Meningkatkan Earning Adsense Dengan Meningkatkan CTR

Meningkatkan earning Adsense dapat diwujudkan dengan cara meningkatkan pula CTR (click through rate). CTR sendiri merupakan perbandingan antara jumlah impresi/tampilan iklan dengan jumlah klik. Misalnya jika sebuah Ads unit ditampilkan sebanyak 50 kali dan medapat klik 10 kali, maka CTR-nya sebesar 20% (10:50). Dari sinilah dapat kita simpulkan bahwa semakin besar CTR berarti semakin besar jumlah klik iklan tersebut.

Meningkatkan Earning Adsense Dengan Meningkatkan CTR
Meningkatkan Earning Adsense Dengan Meningkatkan CTR

Perlu diketahui bahwa ada sejumlah faktor yang akan menentukan tinggi-rendahnya CTR Adsense suatu blog, salah satu diantaranya adalah penggunaan template blog yang sesuai/tidak sesuai, desain template, konten blog, jumlah visitor dan pageview, relevansi iklan terhadap konten blog, dsb.

Semua faktor tersebut saling mendukung satu dengan lain jika ingin meningkatkan CTR Adsense Anda. Namun, template memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan tinggi-rendahnya CTR Adsense sebuah blog, sehingga anda harus menggunakan template yang tepat.

Berapa Nilai CTR Adsense Yang Normal dan Aman??

Walaupun secara logika semakin besar CTR akan semakin besar pula penghasilan Google Adsense anda, tapi ada batasan dimana CTR dianggap aman oleh kebanyakan publisher. CTR masih dikatakan aman pada kisaran 2%-5%. Jika CTR sebuah iklan terlalu besar (ada yang mengatakan diatas 10%), maka itu akan membahayakan blog Anda bahkan bisa-bisa akun Adsense Anda akan di suspend.

Tips Untuk Meningkatkan Earning Adsense Dengan Meningkatkan CTR

Seperti yang sudah disinggung di atas, faktor-faktor penentu tersebut haruslah saling mendukung satu dengan yang lain jika ingin mendapatkan CTR tinggi. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan CTR Adsense.

  1. Gunakan template yang tepat (tidak memuat terlalu banyak objek grafis/gambar).
  2. Gunakan template yang ringan (fast loads).
  3. Letakkan posisi iklan pada tempat yang strategis.
  4. Hindari memasang iklan Adsense berdampingan dengan banner lain.
  5. Pilihlah ukuran iklan yang sesuai dengan bidang dimana iklan akan diletakkan agar iklan terlihat menarik bagi pembaca.
  6. Tempatkan iklan pada bidang yang menjadi tumpuan pembaca. Pembaca mengunjungi blog anda tentunya untuk mendapatkan sumber bacaan tertentu, jadi dalam hal ini mereka pasti akan fokus pada  postingan/artikel.
  7. Kombinasikan antara iklan Adsense for content dan Adsense for link unit.
  8. Pengalaman setiap tidaklah sama, jadi yang harus Anda lakukan adalah selalu memantau perkembagannya. Perhatikan performance reports/kinerja setiap unit iklan iklan Anda, dan maksimalkan letak iklan yang bisa mendapatkan banyak klik. Jika iklan jarang diklik/tidak pernah, segera ganti.

Itulah beberapa tips sederhana untuk meningkatkan earning Adsense dengan meningkatkan CTR Anda. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

One thought to “Meningkatkan Earning Adsense Dengan Meningkatkan CTR”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *