Cara Menghapus File Widget CSS Bundle Dari Blogger Untuk Mempercepat Loading Blog

Apakah Anda ingin mempercepat Loading situs Blogger Anda? Apakah Anda mencari teknik pengoptimalan Blogger yang dapat membantu mengurangi waktu buka Laman (Page Loading) situs Anda? Dulu saya pernah sangat kerepotan karena File Widget CSS Bundle ini. Perlu diketahui Berkas File Widget CSS Bundle ini ditambahkan secara otomatis ke setiap blog yang memakai platform Blogger. Dan yang membuatnya terlihat buruk adalah, tidak adanya Opsi dalam Menu Blogger untuk menghapus atau menon-aktifkan berkas File Widget CSS Bundle ini sampai sekarang. Namun, di artikel ini, kami akan menunjukkan Cara Menghapus File Widget CSS Bundle Dari Blogger.

Cara Menghapus File Widget CSS Bundle Dari Blogger
Cara Menghapus File Widget CSS Bundle Dari Blogger

Apa itu File Widget CSS Bundle di Blogger ?

Secara default, setiap blog yang berjalan di platform blogger (tidak masalah berjalan di domain gratis atau khusus (TLD)) pasti secara otomatis akan memuat File Widget CSS Bundle blogger ini. Fungsi utama File Widget CSS Bundle ini adalah me-reset style CSS sesuai standar yang ditetapkan oleh Blogger. File ini terdiri dari berbagai elemen CSS seperti Navbar, widget, header dan lain-lain.

Namun, jika Anda menggunakan template Blogger yang dikembangkan khusus oleh Pihak ketiga atau Premium, maka File Widget CSS Bundle ini tidak ada gunanya. Dan berita buruknya File CSS ini akan tetap berada dalam kode sumber blog Anda, serta akan juga menghabiskan banyak ruang, yang secara signifikan mengurangi waktu buka situs.

Mengapa Kita Harus Menghapus File Widget CSS Bundle ?

Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa Anda harus memikirkan untuk menghapus File Widget CSS Bundle ini dari situs blogger Anda:

  • Ketika Anda menggunakan template yang bukan default Blogger, maka tidak ada alasan mengapa Anda tidak boleh menghapus berkas File Widget CSS Bundle ini.
  • Jika Anda menggunakan template Blogger yang dikembangkan khusus, maka menyesuaikan template Anda akan menjadi jauh lebih kompleks. Mengapa? Karena terdiri dari kode CSS yang me-reset elemen yang berbeda di blog Anda dengan gaya default blogger.
  • File Widget CSS Bundle ini mengurangi waktu Loading situs banyak. Tidak percaya..? , coba Lihat di alat uji Google Speed atau Anda dapat melihat screenshot di bawah ini:
Cara Menghapus File Widget CSS Bundle
Screensho Page Insight Google

Bagaimana Menemukan atau Melihat  File Widget CSS Bundle di Blog Anda?

Jika Anda menjalankan situs blogger, Anda dapat dengan mudah menemukan file CSS Bundle ini di kode sumber blog Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk menemukan dengan mudah untuk menemukan file bundel CSS blog:

  • Buka situs Anda di browser (Contoh di bawah menggunakan Google Chrome).
  • Setelah situs Anda dimuat penuh oleh Browser, tekan CTRL + U untuk melihat kode sumber situs Anda
  • Sekarang tekan CTRL + F untuk mengaktifkan bilah pencarian dan cari widget_css_bundle.css
Cara Menghapus File Widget CSS Bundle 2
Screen Shot Sumber HTML blog setelah Menekan CTRL+U

Bagaimana Cara Menghapus File Widget CSS Bundle ini dari Blogger?

Jika Anda ingin menghapus file bundel widget CSS tersebut maka caranya seperti berikut:

Langkah # 1: Pertama, Login ke Blogger.com dan masuk ke Template >> Edit HTML.

Langkah # 2: Sekarang di blogger template html editor, cari awal <head> dan ganti dengan:

Langkah # 3: Sekali lagi, cari akhir </head> dan ganti dengan:

Langkah Terakhir, simpan (SAVE) template Anda dan Anda telah berhasil menghapus file bundel CSS dini ari situs Blogger Anda.

Demikian dan artikel Cara Menghapus File Widget CSS Bundle ini bisa membantu. Salam Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *