Ghost Blogging Platform Siap Menyalip WordPress ?

Ghost Blogging Platform Siap Menyalip WordPress ? yah itu sepertinya yang sering saya baca di blog blog yang melakukan review pada Flatform Ghost.  Namun tetap harus di pahami bahwa Review juga bisa berbayar dan Karena juga karena alasan personal.  Apakah Ghost akan Menyalip WordPress pada nantinya tetap waktulah yang akan membuktikan.  Karena Jargon Ini akan Menyalip WordPress, juga pernah di dengungkan ketika JOOMLA pertama sekali muncul namun kenyataanya anda bisa lihat sendiri.

Ghost Siap Menyalip WordPress
Ghost dan WordPress

Apa Itu GHOST

Ghost adalah platform blogging open source yang ditulis dalam JavaScript dan didistribusikan di bawah Lisensi MIT, yang dirancang untuk mempermudah proses penerbitan online bagi blogger perorangan maupun publikasi online.

Konsep platform Ghost pertama kali diluncurkan secara publik pada bulan November 2012 di sebuah posting blog oleh pendiri proyek John O’Nolan, yang menghasilkan tanggapan yang cukup positif sehingga proyeknya dilanjutkan dengan pengkodean versi prototipe dengan kolaborator Hannah Wolfe.

Proyek ini mengandalkan dukungan baik dari individu maupun sponsor dari perusahaan yang memiliki ketertarikan untuk melihat platform tersebut berhasil. Penyair penting termasuk Seth Godin, Leo Babauta, Darren Rowse, Tucker Max, perusahaan besar seperti WooThemes, Envato dan Microsoft.

Ghost Blogging Platform Siap Menyalip WordPress

untuk mendukung pengambilan kesimpulan atas pernyataan ini mari kita lihat dulu, Perbandingan Dasar Antara GHOST dan WORDPRESS:


DASHBOARD

Dashboard Ghost terlihat simple dan mudah dimengerti. Setelah login, hal pertama yang Anda lihat adalah konten terbaru Anda (jika Anda baru saja menginstalnya, konten demo disertakan dengan 3 pilihan menu di dalamnya, Content, New Post and Settings. siap untuk melanjutkan dan menulis posting pertama Anda.

Dashboard Ghost
Dashboard Ghost

Dasboard WordPress memiliki lebih banyak pilihan, dan mungkin sedikit lebih membingungkan bagi pengguna baru. Namun anda tetap masih bisa dengan mudah menavigasi untuk membuat posting baru, mengedit konten dan hal-hal lain, namun antarmuka tidak sebersih itu.

Dasboard WordPress
Dasboard WordPress

Kesimpulan : Dashboard Ghost terlihat sedikit lebih bersih, dan mungkin lebih mudah bagi pemula untuk membiasakan diri dibanding Dashboard WordPress, sementara Dashboard WordPress walaupun lebih rumit namun menawarkan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas.


SPEED ATAU KECEPATAN

Mungkin bagian ini bisa menjadi Jualan andalan dari Ghost, skor Kecepatan Ghost secara default tanpa embel embel sedikit lebih baik untuk tes kecepatan pada tool Google Insight.

ghost pages peed1 - Ghost Blogging Platform Siap Menyalip Wordpress ?
Sc Kecepatan Ghost
wordpressaf terpluginspeed2 - Ghost Blogging Platform Siap Menyalip Wordpress ?
Sc Kecepatan WordPress

WordPress mungkin kalah kecepatannya, namun ada banyak menyediakan plugin yang bisa membantu blog untuk mencapai kecepatan seperti Ghost ini. Misalnya anda bisa pakai plugin caching seperti W3 Total Cache, WP Super Cache, dll.


DUKUNGAN DAN KOMUNITAS

WordPress jelas memiliki komunitas pemakai yang lebih besar dan lebih mapan. Sehingga setiap pemakai dapat melakukan apapun yang diinginkannya dengan WordPress, karena ada orang lain yang telah melakukannya, dan juga telah menulis tutorial tentang hal itu. Kenyataan ini juga menjadikan user sangat mudah untuk mendapatkan bantuan pribadi dalam mengatasi masalah WordPress dari pengguna WordPress lainnya.

Ghost juga memiliki komunitas dan forum pendukung, namun relatif lebih kecil. Ada pengguna khusus yang membantu menjawab pertanyaan dan menulis beberapa panduan yang relevan, namun tidak ada panduan umum yang tersedia, juga belum banyak tersedia tip, trik dan ide penggunaan seperti yang banyak tersedia untuk WordPress.


Baca Juga :
Blogspot Atau WordPress
7 Keuntungan Ekonomis Menggunakan Blogger atau Blogspot
7 Alasan Kenapa Harus Pindah Dari Blogger ke WordPress


DESAIN DAN LAYOUT

Tema default untuk WordPress dan Ghost tidak terlalu berbeda. Sederhana, fungsional, dan cantik.

Di luar itu, WordPress memiliki lebih banyak variasi untuk ditawarkan daripada Ghost pada bagian ini. WordPress menawarkan lebih banyak pilihan yang tersedia daripada tema Ghost.

Hal yang paling disukai dari WordPress adalah Anda dapat memiliki tingkat kontrol kreatif atas perancangan situs Anda Dari dalam theme customizer, tanpa harus melakukan HardCode apa pun. Anda bisa sesering mungkin untuk mengubah skema warna, latar belakang, font, ukuran lebar dan hal lainnya.

Selain itu, ada banyak tema dan plugin drag-and-drop untuk WordPress yang dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai jenis halaman, dan portofolio dengan mudah.

Untuk Ghost, Anda memiliki pilihan terbatas karena sangat blog-sentris. ada pilihan untuk kode-savvy untuk menyesuaikan tema, namun jika Anda sama sekali tidak mengerti kode, pilihan Anda terbatas.


FLEKSIBILITAS

Salah satu nilai jual utama WordPress adalah fleksibilitasnya. Ini adalah perangkat lunak Open Source yang bisa anda dapatkan secara gratis dan dapat Anda gunakan untuk membuat hampir semua model situs web dengan mudah.

WordPress juga memiliki ribuan disain tema dan plugin untuk dipilih, baik yang gratsi maupun berbayar. Jika Anda memerlukan beberapa fungsi yang tidak ditawarkan WordPress standar, hampir pasti ada plugin untuk itu. Modus perawatan, galeri animasi, bahkan toko online yang benar-benar fungsional. Singkatya, WordPress bisa melakukan hampir semua hal yang diperlukan untuk aktifitas Blogging.

Bagaimana dengan Ghost ?, situasinya sedikit berbeda. Sepertinya Tim di belakangnya merancang Ghost khusus untuk blogging, dan hanya ngeblog.

Meskipun ada tema Ghost, dan beberapa aplikasi / API yang sudah tersedia, namun belum tersedia banyak sehingga membuat kebutuhan blogging dengan Ghost sedikit menghambat.


Jadi, Apakah Ghost Siap Menyalip WordPress ? atau apakah Ghost Sudah Lebih Hebat dari WordPress ?

Nah apakah Ghost Blogging Platform Siap Menyalip WordPress ?, jawaban menurut saya tetap harus menunggu waktu berjalan.  Secara personal kita mungkin bisa menyimpulkannya, namnu secara Global, yah itu tadi tetap harus menunggu waktu.  Dan satu hal yang perlu diketahui andalah, Bahwa dunia blogging sudah menjangkau banyak bidang dan bukan hanya sebata Personal blogging saja.

Oke itu saja dulu ulasan Danforblog mengenai Apakah Ghost Siap Menyalip WordPress ?. Salam Blogger

2 thoughts to “Ghost Blogging Platform Siap Menyalip WordPress ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *