Ketahui Jenis-Jenis Genset Sebelum Mencari Tempat Jual Genset Murah

Hampir semua aktivitas manusia saat ini dilakukan dengan bantuan alat-alat bertenaga listrik mulai dari mesin-mesin pendukung aktivitas rumah tangga hingga mesin-mesin industri.Bisa dikatakan bahwa listrik memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung kelancaran aktivitas manusia di berbagai lini kehidupan. Pada beberapa kondisi tertentu ketersediaan listrk bisa sangat terbatas bahkan tidak ada seperti pada kondisi adanya pemadaman listrik dari PLN, kegiatan di luar ruangan maupun kondisi lainnya. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan penggunaan alat pembangkit listrik genset agar ketesediaan lenergi listrik tetap terjamin.

Ketahui Jenis-Jenis Genset Sebelum Mencari Tempat Jual Genset Murah
CUMMINS-50-KVA-4BTA3.9G2-11 – Salah satu Genset Terbaik Saat ini – Sumber Gambar : eragenset.com

Jenis Genset di Tempat Jual Genset Murah Berdasarkan Bahan Bakar

Genset ini merupakan seperangkat mesin yang berfungsi untuk menghasilkan energi listrik dari perputaran mesinnya. Mesin ini dapat dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar tertentu. Nah, ada beberapa jenis bahan bakar yang dapat digunakan untuk menghasilkan listrik melalui perangkat genset. Berikut ini jenis-jenis genset berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakannya :

  • Genset diesel

Jenis genset ini menggunakan bahan bakar berupa solar untuk menggerakkan mesinnya.Solar yang digunakan dalam jenis genset ini dapat menghasilkanenergi listrik dengan kapasitas yang cukup besar dari 10.000 hingga 100.000watt [er 100kVA. Kapasitas yang besar ini menjadikan genset diesel kerap digunakan untuk acara-acara yang membutuhkan suplai listrik besar seperti panggung musik ataupun pada acara hajatan.

Genset diesel mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan genset jenis lainnya seperti minim perawatan, dapat menghasilkan listrik dengan daya yang besar, awet dan lebih tahan lama serta yang terakhir genset jenis ini dilengkapi dengan torsi untuk operasional mesin dalam kondisi darurat.

Sementara itu, dibalik kelebihan yang dimilikinya, genset ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya suaranya yang lebih berisik, ukurannya yang besar serta berat serta ukuran genset menyesuaikan dengan kapasitas listrik yang dihasilkanya. Semakin besar kapasitas genset akan semakin besar pula ukurannya.

  • Genset gas

Genset juga dapat dioperasikan menggunakan bahan bakar berupa gas. Jenis gas yang digunakan pada genset ini adalah gas LPG (Liquid Petroleum Gas) ataun CNG (Compressed Natural Gas). Jenis gas CNG umumnya dapat ditemui pada genset yang digunakan oleh perusahaan besar karena jenis gas ini cocok untuk penggunaan jangka panjang. Pada penggunaan dengan skala lebih kecil, gas LPG banyak jadi pilihan karena harganya yang jauh lebih ekonomis dibandingkan gas CNG. Pada penggunaan gas CNG diperlukan instalasi berupa pipa-pipa khusus untuk mengalirkan gas. Sementara itu penggunaan gas LPG jauh lebih sederhana dan mudah karena tidak memerlukan instalasi khusus yang memakan banyak biaya.

  • Genset bensin

Genset dengan jenis bahan bakar ini disebut juga sebagai gasoline generator. Bensin menjadi bahan bakar utama untuk menggerakkan genset jenis ini. Mesin dari genset bensin dapat dibedakan menjadi mesin 2 tak dan mesin 4 tak seperti hal nya yang bisa Anda temukan pada kendaraan bermotor. Dari segi penggunaan, mesin genset 2 tak ini lebih terbatas daripada mesin genset 4 tak. Genset bensin 2 tak ini terbatas hanya dapat menyuplai listrik tidak lebih dari 1000 watt

  • Genset tenaga surya

Genset jenis ini sangat hemat bahan bakar dan dapat digunakan untuk penggunaan skala kecil seperti skala rumah tangga. Sumber tenaga dari genset ini berasal dari cahaya matahari yang dipanen menggunakan panel surya. Meskipun berbahan bakar tenaga surya, kemampuan genset ini dalam menghasilkan tenaga listrik juga tidak bisa dianggap remeh. Genset jenis ini dapat menyediakan energi listrik untuk perabot elektronik dengan daya besar.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Jenis Genset?

Anda perlu menentukan terlebih dahulu jenis genset seperti apa yang Anda butuhkan sebelum mendatangai tempat jual genset murah dan menentukan pilihan Anda. Beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan diantaranya :

  • Harga bahan bakar

Genset tentu memerlukan bahan bakar untuk pengoperasiannya. Apabila Anda akan menggunakan genset secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka akan jauh lebih baik untuk memilih jenis bahan bakar yang murah.Bahan bakar yang tergolong murah diantara jenis-jenis bahan bakar yang ada adalah cahaya matahari, solar dan bensin.

  • Kemudahan operasional

Jika Anda membutuhkan genset untuk diletakkan permanen di suatu lokasi maka genset dengan ukuran besar tidak akan jadi masalah berarti. Sebaliknya, jika penggunaannya lebih cenderung mobile dan berpindah-pindah maka Anda bisa memilih genset dengan ukuran yang lebih kecil dan praktis untuk dibawa ke mana saja.

  • Kapasitas daya listrik yang dihasilkan

Perbedaan jenis bahan bakar yang digunakan ternyata juga ikut menentukan kapasitas maksimal dari daya listrik yang mampu dihasilkan. Anda perlu menentukan jenis genset dengan tepat agar genset yang Anda beli dapat menyuplai tenaga listrik sesuai denga kebutuhan Anda.

Di eragenset.com tersedia pilihan genset dari berbagai jenis dengan spesifikasi yang juga beragam. Dapatkan genset pilihan Anda di distributor genset terpercaya dengan garansi resmi. Pilihan yang lengkap serta harga yang bersahabat dapat Anda temukan dengan berbelanja di tempat jual genset murah ini.

Guest Post Danforblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *