Sejarah Email

Berdasarkan penelitian terbaru dari Forrester Research, lebih dari setengah masyarakat AS memakai e-mail paling tidak 1/2 jam saban harinya. Dan tidak itu saja, e-mail sekarang telah jadi sarana komunikasi favorit yang dipakai di seantero penjuru dunia. Namun pahamkah Anda sejarah email sesungguhnya?

Sejarah Email
Sejarah Email

Sejarah Email

Segalanya berawal di thn. 1968 pada suatu perusahaan yaitu Olt Break and Newman (BBN). Korporasi tersebut disewa oleh Departemen Pertahanan AS guna mengembangkan sesuatu yang dinamakan ARPANET, yang lantas menjelma jadi internet. ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network, bertujuan guna membuat suatu sistem komunikasi antar elemen militer maupun elemen pendidikan satu dengan lainnya.

Di thn. 1971, Ray Tomlinson serahi tugas sebuah proyek yang dinamakan SNDMSG. Program tersebut tidak lah sebuah software baru karena telah ada sekian tahun sebelumnya. Menggunakan kriteria masa sekarang, program itu boleh dibilang primitif. Apa yang dijalankan software itu hanyalah membuat pemakai pada mesin yang sama bisa saling mentransfer pesan satu dengan lainnya. Pemakai boleh menciptakan dokumen teks yang selanjutnya bakal dihantarkan pada kotak surat di mesin yang sama.

Baca Juga : 
Sejarah Berdirinya Android 
Sejarah Hanphone

Ray yang diserahi tugas mengembangkan program sederhana tersebut sanggup mengerjakan beberapa hal lain. Diketahui dia tengah membuat aplikasi yang dinamakan CYPNET, berguna untuk mengirimkan file antar komputer di jaringan ARPANET. Gagasan yang timbul dalam pikiran saya ialah CYPNET mampu menyertakan file lain pada kotak surat sebagaimana yang bisa dibuat oleh SNDMSG, ungkap Ray.

Untuk itu dia merubah CYPNET agar bisa mengerjakan sebuah tugas tambahan yaitu menyertakan sesuatu dalam suatu file. Hal tersebut lumayan gampang dan perubahan itu dijalankan dengan cepat. Sesudah itu, Ray mengambil keputusan akan merubah sejarah. Dia membuat bentuk alamat email. Dia mendeskripsikannya seperti berikut ini, alamat kotak surat, simbol @, kemudian diikuti nama mesin. Dia memakai simbol @ sebab tampaknya masuk akal. Saya memakai simbol @ guna menandai bahwa si pemakai berada pada host lain di samping terdapat pada local area. Dia mengirim pesan untuk dirinya, dimana isinya telah hilang ditelan waktu. Pesan e-mail pertama sesaat terkirim dari dua titik PDP-10 di jaringan ARPANET. Sejarah email telah dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *