Fakta & Saran Perbaikan Pada SEO Situs – Setelah Pembaruan Algoritma Google Agustus 2018

Tangal 1 Agustus 2018, Teknisi dan analis Google Danny Sullivan meng-konfirmasi melalui twitter bahwa Pembaruan Algoritma Google : Google broad core algorithm update (algoritme inti Google baru) telah dilakukan. dan sontak para Webmaster di forum forum yang membahas tentang SEO di dunia internet pun Heboh. Karena apa …?

Mari kita lihat perubahan seperti apa yang telah dikakukan Google, Dampaknya pada rangking situs dan apa yang harus Anda lakukan.

Pembaruan Algoritma Google Agustus 2018
Pembaruan Algoritma Google Agustus 2018

Pernyataan Resmi Google

Sebelumnya dari pernyataan Google tersebut ada 4 hal yang perlu dipahami:

  1. Konfirmasi bahwa pembaruan algoritma telah dilakukan.
  2. Konfirmasi bahwa pembaruan dilakukan pada algoritma utama.
  3. Untuk menyebutkan bahwa perubahan itu adalah untuk meningkatkan cara Google mencocokkan hasil yang relevan dengan hasil dari kueri penelusuran.
  4. Situs yang terdampak dan terpengaruh, kehilangan peringkat, bukanlah karena kualitasnya yang buruk (?..).

Lengkapnya Berikut pernyataan resmi Google tersebut:

This week we released a broad core algorithm update, as we do several times per year. Our guidance about such updates remains the same as in March, as we covered here: https://t.co/uPlEdSLHoX

— Google SearchLiaison (@searchliaison) August 1, 2018


Terjemahan: Minggu ini kami merilis pembaruan algoritme inti yang luas, seperti yang kami lakukan beberapa kali per tahun. Panduan kami tentang pembaruan tersebut tetap sama seperti di bulan Maret, seperti yang kami bahas di sini: https://t.co/uPlEdSLHoX – Google SearchLiaison (@searchliaison) 1 Agustus 2018

Danny Sullivan kemudian menindaklanjuti dengan pernyataan tambahan untuk menjawab pertanyaan yang meminta jawaban yang lebih spesifik. Dan menolak mengeluarkan panduan khusus tentang apa yang harus diperbaiki. Dan inilah yang membuat heboh, bagaimana mungkin Google bersikeras tidak ada yang perlu diperbaiki?, sementara Banyak situs yang terdampak atas pembaharuan Algoritma Google tersebut

Berikut Laporan Tindak Lanjut Google (Danny Sullivan)

Yang Pertama:

We tell lots of things to do. Improve site speed. Consider secure. Etc. But that’s not what this update was about. It’s broad. And respectfully, I think telling people there’s no particular thing to “fix” is indeed helpful. It means, hopefully, they think more broadly…

— Danny Sullivan (@dannysullivan) August 1, 2018


Terjemahan: Kami sering memberi tahu banyak hal untuk dilakukan. Tingkatkan kecepatan situs. Pertimbangkan keamanan. Dll. Tetapi pembaruan ini bukanlah tentang hal itu. Pembaharuan kali ini sangat luas. Dan dengan penuh hormat, saya pikir dengan tidak memberi tahu orang-orang bahwa tidak ada hal khusus untuk “memperbaiki” justru sangat bermanfaat. Itu berarti, semoga, mereka berpikir lebih luas …

Kedua:

Want to do better with a broad change? Have great content. Yeah, the same boring answer. But if you want a better idea of what we consider great content, read our raters guidelines. That’s like almost 200 pages of things to consider: https://t.co/pO3AHxFVrV

— Danny Sullivan (@dannysullivan) August 1, 2018


Terjemahan: Ingin melakukan yang lebih baik dengan perubahan kali ini? Buat konten hebat. Ya, jawaban ini sama seperti sebelumnya dan membosankan. Tetapi jika Anda ingin ide yang lebih baik tentang apa yang kami anggap konten hebat, baca panduan raters kami. Itu seperti hampir 200 halaman hal yang perlu dipertimbangkan: https://t.co/pO3AHxFVrV

Ketiga:

To be really clear, it doesn’t work like that. Raters have no direct input into the algorithm. There’s no “rater score” or anything like that about the sample of pages they review.

— Danny Sullivan (@dannysullivan) August 2, 2018


Terjemahan: Agar benar-benar jelas, Pembahariuan kali ini tidak bekerja dan ditujukan seperti itu. Penilai tidak memiliki input langsung ke dalam algoritma. Tidak ada “skor penilaian” atau hal seperti itu tentang sampel laman yang mereka ulas.

Keempat:

The data helps us understand how updates seem to be performing. It’s like having someone review the food in your restaurant. But they don’t go into the kitchen & make the food. Rater data isn’t a component of the algorithm.

— Danny Sullivan (@dannysullivan) August 2, 2018


Terjemahan: Data membantu kami memahami bagaimana pembaruan berkinerja. Ini seperti meminta seseorang meninjau makanan di restoran Anda. Tetapi mereka tidak pergi ke dapur & membuat makanan. Data penilai bukanlah komponen dari algoritme.

Untuk Lebih Jelas Tentang Pernyataan Tersebut, Simak Penjelasan dari Tweet Bulan Maret Google

Tujuan pengumuman tweet pada bulan Maret sebelumnya adalah untuk menarik perbedaan antara perbaikan harian yang menargetkan area tertentu dan pembaruan algoritme luas yang lebih signifikan yang memengaruhi seluruh algoritme.

“Each day, Google usually releases one or more changes designed to improve our results. Some are focused around specific improvements. Some are broad changes. Last week, we released a broad core algorithm update. We do these routinely several times per year”


“Setiap hari, Google biasanya merilis satu atau beberapa perubahan yang dirancang untuk meningkatkan hasil di mesin pencarian kami. Beberapa akan fokus pada perbaikan spesifik. Beberapa lainnya pada perubahan yang lebih luas. Minggu lalu, kami merilis pembaruan algoritme inti yang luas. Kami melakukan ini secara rutin beberapa kali per tahun ”

Dan yang lebih penting, panduan yang dikeluarkan berkaitan dengan cara menanggapi pembaruan ini.

Berikut adalah teks tweet tindak lanjut dari bulan Maret yang menjelaskan bahwa penurunan peringkat tidak berarti ada sesuatu untuk diperbaiki di situs yang kehilangan peringkat.

“There’s nothing wrong with pages that may now perform less well. Instead, it’s that changes to our systems are benefiting pages that were previously under-rewarded….”


“Tidak ada yang salah dengan halaman/website yang sekarang mungkin berkinerja kurang baik. Sebaliknya, perubahan pada sistem kami menguntungkan laman yang sebelumnya kurang dihargai…. ”

Agaknya pernyataan itu untuk menghadang oportunis di komunitas SEO yang mungkin menggunakan pembaruan sebagai cara untuk memajukan gagasan bahwa ada masalah kualitas tertentu pada suatu situs yang menjelaskan penurunan peringkat.

Sekarang mari kita lihat permasalahan yang membuat heboh

Tidak ada yang salah dengan Situs yang Drop Saat Pembaharuan Terjadi?

Menurut Google, jika situs Anda turun peringkat, itu bukan karena situs Anda memiliki masalah kualitas. Berikut ini saran Google dalam tweet dari 12 Maret 2018.

12 Maret 2018

“There’s nothing wrong with pages that may now perform less well.”


“Tidak ada yang salah dengan halaman yang sekarang mungkin berkinerja kurang baik.”

12 Maret 2018

“There’s no “fix” for pages that may perform less well other than to remain focused on building great content. Over time, it may be that your content may rise relative to other pages.”


“Tidak ada” perbaikan “untuk laman yang kinerjanya kurang baik selain tetap fokus pada pembuatan konten hebat. Seiring waktu, mungkin konten Anda dapat naik relatif terhadap halaman lain. “

28 Maret 2018

“…there’s nothing wrong with pages …there’s also nothing specific for you to be improving for that.”


“… Tidak ada yang salah dengan halaman … tidak ada yang spesifik untukmu untuk memperbaiki itu.”

There’s Nothing to Do ! – Jadi Apa Yang Harus Anda Lakukan?

Selama hampir 20 tahun pengalaman pembaruan dari banyak mesin telusur, termasuk Google, reaksi terbaik tetap konsisten: Tunggu.

Alasan menunggu disini, karena hampir setiap pembaruan besar telah diikuti dengan koreksi, yang disebut Google sebagai penyegaran.

Perlu di ingat, hampir setiap pembaruan besar memiliki kesalahan positif atau terlalu luas. Google kemudian meningkatkan algoritme untuk mengurangi jumlah kesalahan positif ini.

Contohnya seperti Twit Google pada bulan Maret mengenai koreksi dan penyegaran System Algoritma Mereka:

“We will refresh our systems, but there’s also nothing specific for you to be improving for that.”


“Kami akan menyegarkan sistem kami, dan juga tidak ada yang spesifik untuk Anda lakukan.”

Google melakukan kontrol kualitas yang luas sebelum meluncurkan pembaruan besar. Tetapi hampir selalu ada kesalahan positif pada hasilnya di mesin pencarian dan ini pasti tidak mereka inginkan.

Kesimpulan Pembaruan Algoritma Google Agustus 2018 – Inilah yang harus Anda lakukan:

  • Jika website anda berdampak buruk di mesin pencarian, pelajarilah. Cobalah untuk memahami mengapa justru halaman web yang tidak relevan ada di atas anda.
  • Jika situs Anda turun dalam peringkat, Anda Hanya Bisa Menunggu. Hasil pencarian dapat berubah. Perubahan lanjutan mungkin akan dilakukan dalam beberapa hari. Terkadang perubahan terbesar terjadi dalam sepuluh hingga lima belas hari.
  • Kemudian coba pelajari kinerja situs pada situs peringkat atas di Google. Cobalah untuk memahami mengapa situs tersebut (mungkin) lebih relevan. Ini akan memberi Anda wawasan tentang bagaimana perubahan algoritma dan kinerjanya.

Ingat, bukan situs Anda yang melakukan kesalahan. Pelajari SERPs dan cobalah untuk mengidentifikasi mengapa Google berpikir bahwa pengguna dapat memilih situs peringkat teratas.

Semoga Bermanfaat


Disadur dan Diterjemahkan dari : www.searchenginejournal.com

Guest Post Danforblog

One thought to “Fakta & Saran Perbaikan Pada SEO Situs – Setelah Pembaruan Algoritma Google Agustus 2018”

  1. Great beat ! I would like to apprentice at the same time as you amend your site, how could i subscribe for a blog
    site? The account aided me a acceptable deal. I were tiny bit acquainted of this your broadcast provided
    brilliant clear concept

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *