil palsu dengan sumber data dari data rincian tersebut.

2. Apa yang tetap online, biarkan online

Manfaatkan fitur privacy settings untuk memastikan hanya keluarga dan teman Anda yang bisa melihat foto yang ditampilkan.

3. Keamanan password

Membagi password (kata sandi) dengan orang tua Anda bukanlah ide yang buruk. Namun, hindari berbagi password dengan teman Anda, bahkan bila ia berjanji tak akan memberitahukan kepada siapa pun.

4. Periksa keamanan dan pengaturan pribadi Anda

Pastikan Anda mengatur privacy settings pada akun jejaring sosial yang Anda punya, misalnya Facebook. Atur privacy settings agar hanya teman-teman Anda yang bisa melihat data pribadi Anda dan pakai privacy settings Anda untuk membatasi siapa saja yang bisa melihat tampilan foto dan video dari Anda.

5. Lindungi ponsel Anda

Pastikan ponsel Anda dilindungi oleh kata sandi sehingga seluruh informasi mengenai data pribadi Anda aman.

6. Jangan sembarangan berkomunikasi kepada orang asing via online

Beritahu orang tua Anda bila ada orang asing yang berusaha untuk mendapatkan kontak dengan Anda secara online .

Itulah Tips Aman Browsing Di Internet bagi Pemula, khususnya remaja yang kerapkali menjadi korban kejahatan di dunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *