Cara Remove Sinkron Akun Google Di Samsung Galaxy

Cara Remove Sinkron Akun Google Di Samsung Galaxy

Cara remove sinkron akun Google pada smartphone Samsung Galaxy akan penulis bahas pada artikel di kesempatan kali ini. Kondisi ini dilatarbelakangi pada beberapa waktu yang lalu penulis memperoleh kasus dimana smartphone Samsung Galaxy J5 yang lupa pola kunci yang digunakan.

Penulis memang telah mengambil langkah hard reset pada smartphone Samsung Galaxy J5 tersebut lewat menu “Recovery Mode”. Biasanya, smartphone akan bisa normal kembali setelah proses reset selesai.

Cara Remove Sinkron Akun Google Di Samsung Galaxy
Cara Remove Sinkron Akun Google Di Samsung Galaxy

Cara Remove Sinkron Akun Google Di Samsung Galaxy

Nyatanya, setelah Samsung Galaxy J5 di factory reset, pengguna wajib memverifikasi akun Google yang sebelumnya pernah digunakan pada smartphone tersebut. Padahal, pengguna dari smartphone Samsung Galaxy J5 sudah tidak mengetahui email serta password yang sebelumnya digunakan untuk sinkronisasi data. Permasalahan yang sama akan ditemui pada saat pengguna membeli smartphone Samsung Galaxy dalam kondisi second dan melakukan “Factory Reset”.

Permasalahan seperti ini tentunya kerap dialami oleh para memakai Samsung Galaxy, sebab ketika mereka membeli smartphone Samsung Galaxy tersebut, pembeli langsung menyerahkan sepenuhnya proses registrasi email kepada sang penjual. Penjual seringkali tidak memberikan akses email dan password akun Google yang sudah didaftarkan pada smartphone yang dijualnya.

Setelah beberapa bulan dibeli dan digunakan, kadangkala gangguan software terjadi pada Samsung Galaxy, misalnya koneksi internet yang tidak dapat diaktifkan, performa yang semakin menurun. Selanjutnya, pengguna mencoba untuk mendatangi konter kemudian menyampaikan keluhan tersebut. Selanjutnya pihak teknisi dari konter menyarankan agar smartphone Samsung Galaxy dilakukan instal ulang atau flash.

Begitu proses flashing dilakukan oleh teknisi konter dan yang lebih parahnya lagi yaitu melakukan proses hard reset, namun teknisi konter belum memahami mengenai program aplikasi, sebab biasanya begitu dilakukan hard reset, keluhan dari para pengguna smartphone bisa langsung teratasi.

Begitu proses factory reset smartphone Samsung Galaxy selesai dan smartphone dinyalakan bisa dipastikan akan meminta akun Google yang sebelumnya sudah terdaftar pada smartphone tersebut. Jika smartphone di setel ulang, permasalahan baru pun akan muncul sebuah pesan yang intinya meminta verifikasi akun Google anda. Perangkat baru saja di reset dan membutuhkan sinkronisasi pada data sebelumnya.

Bagi anda para pemakai smartphone Samsung Galaxy J5 yang sedang memiliki permasalahan yang sama, di mana setelah anda melakukan factory reset dan ternyata meminta akun Google sebelumnya, silakan anda ikuti terus ulasan berikut ini. Pada tulisan ini, penulis akan mencoba untuk berbagi cara remove sinkron akun Google di Samsung Galaxy agar smartphone anda bisa kembali digunakan setelah dilakukan factory reset atau hard reset.

Bahan yang diperlukan Untuk Remove Sinkron Akun Google Di Samsung Galaxy:

  1. Memory card jenis Micro SD
  2. Kabel USB OTG
  3. Remove FRP lock Samsung

Cara Remove Sinkron Akun Google Di Samsung Galaxy

  1. Langkah awal, ekstrak kemudian copy file remove FRP lock Samsung.apk yang sebelumnya sudah anda download ke dalam micro SD.
  2. Langkah berikutnya, Turn On smartphone Samsung Galaxy anda dan tunggulah sampai pada tahapan meminta verifikasi akun Google anda.
  3. Berikutnya, lanjutkan dengan mengkoneksikan Micro SD ke perangkat Samsung Galaxy memakai kabel USB OTG
  4. Apabila telah terkoneksi, akan dimunculkan isi file dari micro SD, kemudian tujulah pada file remove FRP lock Samsung.apk.
  5. Apabila file yang dimaksud telah ditemukan, lanjutkan tahap instalasi Samsung.apk dan tunggulah sampai proses instalasi benar-benar selesai.
  6. Jika tahapan instalasi sudah selesai, lanjutkan dengan memilih “Open” guna membuka aplikasi remove FRP lock Samsung.apk.
  7. Dengan otomatis, anda akan dibawa pada menu “Setelan” Samsung Galaxy
  8. Pada tahap berikutnya, anda bisa memilih menu “Backup And Reset”
  9. Berikutnya, silakan Anda memilih kembali menu “Factory Data Reset”.
  10. Lanjutkan dengan memilih menu “Reset Device”
  11. Tahap terakhir yaitu dengan memilih “Erase Everything”, kemudian tunggulah sampai proses reset smartphone Samsung Galaxy benar-benar selesai.
  12. Jika proses reset smartphone Samsung Galaxy telah selesai, maka biasanya smartphone akan normal kembali dan bisa digunakan. Apabila anda mem factory reset kembali, akun Google yang sebelumnya Anda masukkan juga tidak akan diminta kembali.
  13. Apabila seluruh langkah diatas telah anda kerjakan dengan benar, maka smartphone Samsung Galaxy anda telah bisa dipakai secara normal.
BACA:  Sejarah Terciptanya Blog / Website

Catatan:

Cara remove sinkron akun Google di Samsung Galaxy yang telah penulis bahas hanya dapat dikerjakan pada security patch 2016 kebawah. Apabila smartphone Samsung Galaxy yang Anda gunakan mempunyai security patch 2016 keatas, anda dapat memakai file FRP yang lebih baru lagi.

Cara Remove Sinkron Akun Google Di Samsung Galaxy Via Odin

  1. Bagian awal yang harus dilakukan yaitu smartphone dalam kondisi mati atau Off.
  2. Selanjutnya, Masuklah ke download Mode pada Samsung Galaxy yang bisa dilakukan dengan cara cara menekan serta menahan secara bersama-sama tiga tombol yaitu “Home + Down + Power”.
  3. Berikutnya, akan ditampilkan peringatan dan selanjutnya tekan kembali tombol “Volume Up” guna melanjutkan kebagian download mode.
  4. Tahap berikutnya, kita bisa beralih ke PC. Jika file firmware FRP reset sudah didownload, lakukan ekstrak file firmware tersebut pada PC. Selanjutnya, anda bisa membuka dan menjalankan aplikasi Odin yang sebelumnya sudah anda download.
  5. Tahap selanjutnya, klik pada tombol, di aplikasi Odin, kemudian masuk ke file firmware FRP reset ke Odin.
  6. Tahap berikutnya, anda bisa klik pada tombol Start di Odin.
  7. Jika proses pada aplikasi Odin sudah berhasil, maka bacaan PASS akan ditampilkan.
  8. Finish

Bagian USB OTG Tidak Bisa Dibaca

Apabila kabel USB OTG tidak bisa dibaca di PC maupun laptop, guna mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan Flash terlebih dahulu memakai firmware paling baru, selanjutnya barulah anda bisa mengikuti beberapa petunjuk seperti yang sudah diolah di bagian depan.

Langkah Menambahkan Akun Google Pada Samsung Galaxy

Apabila seluruh langkah diatas sudah terselesaikan dengan baik dan smartphone Samsung Galaxy anda sudah bisa kembali dipakai, guna mengaktifkan seluruh fitur yang berasal dari produk Google di Samsung Galaxy, anda wajib login terlebih dahulu memakai akun email Google atau akun Google. Caranya yaitu dengan masuk pada menu “Setelan”, kemudian pilih menu “Akun”, lalu tambahkan akun Google milik anda..

Jika anda tidak mempunyai satupun akun Google, anda bisa “Create” terlebih dahulu, kemudian barulah menggunakan Akun tersebut untuk login pada smartphone Samsung Galaxy milik anda.

Cara remove sinkron akun Google di Samsung Galaxy merupakan metode paling jitu untuk mengatasi masalah verifikasi akun Google pada smartphone yang baru saja dilakukan “Factory Reset”. Meskipun terlihat sepele, apabila informasi ini tidak mampu anda praktekkan, maka silakan mempersiapkan dana lebih besar dan bawalah smartphone ke konter HP. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Guest Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *