Kursus Programming

Kursus Programming Online

Perkembangan dunia IT akhir-akhir ini sangat pesat sejalan dengan proses digitalisasi yang dilakukan oleh banyak perusahaan dari berbagai bidang usaha. Tidak hanya perusahaan IT yang membutuhkan sistem digital tapi juga hampir semua perusahaan agar mereka tetap bisa bersaing dan lebih efisien. Sejalan dengan itu permintaan terhadap tenaga kerja IT terutama programmer terus meningkat dari waktu ke waktu.

Kursus Programming
Kursus Programming

Lulusan universitas dengan program studi IT jumlahnya sampai ribuan setiap tahun tapi banyak diantara mereka yang tidak mempunyai keahlian yang mumpuni untuk langsung diterjunkan kedalam suatu proyek IT. Maka menjamurlah berbagai kursus programming dimasa sekarang ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja IT. Salah satu jenis kursus IT yang cukup lazim adalah kursus programming, yaitu suatu tempat pelatihan yang khusus mendidik lulusan IT menjadi seorang programmer.

Ada banyak faktor yang menyebabkan banyak anak muda ingin menjadi seorang programmer. Salah satunya adalah lapangan pekerjaan dalam bidang ini memang cukup banyak karena dunia ini sedang bergerak ke era digitalisasi. Kemudian untuk menggeluti profesi programmer tidak memerlukan modal yang besar, cukup modal laptop dan internet saja kita sudah bisa menjadi seorang programmer yang handal. Selanjutnya adalah faktor gaji, gaji programmer cukup menggiurkan bahkan bisa tembus diatas 10 juta dalam waktu sekitar tiga tahun pengalaman saja.

Gambar 1. Gaji seorang programmer, developer atau enginer bidang IT pada perusahaan e-commerce
Gambar 1. Gaji seorang programmer, developer atau enginer bidang IT pada perusahaan e-commerce

Strategi Kursus Online

Kondisi jaman sekarang dengan perkembangan dunia aplikasi internet yang semakin canggih membuat banyak sekali aplikasi yang memungkinkan banyak orang berkomunikasi secara online. Contohnya zoom meeting, google meeting, whatsapp video call, dan lain sebagainya. Contoh lain adalah youtube dan video streaming lain yang sekarang lagi semakin tren untuk dipakai oleh masyarakat. Ini juga menyebabkan berbagai lembaga kursus mengganti strategi mereka menjadi kursus online. Banyak sekali contoh kursus online ini, seperti kursus membuat konten, kursus memperbaiki komputer, kursus memasak dan lain sebagainya.

Hal ini juga terjadi pada kursus programming, pada akhir-akhir ini terjadi fenomena pergeseran kursus programming dari memakai kelas menjadi kursus programming yang dilakukan secara online. Fenomena Ini disebabkan oleh beberapa hal.

  1. Koneksi internet semakin cepat sehingga memungkinkan untuk mengadakan kursus programming secara online melalui media video online ataupun video streaming.
  2. Kursus programming secara online lebih murah karena tidak membutuhkan biaya tempat pelatihan berupa kelas ataupun gedung.
  3. Memudahkan peserta pelatihan, karena kursus ini dapat diikuti dari rumah tanpa perlu melakukan perjalanan ketempat kursus.
  4. Dapat diikuti kapan saja tidak tergantung waktu, karena kursus programming online ini biasanya tidak mempunyai jadwal tertentu.
BACA:  Bisnis Online Gratis Tanpa Modal

Sebagian besar kursus programming online diberikan dalam bentuk video e-learning ataupun video streaming. Kursus dalam bentuk video e-learning terdiri dari kumpulan video-video belajar programming yang harus dipahami oleh peserta kursus. Biasanya satu kumpulan video mewakili satu mata pelajaran programming, contoh mata pelajaran Java terdiri dari 12 video dengan total durasi satu jam. Sedangkan kursus dalam bentuk video streaming diberikan dalam bentuk webminar, pelatihan melalui zoom, google meeting dan sejenisnya. Disini instruktur memberikan bahan pelatihan programming langsung melalui video streaming, peserta mendengarkan dan memahami materi pelajaran programming yang diberikan oleh instruktur tersebut.

Dua metode kursus programming online diatas cukup membantu peserta dalam memahami bahasa pemrograman, tapi ada beberapa kekurangan dari dua metode diatas.

  1. Dengan memakai metode video e-learning maka peserta tidak bisa melakukan komunikasi dua arah dengan instruktur pelatihan. Peserta hanya bisa menyimak video tanpa bisa bertanya dan mengkomentari materi pelatihan. Hal ini cenderung membosankan dan tidak jarang peserta pelatihan tidak menamatkan kursusnya sampai habis. Tugas pemrograman yang biasanya diberikan pada setiap materi pelajaran juga tidak diperiksa karena memang tidak ada instruktur yang langsung memeriksa hasil tugas pemrograman tersebut.
  2. Metode memakai video streaming lebih baik karena ada interaksi antara peserta kursus dengan instruktur. Hanya saja metode ini bisa menyulitkan instruktur apabila jumlah pesertanya semakin banyak. Cukup merepotkan juga apabila harus memeriksa hasil tugas pemrograman peserta satu per satu secara online.

Kursus Programming Online Dibantu Sistem Cerdas

Akhir-akhir ini muncul metode terbaru kursus programming online. Metode ini menggunakan kombinasi video dan webminar dibantu oleh suatu sistem cerdas khusus. Sebagai contoh adalah kursus programming online dari PT Nextgen Inovasi Indonesia. Dengan metode baru ini materi pelajaran programming diberikan melalui video dan website. Tugas pemrograman diberikan dalam bentuk dokumen dan video. Setelah tugas dikerjakan maka akan otomatis diperiksa oleh suatu sistem khusus. Sistem ini yang akan menentukan apakah tugas programming peserta sudah benar atau belum. Sistem ini juga memberikan komentar tentang efektifitas algoritma peserta kursus. Sistem ini yang menentukan apakah peserta sudah mengerjakan semua tugasnya dan sudah memahami semua materi pelajaran programming. Selain itu metode baru ini juga menyediakan instruktur yang membantu peserta melalui online video meeting ataupun webminar.

Begitulah sedikit penjelasan tentang kursus programming online yang ada sekarang ini. Dengan semakin banyaknya kursus programming online disini diharapkan kita mendapatkan banyak tenaga ahli programmer yang handal untuk memajukan industri IT di nusantara.

Guest Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *