Domain Authority (DA) – Faktor Pengukur Dan Cara Meningkatkannya

Dulu banyak yang bertanya berapa (Page Rank) PR blog mu? tapi setelah Google menghentikan PR ini, kini DA dan PA lah yang jadi barometer. DA menjadi kebutuhan ketika orang ingin bekerja sama untuk iklan online di blog, mereka akan mencari blog yang memiliki skor DA yang bagus.

DA kini telah menjadi pengukur kekuatan nama domain blog kita. Ini berbeda dengan PR, DA skornya dihitung pada skala 100 point. Semakin tingi skor DA blog maka akan semakin bagus.

Domain Authority (DA) - Faktor Pengukur Dan Cara Meningkatkannya
Domain Authority (DA)

Banyak yang bertanya tentang Hal Ihwal mengenai DA ini. DA bukanlah merupakan skala pengukur yang di buat oleh Google, Pada dasarnya skala ukuran ini di prakarsai oleh MOZ.

Domain Authority (DA) – Faktor Pengukur Dan Cara Meningkatkannya 

Faktor Pengukur Domain Authority (DA)

Faktor yang paling berperan dalam penghitungan Domain authority adalah:

a). Link Ke Root Domain

– DA sangat tergantung pada berapa jumlah URL domain backlink ke Root blog kita. 50 link dari 50 domain berbeda adalah lebih baik dari 100 link dari hanya satu domain saja.

b). MOZ Rank

– Mozrank berbasis profik link dengan skor 0-10, lebih tinggi skor lebih baik. Mozrank adalah pengukur kualitas backlink yang di dapat blog kita. Dimana kualitas backlink ini bukan dihitung dari kuantitas semata-mata. tetapi adalah kualitas dari situs yang membacklink.

c). MOZ Trust

– Moztrust adalah untuk mengukur tingkat kepercayaan suatu halaman blog. Bahkan banclink dari ‘Safe Site’ juga diperhitungkan, jika blog anda mendapat backlink dari situs negatif itu akan mempengaruhi.

d). Kualitas Konten

– Isi konten blog yang berkualitas memang sering dikatakan sebagai ‘Raja’ untuk peringkat dalam SEO. Menulis konten yang berkualitas akan menaikkan peringkat.

e). Social Signal

– Banyak yang mengatakan Media sosial banyak memberikan nilai tambah ke situs blog kita, namun juga dapat meningkatkan domain authority. Social Signal berguna untuk memperhitungkan jumlah ‘shares’ dan ‘like’ pada artikel blog kita.

Konsepnya sangat sederhana, ketika ada orang share artikel blog kita di media sosial, itu memberikan makna bahwa orang suka artikel kita, mungkin itu sangat membantu. Dan itulah yang akan memberikan authority.

f). Ramah Mesin Pencari

– Atau yang dikenal sebagai SEO, situs blog yang muncul di SERP untuk suatu pencarian ‘kata kunci’ di ranking yang bagus berarti banyak orang yang membacanya dan artikel itu akan mendapat authority.

Cara Meningkatkan Domain Authority (DA)

Dari Uraian Faktor Pengukur Domain Authority diatas jelas, beberapa cara untuk meningkat DA blog, adalah.

a). MenCari Banyak Backlink ke Blog Anda

– Carilah backlink sebanyak yang anda bisa, namum anda harus tetap memfilternya dan memilah kualitas backlink tersebut..  (Baca : Bagaimana Ciri-Ciri Backlink yang Berkualitas ? )

b). Ambil Sumber Backlink Dari Berbagai Flatform dan Domain

– Link yang baik untuk ini adalah link yang bersumber Dari Berbagai Flatform dan Domain. Cari dari berbagai maca, domain extensions, geo-locations dan sumber-sumber yang IP nya tidak saling berkait.

c). Internal Link Structure

On Page Link juga sangat penting. Coba masukkan 2-4 link dalam artikel blog anda. Buat artikel baru dan masukan link artikel lama, dan publish. Berhati-hati juga dalam penggunaan ‘anchor text’, pastikan anda menggunakan ‘anchor text’ yang bervariasi dan sesuai NICHE dan Keyword anda. (Baca : Tips Meningkatkan SEO Score On Page )

d). Buang ‘Bad Link’
– ‘Bad link’ adalah LINK yang berasal dari situs yang berkualitas rendah menuju kepada blog kita (seperti Situs Porno, Situs Judi, Situs SPAM, Situs Deindex, dll), Coba periksa kembali dengan teliti link link yang diterima blog anda. Gunakan Google Disavow untuk membersihkan pautan negatif ini.

e). Social Media Optimization

Gebcarkan kembali promosi blog anda ke media sosial, jang sungkan untuk melakukan sesesring mungkin, walaupun hanya untuk 1 artikel.

f). Jadikan Blog Di Sukai Pembaca

– Kini mesin pencarian juga menilai bagaimana kesukaan pembaca terhadap konten dari blog anda, makin di sukai pembaca blog anda maka mesin pencari juga akan memberikan rank yang baik, dan tentunya DA akan naik juga.

Cara Memeriksa Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA).

 

Ada beberapa tool yang bis kita guna untuk melihat berapa skor DA dan PA pada blog kita. Yang umum di pakai adalah : https://moz.com/researchtools/ose/

Berapa Skor DA Yang Bagus?

Ini adalah konsep mudah. Makin tinggi skor, makin bagus.

Nah… itulah Domain Authority (DA) – Faktor Pengukur Dan Cara Meningkatkannya, semoga ulasannya bermanfaat, salam danforblogg

2 thoughts to “Domain Authority (DA) – Faktor Pengukur Dan Cara Meningkatkannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *