Pencerahan – Seberapa Panjang kah Artikel Yang Bagus Dalam sudut Pandang SEO?

Catatan : Artikel ringkas ini, bukan saya yang tulis, ini saya grab dari Forum http://bincangblog.com, forumnya Mas Dharmawan pemilik blog http://PanduanIM.com yang tips tips SEO nya sudah banyak mencerahkan dan menjadi referensi saya dalam mengembangkan blog blog saya selama ini. karena Forum tersebut sudah close alias tutup entah kenapa, saya coba copykan saja di sini biar tetap menjadi pencerahan dan membuka mata kawan kawan blogger.

Topik singkat ini membahas tentang Seberapa panjang kah artikel yang bagus dalam sudut pandang SEO?, berikut, tulisan Mas Dharmawan yang saya Grab tersebut, dan semoga bisa mencerahkan.

Seberapa Panjang kah Artikel Yang Bagus Dalam Sudut Pandang SEO?

Fakta #1 – panjang artikel tidak mempengaruhi peringkat di SERP.
Yang mempengaruhi adalah kualitas isinya dan bagaimana user menanggapi artikel tsb.

Fakta #2 – artikel yang panjang peringkatnya rata-rata lebih bagus

Lho kok bertentangan dengan fakta #1?

Dalam faktor rangking, Google tidak pernah menyatakan artikel panjang peringkatnya selalu bagus. Yang ditekankan selalu adalah kualitasnya, bobotnya.

Tapi pada aplikasinya di lapangan, artikel yang berkualitas dan isinya berbobot selalu panjang. Wajar kan, karena kalau ilmunya banyak pasti tulisannya panjang.

Lantas seberapa panjang artikel yang bagus itu? 300 kata? 500? 700? atau 1000? SALAH semua.

Seberapa panjang kah artikel yang bagus dalam sudut pandang SEO
Seberapa panjang kah artikel yang bagus dalam sudut pandang SEO

Jawabannya adalah 2500 kata.

Kalau Google tidak menyatakan panjang mempengaruhi peringkat, lalu kenapa konten panjang rata-rata berada di peringkat atas?

MOZ melakukan penelitian terhadap konten mereka di tahun 2012. Intinya, dari 500 artikel yang mereka publish, yang mendapatkan backlink terbanyak adalah yang panjang.

KESIMPULANnya, konten panjang yang berbobot lebih disukai oleh pembaca. Karena itu pembaca lebih sering melakukan sharing pada konten panjang yang kaya ilmu. Akibatnya peringkat di Google juga naik.

Kalau anda membuat konten, perkaya konten tersebut dengan ilmu sampai 2500 kata. Jangan menambahkan basa-basi atau pengulangan hanya untuk mengejar jumlah kata. Karena kembali lagi yang menentukan adalah pembaca.

Semoga bermanfaat dan salam Blogger

Referensi : Darmawan – 1 Mar 2015
Administrator & Penulis di http://PanduanIM.com

4 thoughts to “Pencerahan – Seberapa Panjang kah Artikel Yang Bagus Dalam sudut Pandang SEO?”

    1. Artikel Dibawah 2500 words, itu tidak masalah karena Persyaratan minimal untuk SEO dari Search engine sendiri adalah 300 Words. 2500 words disini adalah untuk penerapan SEO yang lebih maksimal khususnya di topik topik yang banyak pesaingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *