Sejarah Berdirinya Android

Sejarah Berdirinya Android sangatlah menarik untuk disimak. Android Inc. Dibentuk di kawasan Palo Alto, California Oktober 2003 oleh empat orang pendirinya yaitu:

  • Rich Miner (pemilik Wildfire Communications, Inc.)
  • Andy Rubin (pemilik Danger)
  • Nick Sears (bekas vice president T-Mobile) serta 
  • Chris White (kepala desain dan pengembangan interface WebTV) 

Dengan tujuan menciptakan “peranti seluler pintar yang lebih tahu lokasi maupun preferensi pemakainya”.

Sejarah Berdirinya Android

Target awal pengembangan Android ialah menciptakan suatu operating system canggih yang ditujukan untuk kamera digital, akan tetapi berikutnya disadari bahwa market untuk peranti itu tak begitu besar.

Pengembangan sistem operasi Android kemudian dialihkan untuk pasar smartphone guna menandingi sistem operasi Symbian maupun Windows Mobile (sistem operasi iPhone Apple belum diluncurkan pada waktu itu).

Kendati kalangan developer Android merupakan pakar teknologi yang ahli, Android Inc. Dijalankan dengan diam-diam, cuma dikatakan bahwa para developer tengah membuat suatu perangkat lunak yang ditujukan untuk telepon pintar.

Tetap di tahun yang sama, Rubin kehabisan biaya pengembangan. Steve Perlman, seorang rekan Rubin, meminjamkan uang $10.000 tunai namun menampik pemberian opsi saham di perusahaan.

Waktu berjalan dan akhirnya Google mengambil alih Android Inc. 17 Agustus 2005 untuk selanjutnya menjadikannya menjadi anak perusahaan yang seluruhnya dipunyai oleh Google. Pendiri awal Android Inc. yaitu Rubin, Miner dan White masih bekerja di perusahaan sesudah diambil alih oleh Google Inc.

Sesudah pengambil alihan itu, tak begitu banyak yang diberitakan mengenai kemajuan yang diperoleh Android Inc., Akan tetapi banyak rumor yang mengatakan bahwa Google berniat untuk masuk market handphone dengan langkahnya tersebut.

Setelah berada ditangan Google, tim yang dikomandoi oleh Rubin mulai menciptakan platform perangkat seluler memanfaatkan core Linux. Google mempromosikan platform itu pada vendor perangkat seluler maupun operator nirkabel, dan diberikan janji bahwa mereka akan menyiapkan operating system yang fleksibel dan dapat di-update.

Google pun memilih sejumlah mitra perusahaan software dan hardware, juga memberi sinyal untuk operator seluler bahwa kerjasama tersebut terbuka untuk siapa saja yang hendak andil. 5 November 2007, Open Handset Alliance (OHA) dibentuk.

OHA merupakan konsorsium berbagai perusahaan teknologi semacam Google, HTC, Sony dan Samsung, Sprint Nextel dan T-Mobile, juga pembuat chipset semacam Qualcomm dan Texas Instruments. OHA mempunyai tujuan menciptakan standar terbuka untuk perangkat seluler.

Waktu itu, Android dirilis menjadi produk pertamanya; suatu platform peranti seluler memanfaatkan kernel Linux versi 2.6. Handphone pertama yang memakai OS Android ialah HTC Dream, yang dirilis 22 Oktober 2008.

Itulah Sejarah Berdirinya Android, Semoga Bermanfaat dan Salam Danforblog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *