Operating System Terbaik Untuk VPS Atau Web Server

Operating System Terbaik Untuk VPS Atau Web Server

Operating System  atau Sistem Operasi (OS) adalah perangkat lunak yang bertindak sebagai User Interface (antarmuka antara) antara perangkat keras komputer dengan pengguna. Setiap komputer harus memiliki setidaknya satu OS untuk menjalankan program lain. Aplikasi seperti Chrome, MS Word, Game, dll membutuhkan satu environment dalam hal ini  di Sistem Operasi supaya ia bisa berjalan dan melakukan tugasnya. OS membantu Anda berkomunikasi secara digital dengan komputer. Pengguna tidak dapat menggunakan komputer atau perangkat seluler apa pun tanpa memiliki sistem operasi.

Sedangkan Web server Server komputer yang menjalankan situs web. Ini adalah program komputer yang mendistribusikan halaman web saat diminta. Tujuan dasar dari web server adalah untuk menyimpan, memproses dan mengirimkan halaman web kepada pengguna. Komunikasi dilakukan dengan menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Halaman-halaman web ini sebagian besar adalah konten statis yang mencakup dokumen HTML, gambar, style sheet, tes dll. Selain dari HTTP, Web server juga mendukung protokol SMTP (Simple Mail transfer Protocol) dan FTP (File Transfer Protocol) untuk mengirim email dan untuk transfer file dan penyimpanan.

Memilih Operating System Terbaik Untuk VPS Atau Web Server

Pengguna biasanya memilih Operating System Terbaik Untuk VPS Atau Web Server nya tergantung pada pengalaman mereka sebelumnya atau pada kebutuhan proyek mereka. Biasanya perusaahaan penyedia VPS, sudah menyiapkan berbagai macam OS, sehingga memungkinkan setiap pelanggan untuk memilih salah satu nya untuk kebutuhan mereka.

Beberapa Operating System Web Server Yang Sering Di Pakai

Mayoritas pemakai server biasanya menjalankan OS Linux / FreeBSD dan kami akan memberikan ulasan singkat dari fitur Operating System Terbaik Untuk VPS Atau Web Server di bawah ini.


CentOS

CentOS-Operating System Terbaik Untuk VPS
CentOS

CentOS (Community Enterprise OS) adalah versi gratis dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) OS. Ini adalah cabang terpisah dari pengembangan RHEL, kompatibel dengan mayoritas panel kontrol atau Cotrol Panel yang biasa dipakai untuk memanajemen Web (cPanel, DirectAdmin, ISP Manager, dll), dan perangkat lunak dan skrip lainnya untuk sistem berbasis Linux (Linux-based systems).

Setup Operating System ini cukup konservatif, yang memungkinkan menggunakan arsitektur yang sama untuk waktu yang panjang/lama dan menerapkan perbaikan terbaru hanya juka diperlukan yang crusial saja. Karena kebijakan ini pengguna CentOS biasanya dapat merasa nyaman bekerja dan stabil, handal dan dapat diprediksi.

Versi terakhir yang dikeluarkan adalah CentOS 8, Walaupun begitu CentOS 6.x dan CentOS 6.x saat ini masih banyak digunakan.


Fedora

Fedora - Operating System Terbaik Untuk VPS
Fedora

Fedora, sama seperti CentOS, juga merupakan cabang lain dari pengembangan RHEL. Namun perkembangannya lebih cepat dari CentOS, dengan update yang dilaksanakan cukup sering. Hal ini menyebabkan situasi manajemen OS yang berbeda dalam versi Fedora yang berbeda.

Fedora Saat ini sudah mencapai Versi 31 yang dirilis tanggal 29 Oktober 2019.

Kedua CentOS dan Fedora adalah berbasis RHEL sistem biner-kompatibel (RHEL-based binary-compatible systems). Yang berarti berarti beberapa repositori Fedora, seperti EPEL, mengandung paket yang kompatibel dengan CentOS. Namun, perbedaan arsitektur di antara keduanya membuat panel kontrol tertentu dan perangkat lunak tertentu yang cocok dengan CentOS, menjadi tidak sesuai dengan Fedora.

BACA:  Tips Terbaik Membuat Survei Online Lebih Interaktif dan Efektif

Debian

Debian
Debian

Debian juga sangat populer saatini, berbasis Linux OS. Namun, banyak perbedaanya dari sistem berbasis RHEL, sementara juga masih berbagi fitur dalam manajemen tertentu dan umum untuk semua sistem Linux. Debian memiliki pendekatan arsitektur yang konservatif seperti CentOS, namun pembaruan paket yang diterapkan pada Debian jauh lebih sering dengan jumlah yang sangat signifikan dan lebih tinggi. Sehingga membuat debian memiliki kompatibilitas yang jauh lebih luas pada perangkat lunak berbasis linux. Secara keseluruhan, Debian adalah sistem yang stabil dan nyaman. Debian saat ini sudah sampai pada versi Debian 10 Buster (+ versi Beta Debian 11 Bullseye yang masih dalam tahap Pengambangan dan belum dirilis secara resmi)


Ubuntu

ubuntu
ubuntu

Sedangkan Ubuntu merupakan turunan Debian, sehingga banyak arsitektur Ubuntu yang mirip atau sama dengan Debian. Namun, OS Ubuntu ini lebih berorientasi pada Komputer desktop atau solusi antarmuka grafis. Walaupun begitu Masih dapat digunakan sebagai server OS yang layak. Versi terbaru ubuntu Ubuntu 20.04. – Focal Fossa  (Dengan Ubuntu 20.10 – Groovy Gorilla, yang rencana akan dirilis Oktober 2020)


FreeBSD

FreeBSD
FreeBSD

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi berbasis BSD/Unix (Unix/BSD-based operating system) yang sangat populer. FreeBSD sangat berbeda dari keluarga Linux lainnya, namun secara luas juga digunakan sebagai server OS. Perbedaan utama adalah kebutuhan untuk membangun sistem dari paket berdasarkan kebutuhan hardware tertentu. Hal ini memberikan kualitas kinerja yang baik dan tinggi dibandingkan dengan Linuxlainnya, namun untuk menginstal dan mengatur sistemnya diperlukan lebih banyak waktu. Dalam FreeBSD paket biner-kompatibel (binary-compatible packages) dikembangkan sangat banyak, sehingga mengakibatkan penurunan biaya pemakai, sementara tingkat kehandalalnnya tetap dipertahankankan.

Beberapa produsen hardware terkenal seperti Juniper bahkan memilih FreeBSD sebagai basis default OS untuk produk mereka karena kemampuan FreeBSD untuk menangani sejumlah besar lalu lintas spesifik dan interaksi tumpukan jaringan dengan mudah. FreeBSD sering digunakan sebagai OS untuk router yang sangat sarat atau jaringan dengan tingkat aktivitas yang tinggi. Hal ini membuat FreeBSD masyhur sebagai OS yang sangat aman, karena kerentanan kritis dalam FreeBSD ditemukan lebih jarang dibandingkan dengan sistem Linux.


Windows Server

Windows Server
Windows Server

Pada umunya Windows banyak digunakan sebagai Operating System pada komputer desktop, namun versi servernya juga sangat popular. Jika Project Web Anda akan menggunakan Visual Basic, MSSQL atau kode di ASP .NET, Maka pilihann Operating Sytemnya Window. Kemampuan mengakses file melalui RDP sambil tetap dalam antarmuka grafis adalah keuntungan besar dalam pemakaian Server Windows.


Kesimpulan

Sebagai Kesimpulan, Memilih OS yang terbaik untuk VPS adalah tetap harus didasarkan pada kebutuhan proyek anda. Apakah anda ingin yang Stabil dan tidak terganggu dengan Update, atau Ingin menerapkan code tertentu, atau hanya sebagai blog biasa. Cukup pilih OS (Operating System) Terbaik Untuk VPS Atau Server yang Anda sukai seperti yang kami uraikan di atas!

Salam Blogger.

Guest Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *