Sejarah Perkembangan Komputer Modern

Sejarah perkembangan komputer modern awalnya dibuat oleh Charles Babbage (1791-1871) ahli matematika berkebangsaan Inggris. Di thn. 1812, Babbage melihat keselarasan alam dari mesin mekanik dan matematika. Mesin mekanik hebat ketika melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang dengan tidak membuat kekeliruan.

Sejarah Perkembangan Komputer Modern

Sementara matematika memerlukan perulangan sederhana menggunakan langkah-langkah khusus. Hal itu selanjutnya berkembang dan memposisikan mesin mekanik menjadi alat untuk kepentingan mekanik.

Upaya Babbage pertama kali dalam menjawab persoalan ini timbul di thn. 1822 saat dia menawarkan sebuah mesin guna mengerjakan perhitungan persamaan diferensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat dipergunakan untuk menyimpan program dan dapat dipergunakan melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.

Sesudah memanfaatkan Mesin Differensial dalam 10 tahun, Babbage mendadak mendapat ide untuk menciptakan komputer all-purpose pertamanya yang dinamakan Analytical Engine. Pembantu Babbage, Augusta Ada King mempunyai andil siginifikan pada pengerjaan mesin tersebut. Dia membantu menyempurnakan rencana, mendapatkan dana dari Pemerintah Inggris, serta menjelaskan fitur Anlytical Engine kepada masyarakat.

Baca Juga :

Menelisik Sejarah Internet Dunia 
Sejarah Terciptanya Blog / Website

Di samping itu, pengetahuan Augusta yang bagus mengenai mesin itu menjadikannya mampu menciptakan instruksi guna ditambahkan dalam mesin sekaligus menjadikannya sebagai programmer perempuan pertama.

Di tahun 1889, Hollerith (1860-1929) pun mengaplikasikan kaidah kartu perforasi guna membuat penghitungan. Misi pertamanya ialah menciptakan teknik yang cepat dalam membuat rekapitulasi untuk Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus itu tadinya yang dijalankan pada thn. 1880 memerlukan waktu 7 tahun dalam merampungkan rekapitulasinya. Bersama bertambahnya penduduk, Biro itu memprediksi bahwa diperlukan waktu 10 tahun dalam merampungkan perhitungan sensus.

Sejarah perkembangan komputer modern diramaikan ketika Vannevar Bush (1890-1974) menciptakan suatu mesin guna menghitung persamaan diferensial. Mesin itu mampu menghitung persamaan diferensial rumit yang tadinya dikatakan kompleks oleh para akademisi. Di thn. 1903, John V. Atanasoff serta Clifford Berry bereksperimen dengan menciptakan komputer elektrik dengan mengaplikasikan aljabar Boolean di sebuah sirkuit elektrik.

Eksperimen tersebut didasari dari hasil usaha Boole (1815-1864) berujud sistem biner aljabar, dimana mengatakan bahwa tiap-tiap persamaan matematik bisa dinyatakan menjadi betul atau salah. Lewat menerapkan logika benar salah pada sirkuit listrik berupa sistem ON OFF, keduanya mampu menciptakan komputer elektrik pertama pada thn. 1940.

One thought to “Sejarah Perkembangan Komputer Modern”

  1. Saya tertarik dengan judul dan tulisan anda, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pengembangan Komputer yang bisa anda kunjungi di Informasi Pengembangan Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *