Keyword, Pengertian dan Fungsinya

Salam, buat sobat semua, saya adalah pengunjung setia dari blog ini. danforblog.com, dan atas izin Om pemilik blog ini, Izinkan saya ikut berbagi dengan teman teman pembaca mengenai Keyword, Pengertian dan Fungsinya.  Sebenarnya bahasan ini saya lihat sudah banyak di bahas di blog danforblog ini, tetapi saya coba menulisnya kembali dengan bahasa dan pengetian saya sendiri…. peace...

Keyword, Pengertian dan Fungsinya
Keyword, Pengertian dan Fungsinya

Menurut pengertiannya keyword adalah kata atau kumpulan beberapa yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang diinginkan. Jika kita tafsirkan dari pengertian keyword (kata kunci) ini berarti suatu susunan suku kata yang diketikkan di mesin pencarian atau juga bisa satu kata saja.

Sebagai contoh, Seorang pelajar pergi ke warnet, dia mendapat tugas untuk membuat artikel tentang Sastra Puisi, secara otomatis pelajar tersebut mempunyai planning dan mengetahui susunan kata yang akan dijadikan rujukan untuk artikelnya. Dalam tema “Sastra Puisi” terdapat beberapa sub tema yang berkaitan yaitu : Pengertian Puisi, Makna Puisi, Sejarah Puisi, Kategori Puisi, Contoh Puisi, Tokoh Puisi. Sebelum pelajar tersebut membuka browser internet, dalam benaknya sudah terdapat beberapa kata yang ingin dia cari. Setelah pelajar tersebut mengetikannya dalam kotak pencarian Google, Bing atau Yahoo maka pelajar tersebut telah memasukan keyword.

Dari ilustrasi contoh diatas, maka tafsiran dari keyword secara sederhana adalah kata atau susunan kata yang dicari dan diperlukan. Bagaimana apakah anda sudah paham maksud saya? Jika tidak atau belum silahkan baca kembali atau meninggalkan jejak di kolom komentar.

Model Atau Kategori Keyword

Berdasarkan beberapa data dan pengamatan pada prilaku netter ada dua kategori keyword yaitu:

  1. Keyword Pendek (short tail keyword), dan
  2. Keyword Panjang (Long Tail Keyword).

Kedua kategori tersebut bisa saja berhubungan satu sama lain ataupun tidak berhubungan. Namun, jika keduanya termasuk dalam satu frasa maka keduanya akan berhubungan.

Short Tail Keyword

Short Tail Keyword adalah kata kunci (keyword) yang hanya terdiri dari satu suku kata atau dua suku kata, tergantung pada cara penulisan objek atau subjek keyword itu. Contoh kata kunci popular untuk short tail keyword adalah:

  • SEO
  • Template
  • Blog
  • Bisnis Online (2 kata pada 1 pengertian)
  • Black Hat (2 kata pada 1 pengertian)
  • dll.

Short tail keyword umumnya identik dengan judul atau brand atau produk, aktifitas tertentu, fungsi short tail keyword ini dalam artikel adalah sebagai Thema Atau Gagasan Utama. Itu menurut hemat saya.

Long Tail Keyword

Long Tail Keyword adalah kata kunci yang lebih dari dua suku kata bahkan bisa juga menjadi sebuah kalimat. Secara struktural long tail keyword ini mendekati kepada suatu kalimat, dana pada praktenya sering dengan menggabungkan beberapa short tail keyword. Contoh:

  • Penerapan SEO pada Template dan Blog
  • Bisnis Online Penjualan Template Blog Tanpa Menggunakan Black Hat
  • dll.

Dalam sebuah Artikel long tail keyword biasanya terdapat pada, Judul Artikel atau sebaran penjabaran pada deskripsi artikel.

Berdasarkan fungsinya, long tail keyword memegang peranan penting dalam SEO, kenapa? Karena secara psikologis prilaku pengguna internet tidak mungkin atau sangat jarang melakukan pencarian dengan kata kunci short tail keyword. Secara logikanya begini, Anda pergi ke suatu tempat yang anda belum mengetahuinya untuk mencari sesuatu, katakanlah sesuatu itu “Makanan”. Nah untuk mencari makanan apakah anda hanya akan mengatakan “makanan”, tidak kan? Pasti anda mengatakan “yang jual makanan disini siapa? Apa ada penjual makanan disini?. Jadi pada intinya fungsi long tail keyword ini adalah bentuk pertanyaan untuk mendapatkan atau mencari informasi yang diperlukan.

Bagaimanakah pemaparan pengertian dan fungsi keyword diatas, apakah Anda sudah dapat memahami maksudnya? Setelah anda memahami mungkin Anda juga akan tertarik untuk membaca “Perlukah riset keyword?”.

Sebelum anda membaca artikel tentang perlu atau tidak riset keyword, alangkah baiknya anda memahami artkel ini agar anda tidak kebingungan. Demikian sajian ini saya persembahkan, semoga bermanfaat.

Artikel kiriman : sdr. Ahmad Nalilu – bikin-web.info

Guest Post Danforblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *