3 Tips agar Aktivitas Blogging Anda Tidak Terasa Membosankan

Menjalani aktivitas sebagai seorang blogger bukanlah sebuah perkara yang mudah. Terkadang pekerjaan yang sering dianggap sepele ini justru terasa lebih sulit dan lebih membosankan dibandingkan dengan bekerja sebagai budak korporasi.

Hal ini tidak lain dikarenakan oleh beratnya beban yang harus ditanggung oleh setiap blogger, baik itu dalam bentuk fisik maupun mental. Contohnya, siap untuk duduk berjam-jam setiap hari di depan laptop, siap untuk memeras otak setiap detiknya demi menemukan sebuah ide tulisan yang menarik, hingga siap menelan pahitnya rasa kecewa gara-gara tulisan yang sudah susah payah kita buat ternyata tak ada satu orang pun yang membacanya, apalagi berkomentar.

3 Tips agar Aktivitas Blogging AndaTidakTerasaMembosankan
Tips agar Aktivitas Blogging Anda Tidak Terasa Membosankan

Iya. Kurang lebih begitulah gambaran kehidupan seorang blogger. Tidak senikmat seperti apa yang sering Anda baca di artikel-artikel sebelumnya bukan? hehe

Meski demikian, profesi sebagai seorang blogger menurut saya tetap saja menjanjikan dan akan selalu seperti itu. Buktinya? ada banyak sekali di internet – silahkan Anda cari sendiri. Hanya saja untuk mencapai level tersebut memang bukan suatu hal yang mudah. Ada harga yang harus kita bayar. Ada juga proses panjang yang harus kita lewati.

Namun yakinlah, selama kita mampu membuat aktivitas blogging kita menjadi sesuatu hal yang menyenangkan, maka semua kesulitan dan proses panjang itu niscaya tidak akan lagi menjadi begitu terasa. Lantas bagaimana caranya? Berikut ini saya berikan ulasan tentang 3 (tiga) tips cara yang bisa dilakukan agar aktivitas blogging Anda tidak terasa membosankan.

1. Tulislah sembarang topik yang Anda sukai

Jika kita merujuk pada saran yang diberikan oleh sejumlah blogger kondang, niscaya kita akan mendapati bahwa salah satu saran yang sering mereka dengungkan ialah “buatlah blog dengan satu tema saja” alias niche blog. Artinya, jika kita ingin membuat sebuah blog, buatlah yang hanya membahas tentang satu hal saja.  Bisa itu tentang kesehatan, atau bisnis, atau psikologi, atau pertanian, atau apa pun itu yang penting cukup satu tema saja. Tidak boleh lebih.

Hal ini semata-mata bertujuan agar blog kita memiliki tema yang fokus, mudah menarik pelanggan, mudah dikelola, hingga mudah dimonetasi. Itulah empat keunggulan utamanya. Akan tetapi, ada satu hal yang paling saya benci dari mengurus blog seperti ini, yaitu kegiatannya yang sangat membosankan. Bagaimana tidak, wong ide dan kreatifitas menulis saja dibatasi.

Okelah, barangkali saya bisa menerima kenyataan bahwa peluang Anda untuk sukses dengan blog niche pasti masih lebih besar dibandingkan dengan di saat Anda mengurus blog gado-gado, tapi apakah Anda jamin Anda bisa mengkapitalisasi peluang tersebut menjadi sebuah kesuksesan yang nyata, sementara di satu sisi Anda peluang itu menjadikan Anda rentan dengan perasaan bosan? Well, silahkan anda jawab sendiri!

Tetapi jika Anda meminta pendapat saya, maka saran saya sebaiknya hindarilah membuat blog niche, kecuali anda memang passion dengan topik tersebut. Namun jika tidak, hindarilah dan buatlah blog yang gado-gado. Sebab hanya blog yang seperti inilah yang dapat membuat Anda lebih bahagia karena bisa menulis sebebas-bebasnya, curhat dengan sepuas-puasnya, hingga berkreasi tanpa ada batasnya. Alhasil, kegiatan blogging Anda pun justru menjadi jauh dari kata bosan.

2. Cobalah mengikuti lomba blog

Seandainya kita mau memahami masalah ‘bosan’ ini lebih dalam lagi, tak jarang kita akan menemukan bahwa justru seringkali yang membuat kita merasa bosan saat menjalani keseharian sebagai seorang blogger bukanlah karena kegiatan menulis yang monoton, melainkan karena tidak adanya sensasi on fire di dalamnya yang bisa kita rasakan.

Dan hal tersebut sangat mungkin terjadi karena tiadanya kompetisi. Sama seperti saat kita belajar hanya untuk keperluan belajar semata. Cukup membosankan, bukan?. Sebaliknya, saat kita belajar untuk keperluan masuk perguruan tinggi, misalnya, pasti suasana yang didapatkan menjadi tidak membosankan lagi, tetapi sangat bersemangat. Iya kan? Tentu saja.

Wong kita sedang bersaing, sedang bertarung dengan orang lain demi memperebutkan satu kursi di depan sana. Jadi, pastilah kita bersemangat. Nah, kondisi inilah yang sebetulnya bisa kita adopsi juga dalam aktivitas kita ngeblog agar tidak terasa membosankan lagi, yaitu taruh nuansa kompetisi di dalamnya. Caranya? Bisa dengan mengikuti kompetisi blog yang hampir setiap bulan selalu diselenggarakan oleh banyak perusahaan dan brand tertentu. Silahkan Anda cari sendiri di Google informasinya.

3. Sesekali berhentilah sejenak menerbitkan Artikel, dan gantilah dengan menerbitkan Podcast atau Video

Sesuatu yang dilakukan secara terus menerus dan dalam kurun waktu yang cukup lama pada dasarnya memang dapat menuntun kita pada perasaan bosan. Terlebih jika itu merupakan sesuatu yang tidak kita sukai. Dalam sudut pandang seorang blogger, menulis barangkali menjadi satu hal yang paling mungkin menyebabkan bosan. Bahkan kalau boleh jujur, saya sendiri juga seringkali merasa bosan menulis. Bosan duduk berjam-jam sambil melihat hasil ketikan di layar laptop Samsung putih yang sudah sedikit lapuk.

Saya bosan!

Akan tetapi, alih-alih menyerah dari perasaan bosan saya sendiri dan berhenti blogging, saya justru memilih untuk sekedar menyesuaikan saja strategi blogging yang sempat saya gunakan sebelumnya. Sehingga dari yang dulu saya hanya sebatas membuat konten dalam bentuk tulisan saja (artikel), kini saya juga mulai berani menghadirkan konten dalam bentuk suara, yaitu podcast.

Hal ini semata-mata saya lakukan agar aktivitas blogging yang saya jalani menjadi tidak lagi terlalu membosankan seperti yang sudah-sudah. Karena sudah ada variasi, sudah ada podcast. Jadi, kalaupun saya sudah bosan menulis, saya masih bisa merekam suara saya, menerbitkannya dalam bentuk podcast, lalu mempostingnya di blog. Alhasil, blog saya masih bisa tetap update, dan saya juga terhindar dari kebosanan.

Nah, jika kebetulan Anda juga mulai merasa bosan menulis dan menerbitkan artikel di blog Anda, maka cobalah sekali-kali menerbitkan sebuah podcast, atau mungkin sebuah video. Hehe..

••

Jadi, itulah tadi 3 tips yang bisa anda lakukan agar aktivitas blogging Anda tidak terasa membosankan lagi. Semoga bermanfaat.

One thought to “3 Tips agar Aktivitas Blogging Anda Tidak Terasa Membosankan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *