Cheers – Selamat Ulang Tahun Google Street View Yang ke-10 Tahun

Anda kenal dengan Google Street View? Yah itu adalah fitur tambahan dalam Google Maps, yang memberikan gambaran nyata suatu lokasi kepada user tanpa harus berada di sana. Street View diluncurkan secara resmi pada 10 tahun yang lalu, tepatnya Mei tahun 2007.

Google Street View
Relawan Google Street View

Ide Street View ini datangnya dari pendiri Google, yaitu Larry Page. Dia menciptakan prototipe pertama pada tahun 2004, dengan menempatkan beberapa buah kamera di atas sebuah van. Tapi rekaman resmi pertama dibuat pada tahun 2006, dengan mengambil beberapa gambaran di kota sekitar Amerika. dan Pada Mei 2007, gambaran pertama Street View diterbitkan.

Google Street View
Kronologi Perjalanan Google Street View

Kini setelah 10 tahun, Street View telah merekam gambaran dari seluruh benua di 83 negara, serta di lebih 10 juta mil (> 16 juta km) menggunakan kendaraan Street View. Untuk merekam tempat yang tidak bisa dilalui kendaraan. Seperti di bukit, gunung, padang pasir ataupun di dalam taman, Google menggunakan Trekker, sejenis perekam Street View yang bisa dipakai seperti tas,  Trekker ini juga dapat dimuat di dalam kayak, sepeda dan juga di atas perahu.

VIDEO : CARA MENGGUNAKAN KAMERA GOOGLE STRET VIEW

Kemudian, Google mengadakan Program Pinjaman Trekker pada sukarelawan untuk membangun peta dunia dengan lebih cepat. Banyak relawan bekerjasama dalam progam ini, mengambil gambaran 360-derajat di lokasi yang paling mereka kenali.

Google juga baru mengumumkan lebih dari 20 kamera 360-derajat yang kompatibel dengan Street View. Sekarang siapa pun dapat berkontribusi pada koleksi gambaran panorama Street View, sambil merekam petualangan dan perjalanan dengan gambar kualitas tinggi.

Kamera 360-derajat yang kompatibel Street View
Kamera 360-derajat yang kompatibel Street View

Melalui Google Street View, Dunia semakin mudah ditelusuri. Google Street View tidak hanya memberikan gambaran yang lebih jelas tentang tempat yang akan dikunjungi, tetapi memberi kesempatan untuk mengenang kembali tempat yang pernah dijejaki.

Mudah saja menjelajahi seluruh dunia dengan Google Street View, melalui Google Maps di ponsel pintar Anda. dan kita pantas bererima kasih kepada Larry Page karena membuat Street View menjadi realitas.

SUMBER: Blog Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *