Teknik Blogwalking yang Pasti Dapat Kunjungan Balik

Teknik Blogwalking yang Pasti Dapat Kunjungan Balik

Teknik Blogwalking yang Pasti Dapat Kunjungan Balik – Blogwalking adalah suatu hal yang dilakukan blogger untuk mengunjungi blog lain dengan tujuan untuk menamabah Backlink dan visitor. Saya biasanya melakukan blogwalking hanya untuk menambah teman dan pembaca blog ini saja. ย Dari hasil blogwalking saya bisa mendapat banyak teman, dan Follower blog ini pun juga bertambah.

Teknik Blogwalking yang Pasti Dapat Kunjungan Balik
Blogwalking (Image by: Galaxymous)

Banyak blogger yang melakukan kesalahan besar dalam blogwalking, apa lagi komentar yang di tinggalkan hanya sia-sia dan merugikan blog nya sendiri. Contoh kesalahan pada saat blogwalking adalah meningalkan live link nya di kolom komentar, padahal komentar tersebut pasti akan di hapus oleh pemilik blog supaya terhindar dari Spam Google. Jadi berusahalah berkomentar senatural mungkin dan usahakan anda membaca Artikel nya dulu sebelem berkomentar.

Maka dari itu saya akan membagikan teknik berkomentar yang bisa mendatangkan berbagai manfaat untuk blog anda. Silahkan anda simak beberapa Cara Berkomentar di Blogย yang Pasti Dapat Kunjungan Balik ;

1. Berkomentar di Artikel Terbaru

Artikel yang terbaru akan menjadi perhatian lebih bagi Admin, apa lagi jika anda adalah komentar pertama di artikel tersebut. Jika anda melakukan cara ini dan dipadukan dengan 4 cara di bawah ini, saya yakin anda pasti mendapat kunjungan balik.

2. Berkomentarlah sesuai dengan isi Artikel

Biasakan sebelum berkomentar baca dulu artikel nya, supaya anda tau apa yang harus anda komentari. Jangan langsung memberi komentar “Nice Post” , “Artikel yang Bagus”, “Ijin nyimak”. Komentar seperti itu tidak ada untung selain diangap Komentar Spam , belum tentu dapat Backlink yang berkualitas. Baca artikel tentang “Ciri-Ciri Komentar Spam dan Layak di Hapus“, untuk mengetahui jenis komentar Spam.

3. Usahakan Komentar anda Layak di Balas oleh Admin

Komentar yang bermanfaat pasti di balas oleh Admin blog, apa lagi kalau komentar nya bisa menyentuh hati admin. Jika Komentar anda di balas oleh admin, kemungkinan besar blog anda akan ia kunjungi. Baca artikel ” Jenis Komentar Yang Layak di balas “, untuk mengetahui komentar yang pasti di balas Admin.

BACA:  Apakah Blog Copy Paste Akan Dianggap Sebagai Blog SPAM ?

4. Tinggalkan Link blog di Name/Url atau Open ID

Gunakan Profil Name/URL saat berkommentar, selain anda akan mendapat kunjungan balik, anda bisa mendapat Backlink dari blog tersebut. Bagimana bila blog tersebut tidak memiliki Fasilitas Name/URL pada komentar nya?. Tenang, anda bisa menggunkan Open ID untuk meninggalkan link. Untuk mengaktifkan Open ID, anda bisa baca “Cara Mengaktifkan Open ID untuk Berkomentar“.

Saran saya, lakukan cara ini pada Blog yang satu Tema dengan blog anda, karena kebijakan terbaru Google blog anda akan di anggap spam bila memiliki banyak link dari blog yang tidak sesuai dengan niche blog anda.

5. Jika Tidak tersedia Name/URL dan Open ID

Gunakan link mati blog anda sebagai tanda tangan komentar anda, tambah juga dengan kata-kata “kunjungi juga”, “mampir kesini” , “ditunggu kunjungan balik nya”, tanda tangan komentar tersebut terlihat kurang efektif namun ampuh juga..

Contoh Komentar Tanda Tangan :

Saya setuju dengan artikel anda, Blogwaking memang sangat efektif untuk menjaring pembaca apa lagi untuk blog baru yang membutuhkan pengunjung. Saya tunggu artikel terbaru nya.

Salam : www.danforblog.com ”

Pemilik blog pasti senang kalau dapat komentar seperti itu? :). Saya rasa admin blog yang baik pasti akan mengunjungi link blog yang berkomentar seperti itu.

Bagaimana dengan ke empat poin diatas ?, cukup membantu anda dalam berkomentar bukan ?.
Komentar adalah hal yang terpenting untuk menjalin pertemanan antar blogger, walaupun terlihat sepele tapi cara komentar juga harus di perhatikan, supaya saling menguntungkan. Saya punya artikel tentang “Percayalah! Jangan Lakukan hal Ini Saat Berkomentar“, mungkin anda berminat untuk membacanya.

Semoga Bermanfaat..!!


disiplin-pakai-masker

Guest Post

146 thoughts to “Teknik Blogwalking yang Pasti Dapat Kunjungan Balik”

  1. aku belum begitu mengerti tentang komentar seperti ini,
    seringkali memberikan komentar dgn menuliskan alamat blog saya, apakah itu juga akan dianggap spam???

  2. @Yulia : tidak dianggap spam mbak, itu lebih baik dari pada Link Aktif…

    perhatikan juga ketentuan berkomentar nya, kalau admin tidak mengijinkan memberikan Link hidup atau mati pada komentar, sebaiknya jangan di beri link..

    Komentar biasa aja, nanti pasti mengunjungi blog melalui G+ mbak, apa lagi yang komentar Cewek, waduuhhh, saya jamin pasti dapat kunjungan balik dari para blogger cowok.

    @Mizz Aiza : Terimakasih juga sudah berkunjung miss

  3. Wah itu kan komentar saya yang dijadikan screenshoot. Wah payah ini mas daniel, membuat diriku menjadi terkenal saja hehehe ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜›

    Saya malah baru tahu ternyata blogwalking juga ada teknik nya ya? aneh-aneh saja hehehe ๐Ÿ˜€
    Tapi memang benar sih realitanya seperti itu. Yakni berkomentar di blog orang lain dan mengharapkan komentar balik. Benar nggak mas? hehehe ๐Ÿ˜€

    Saya kira point-point sudah sangat tepat untuk diterapkan oleh kita semua agar ketika berkomentar, bisa tepat dan akan memperoleh visit and comment back dari teman-teman blogger.

    Saya juga kurang begitu suka dengan admin blog yang cuek dan enggan menanggapi atau merespon komentator di blog nya. Lebih-lebih mau comment back. Rasanya mustahil aqli untuk dilakukan oleh admin yang model seperti itu.

    Biasanya admin yang model seperti itu adalah pemilih blog yang ramai pengunjung ribuan per hari, sehingga ia malas membalas komentar-komentar para tamunya. Sangat ironis.

    Lebih baik punya blog kecil-kecilan dan bisa saling blogwalking dari pada jadi admin semacam itu. Dengan adanya blogwalking, maka akan tercipta suatu komunitas kecil yang saling support satu sama lain karena memang pada prinsipnya mempunyai tujuan yang sama. Yakni bisa memperoleh ranking dan trafik blog yang memadai.

    Ok mungkin itu mas sedikit komentar dari saya. Thanks ya sudah sharing informasi yang sangat menarik ๐Ÿ™‚

  4. setuju ama neng wahyu, terkadang memang seorang admin blogger akan berusaha keras membuat banyak pengunjung dan komen pada setiap artikel nya, namun yang sering dilupakn ketika sebuah blog tersebut sudah menginjak rame atau bahkan popular si admin justru akan merasa tinggi hati, hingga timbul pikiran untuk apa kunjungan balik, "toh tanpa menhunjungi blog para komentatorpun blog saya sidah ramai" hehehehe kira2 seperti itu yang saya amati selama ini,
    OK met menunggu waktu berbuka puasa bagi yang menjalankan

  5. @Wahyu : heheheh saya pakai komentar mbak sebagai screeshot karena komentar mbak yang paling bagus di antara semua komentar yang masuk di blog ini.. ๐Ÿ™‚

    saya setuju dengan pendapat mbak Wahyu, sudah banyak blogger pemilih seperti itu, merasa dirinya paling hebat, sehingga menghiraukan komentar blogger lain yang membutuhkan jawaban dari admin.. ๐Ÿ˜€

    @Arie : Thanks gan, buat pendapat nya… sama persis dengan apa yang saya amati juga.. ๐Ÿ˜€

    oke selamat berbuka puasa..:D

  6. Kalau membaca artikelnya, saya yakin pemilik blog ini mau berkunjung balik, ditunggu blogwalkingnya, dan makasih untuk artikel yang sangat berbobot yang telah anda tulis.

  7. wah, artikelnya cukup bermanfaat untuk yg newbie seperti saya, terima kasih atas postingannya ๐Ÿ™‚

    salam : myartpop.blogsot_com

  8. Oh Ternyata komentar saya terbagus to ehehehehe ๐Ÿ˜€ Wah makasih banyak ya mas atas apresiasinya. ๐Ÿ™‚

    Oleh karena itu bila blog kita sudah besar nanti, kita diharapkan jangan meniru sikap mereka. Kita tetap menghormati pemirsa blog kita. Usahakan merespon semua komentar blog yang masuk. Meskipun hanya "pertamax, bensin, solar, dan kawan-kawan" ๐Ÿ˜€

  9. Wah saya udah lama ngeblog selama ini masih jarang blogwalking baca ini jadi tau gimana baiknya blogwalking

  10. setelah baca artikel ini saya jadi tahu kesalahan saya pas blogwalking yg jarang open id,keren euy postingannya ๐Ÿ˜€ , siap di bookmark nih gan ๐Ÿ˜€

  11. @IMP : Link aktif itu Tulisan yang mengandung link, kalau tulisan itu di klik, otomatis akan menuju ke situs lain, jangan sampai ada di kolom komentar

    nanti saya folback.. ๐Ÿ™‚

  12. oh ya udah ada di komentar,gak kelitan ยบ_ยบ (malu)
    baru tau link akitif dilarang pada komentar ๐Ÿ™‚ (y) nice post

  13. @Angga : Link aktif bukan itu gan, Tulisan yang di klik langsung menuju ke situs lain..

    kalau link di komentar agan itu link mati..

  14. oh kayak gini ta sob _frozenblog.cyber4rt_com/2013/08/download-luna-online-version-offline.html kunbal broo

  15. makasi gan atas infonya, saya akan mencoba untuk menerapkan ke blog saya gan

    salam dari
    Printer Kartu

  16. nyari indo blogwalking sekalian blogwalking ๐Ÿ˜€

    lumayan tips2 nya, intinya harus komen yang bermanfaat ya gan hehehe

    _timnyomot.blogspot_com/ | Asian Music

  17. Maksud dari live link tu yang seperti apa sih? yang bisa langsung di klik gitu ya?

    Mampir juga ya ke sini _creamputih.blogspot_com

  18. @pemuda : nah ntu tau, kalau live link ada di komentar bisa dianggap spam ama Google,

    @Kyky : sip gan

    @Sulthan : nanti saya mampir gan,

  19. " Saya setuju dengan artikel anda, Blogwaking memang sangat efektif untuk menjaring pembaca apa lagi untuk blog baru yang membutuhkan pengunjung. Saya tunggu artikel terbaru nya.

    Salam : _bagasijob.blogspot_com"

  20. hemm..blog walking memang crucial, tapi apakah ada cara lain untuk dapat meningkatkan traffic tanpa harus membuang waktu untuk datang ke tiap blog dan berkomentar. Any advise guys?

    armoedz.blogspot_com

  21. @Aulia : thanks sudah mampir

    @Teguh : blog baru memang saya sarankan buat selalu blogwalking

    @Armoedz : kalau merasa Blogwalking kurang efektif mending belajar SEO aja,

    Rata2 pengunjung blog ini datang nya dari teman Blogwalking yang saya ajak saling Follow,

  22. wah,keren sekali gan'
    ane mw bertanya
    apa itu di anggap spam jika berkomentar dan menuliskan alamat website ku di komentar tersebut ?

  23. tq atas info yang menarik..baru tahu apa yang dimaksudkan dengan blog walking..akan dipraktikkan sebaiknya..

    salam trima kasih : _mamasofia0312.blogspot_com

  24. @Tugas : kalau alamat websitenya dibuat Link mati seperti ini _danforblogg.blogspot_com/, tidak akan dianggap spam,

    @Mama Sofia : Thanks mama sudah berkunjung ๐Ÿ˜€

  25. maaf saya baru belajar blogging dan mempelajari SEO, info nya bener bener membantu.
    kunjungi blog saya ya gan, trims
    _sigmabaliphotography_com semoga berkenan..

  26. yah gk ninggalin live link atau mati juga gk apa apa gan hehe ๐Ÿ˜€
    lewat google plus biar ada wajahnya, tapi disini dihilangin yah ๐Ÿ˜€ ya gpp dah sekali2 cari backlink ๐Ÿ™‚

  27. berati harus make etika kalo' berkomentar , jangan asal-asalan..
    bagus gan artikelnya..
    info seputar bola, prediksi bola, dan semuanya yang berhubungan dengna bola, bisa Anda dapatkan di alamat _bola368_net

  28. berarti selama ini saya salah tehnik yaa…. makasi banget artikelnya sangat bermanfaat..

    salam: _kusukageo.blogspot_com"

  29. settt, udah lama maen blog, abru tahu ada cara khusus blogwalking ya gan..
    thanks gan,,
    salam blogger..

    boleh ya followback
    __jadibisa_com

  30. @Koper: kalau komentar di Open ID harus login blogger dulu gan,

    @Intan : hehhehe, gk ane hilangin gan, templatenya emank gk ada potonya.. ๐Ÿ˜€

    @nanda : iya gitu gan, biar enak di pandang komentarnya

    @Heni : Blogwalking gk ada yang salah teknik, itu cuma trik aja

    @Hamdan : oke, nanti ane Follback

    @Romi : yok, salam kenal juga gan.. ๐Ÿ˜€

  31. makasih gann infonyaa..
    lagi blogwalking juga nii..
    info seputar bola, prediksi bola terupdate,
    INFO BOLA TERPERCAYA bisa anda dapatkan di _bola368_net

  32. berarti kl mau koment harus panjang ya??tapi kan adakalanya kita emng suka pa postingannya cuma ga tau mesti ngomong apa..jadi yg muncul cuma nice post. Trs kl di anggap spam itu kehapusnya pa otomatis or mesti si punya blog yg hapus?

  33. @Adit : oke gan, thanks juga udah mampir

    @Citra Andy : gak harus panjang, yang penting harus sesuai dengan artikelnya..

    yang hapus adminya,

    @Gusti : sip gan

  34. setuju sangat tapi capet bangat sih..he

    kamu ada softaware utk blogwalking dgn cara lebih mudah??? tapi dgn cara yg halal.. ada x??

  35. Info yang simple dibaca dan tentunya sangat bermanfaat bagi saya yang seorang pemula,,

    ditunggu kedatangannya di Doeniaku-indah.blogspot_com

  36. Nice Blog ๐Ÿ™‚

    Flash Message :
    Dear, ChitzChatz`ers
    Bosan mau ngapain? mau cari yang beda? disini tempatnya ! ..
    Bergabunglah bersama di ChitzChatz BloG dan FansPage kami, Dan jangan lupa bagikan banner keren kamu disini ya! tunggu apa lagi? member2 Kece sudah menunggu looh !!! :3
    ~silahkan kamu berkunjung di _wahyuromadhonirendraprasetyo.blogspot_com
    Terima Kasih.

  37. Blogwalking sangat penting ya ternyata.. nambah ilmu baru.
    Kunbal gan Saran+komen akan sangat membantu..

  38. saya baru belajar untuk blogwalking terima kasih atas tulisannya menambah pengetahuan saya.

    kalau boleh tahu link aktif itu seperti apa ya? apa seperti link yang bisa di klik terus langsung menuju web link tersebut terima kasih sebelumnya

    salam susan
    __tangerang-citraraya_com/

  39. Boleh juga nih sob, Barangkali temen-temen pengen belajar android atau blog walking dengan saya silahkan saja sob ๐Ÿ™‚
    Salam _mohammadrobih.blogspot_com

  40. lagi blogwalking jg nih, menarik juga artikelnya. Blog saya sedang mengalami penurunan pengunjung, saya coba deh praktekin saran-sarannya. thanks gan
    mampir jg ya gan

    _kurangpedas.blogspot_com/

  41. Oke selamat siang semuanya,
    saya terimakasih sebelumnya, saya sudah memiliki website dari dulu dan jarang update, baru sekarang sekarang saya update lagi lumayan karena banyak kesibukan akhirnya saya belum mampu mengurus blog saya sendiri, belum lagi cara mengubah templete agar blog menjadi menarik semua itu saya sangat tidak memahami, jadi mohon bantuannya dari admin yang sudah ahli untuk penyuluhan dan bimbingan terhadap blog walking tersebut,,

    salam _lukmanfiles.wordpress[dot]_com

  42. Wah terimakasih untuk artikel. Saya jadi banyak dapat pencerahan dalam blogwalking ๐Ÿ˜€

    Salam, _blog.jaringanhosting_com/

  43. nyari indo blogwalking sekalian blogwalking ๐Ÿ˜€

    lumayan tips2 nya, intinya harus komen yang bermanfaat ya gan hehehe

    _ekosuhartono.blogdetik_com/
    _ekosuhartono_com/

  44. senang membaca artikel anda mas. setidaknya dapat mengingatkan saya akan blogwalking yg telah lama saya abaikan. Terimakasih atas sajiannya. ๐Ÿ™‚ Semoga bisa berbagi mengenai Ilmu Blogging bersama margatekno
    Salam, Irfan _margatekno_com

  45. tada!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! tips nya keren bgt. visit blog akuu yapss lol _magiccishere.blogspot_com/2014/02/aku-yang-bodoh-atau-kamu-yang-buta.html

  46. @Higam : Cara meninggalkan link di akhir komentar sekarang kurang efektif, karena beberapa blog mempunyai perarturan tidak boleh meletakan link di komentar..

    jadi cukup komentra aja sesuai dengan artikel, kalau bisa kasih masukan supaya lebih menarik

  47. Saya setuju dengan artikel anda, Blogwaking memang sangat efektif untuk menjaring pembaca apa lagi untuk blog baru yang membutuhkan pengunjung. Saya tunggu artikel terbaru nya.

    Salam : _pelollipop.blogspot_com/ "

    Saya rasa admin blog yang baik pasti akan mengunjungi link blog yang berkomentar seperti saya.

  48. oh iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi
    Sekalian juga kunjungi blog saya: DonyaPCs | Tutorial komputer, download software, dan trik terbaru

  49. Yang enak itu, berkomentar menggunakan Account Google. Tapi membalasnya kerepotan karena harus membuka dulu Google Plus ๐Ÿ™‚
    Salam kenal Sob!

  50. bener gan. ane juga bingung ni ngadepin spammer di blog ane. kalau dah gitu gimana ya ngadepinnya?
    __pradipha_com/

  51. iya gan, biasanya suka ada yg kejar tayang, cuma nulis "nais inpoh" doang :)))

    ———————————————————-
    Mau ngasih hadiah istimewa yg nggak biasa di hari wisuda orang tersayangmu? Visit _gradoll.blogspot_com yuk ๐Ÿ™‚
    ————————————

  52. blogwalking pagi gan,,, hehhehe

    silahkan kunjugi blog _jasaseojoomla.blogspot_com/

    terimakasih gan ๐Ÿ˜€

  53. oke juga tuh gan teknik cara berkomentar nya.. ane jadi ngerti.
    salam : _hargahondaterbaru_com

  54. benar kadang kita lupa, dan hanya fokus mencari pengunjung tanpa mau tau pengunjung itu benar apa tidak membutuhkan blog kita biMBA AIUEO

  55. Post Sangat Bermanfaat gan!
    Nice Posting Gan ๐Ÿ™‚ , by the way jgn lupa mampir Balik ya ๐Ÿ™‚
    KumpulanCeritaDewasaTerbaru

  56. salam blogwalking semua !
    ๐Ÿ˜€

    berguna banget kawan artikelnya, terimakasih banyak ya ๐Ÿ™‚

    langsung saya praktekin nih..
    silahkan kunjungan baliknya ya kawan,

    lirikmagz.blogspot_com > untuk yang lagi butuh lirik lagu, ada LirikMagz juga lho !
    discount-here.blogspot_com > untuk yang hoby belanja online, ada discount gede dan voucher gratis disini !
    belajarbahasainggrisoffline.blogspot_com > untuk yang lagi belajar bahasa inggris, yuk sama-sama belajar ๐Ÿ™‚

    salam kenal ๐Ÿ™‚

  57. keren gan…

    jangan lupa kunbal n koment nya gan…
    _my-x-site.blogspot_com/2014/03/komplek-makam-syeich-abdurrauf-syiah.html

  58. trimakasih buat artikelnya , jadi tambah wawasan nih _belajaon-line.blogspot_com/2014/05/injekinosat3mei2014.html

  59. dengan blog walking bisa saling interaktif dengan pemilik blog dan sebagai pengunjung kita bisa mendapatkan informasi maupun info2 terbaru tentunya

  60. Alhamdulilah, stelah membaca artikel sobat, saya sudah paham bagaimana cara melakukan blog walking.!
    trimakasih ya sobat.

    kunjung balik ke _rolisupiawan1.blogspot_com/
    mohon di join ya..!!

  61. terimakasih sob, sangat bermanfaat bagi saya… dengan membaca artikel sobat saya menjadi lebih paham….

    salam : _blogku-al.blogspot_com

  62. Permisi gan saya tidak ada tujuan untuk spam, cuma saya ingin membagikan informasi Pembuatan Artikel 100% Unik Berkualitas Gratis Untuk Blogger Indonesia dimana yang kita tahu konten berkualitas adalah konten yang sangat di sukai search engine terutama google.

    silahkan sobat blogger kunjungi : _kampungsepatu_com/blog/pembuatan-artikel-unik-seo-berkualitas-gratis

    (saya tidak membuat live link karena saya menghormati pemilik blog ini, saya blogger yang tau etika kok gan tidak untuk spam hal yang tidak dibenarkan ๐Ÿ™‚

    Salam,
    Blogger Indonesia

  63. Saya mau tanya, blogwalking itu harus setema ga sih?
    Kalau ga perlu sekalian aja saya promo di sini buat yang pengen tau tentang kungfu CIna, silahkan kunjungi blog saya
    _beladirikungfu.blogspot_com/

  64. kalo bagi saya blogwalking selain mengharapkan backlink yang terpenting bisa buat inspirasi baru entah itu desain template maupun isi article dari blog sahabat… thanks udah share bro… salam _freshmitra.blogspot_com/

  65. Pribadi orang yang berbeda-beda membuat mereka pun mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat blogwalking. Semoga saja setelah para blogger membaca postingan agan mereka segera sadar yang hanya berkomentar alakadarnya. Salam kenal dari Jogja ๐Ÿ˜‰

  66. teknik yang masuk akal juga…kalau ngajak blogger minum yang seger-seger kira-kira mo koment gak ya?? heeee

  67. semua isi yang ada di artikel ini menurut saya sangat berkualitas,apalagi kalo mampir ke halaman kami hehe…
    salam hangat, sukses dan sehat selalu "Karya Mandiri Sofa"

  68. Good Article gan
    Ayooo segeraa bergabung…disini banyak promo yang menarik untuk anda.
    Agen Bola Terpercaya | Agen Bola Online | Agen Bola Indonesia| Agen Judi Bola | Agen Bola Terbaik | Cara Daftar Sbobet
    Agen Judi bola
    Agen terbaik
    Agen casino sbobet
    Cara daftar sbobet
    Agen bola indonesia
    Agen bola online
    Agen bola terpercaya

    Hanya ada di _v77bet_com

  69. Sangat berguna banget kak artikelnya, sangat membantu saya yang lagi belajar naikin traffic saya buat web jualan saya _jaketcustom_id

  70. Saya mulai ngeblog belum lama. Jujur saja, sebelumnya saya jarang sekali blogwalking atau meninggalkan komentar di blog orang lain.
    tapi setelah saya mulai serius membangun blog, dan mulai tahu pentingnya backlink, saya mulai suka meninggalkan komentar di blog orang lain. tapi ya itu tadi, komentar saya persis seperti yang Anda katakan di Artikel โ€œPercayalah! Jangan Lakukan hal Ini Saat Berkomentarโ€œ,

    Artikel di atas menambah pengetahuan saya tentang bagaimana cara blogwalking dan meninggalkan komentar secara lebih “beretika”.

    terima kasih.
    Salam

  71. wah rame sekali blognya om,
    mantep banget tipnya , walaupun kadang kita kalo ngasih komen gak nyambung… Nanti ane terapin ah tipsnya .

  72. Terima kasih atas informasinya ya admin
    Singgah juga ke Websaite saya ya,terima kasih ^_^
    Domino99-Sahabatkartu_net
    _binaleo_com/trik-berrmainan-domino-qiu-qiu-online/
    _binaleo_com/sahabatkartu-net-agen-domino99-terpercaya/

  73. Terimakasih gan saran2nya… Minta pendapat: apakah dengan melakukan blogwalking yg terlalu keseringan apa ada dampak buruk nya bagi blog kita ke depannya?
    Salam : www*amaterasublog*com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *