Mengatasi Loading HP Yang Berhenti Pada Logo Android

Cara Mengatasi Loading HP Yang Berhenti Pada Logo Android Saja

Tidak bisa dipungkiri, cukup banyak orang yang mencari tutorial cara mengatasi HP yang hanya muncul logo Android saja dan tidak bisa menyelesaikan proses booting. Seperti yang kita ketahui bersama, masing-masing smartphone Android hampir pasti mempunyai keunggulan dan spesifikasi yang berbeda sehingga permasalahan yang muncul juga bisa jadi berbeda-beda.

Para pemakai smartphone Android tentu memilih smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni serta memiliki dukungan multitasking yang maksimal. Akan tetapi, secanggih dan sebagus apapun smartphone yang yang dimiliki, peluang untuk mengalami masalah pastilah ada.

Permasalahan yang dapat terjadi pada smartphone dapat terjadi secara hardware maupun software. Berdasarkan pengalaman, software adalah sumber masalah yang paling sering terjadi pada smartphone, misalnya adalah permasalahan di sistem operasi, bloatware atau aplikasi bawaan dan aplikasi yang diinstal.

Bootloop adalah salah satu dari sekian banyak masalah pada sistem operasi Android yang yang kerap kali membuat jengkel pengguna. Munculnya bootloop pada smartphone Android rata-rata disebabkan oleh anda yang sering mengoprek atau memodifikasi sistem operasi Android smartphone anda. Bootloop juga dijadikan sebagai bagian dari kelebihan dan kekurangan sistem operasi Android.

Terdapat cukup banyak hal yang menyebabkan permasalahan bootloop, contohnya proses upgrade OS smartphone yang mengalami kegagalan, rooting, proses flash firmware yang gagal, smartphone yang terkena virus, dan beberapa penyebab lainnya. Namun, secara umum sumber permasalahan bootloop pada smartphone dikarenakan kegagalan maupun kesalahan pada saat memodifikasi sistem operasi Android agar bisa berjalan lebih cepat.

Adapun tanda-tanda smartphone yang mengalami permasalahan bootloop yaitu pada saat smartphone dinyalakan, smartphone tersebut masuk ke proses booting secara terus-menerus tanpa bisa masuk ke tampilan manu yang sering dikenal dengan istilah idle.

Smartphone tersebut mengalami permasalahan yang disebut bootloop atau smartphone Hang. Loading dan tidak sampai ke ke layar utama. Permasalahan ini tentu sangat mengganggu aktivitas anda yang rata-rata memanfaatkan smartphone sebagai salah satu media untuk bekerja.

Mengatasi Loading HP Yang Berhenti Pada Logo Android
Mengatasi Loading HP Yang Berhenti Pada Logo Android

Jenis Bootloop Pada Android

Membahas mengenai bootloop, mari kita pahami lebih jauh tentang permasalahan tersebut. Pada dasarnya, bootloop dibagi menjadi tiga tipe yang rata-rata dapat terjadi pada smartphone Android. Tiga tipe bootloop tersebut yaitu Android hard bootloop, Android medium bootloop dan Android Light bootloop. Apa sajakah arti dari ketiga jenis bootloop tersebut? Berikut ini adalah ulasan.

Android Hard Bootloop

Permasalahan Android bootloop masuk ke dalam golongan yang sangat sulit, sebab kondisi bootloop pada Android ini ini cukuplah parah. Kegagalan upgrade sistem operasi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan Android hard bootloop. Disamping itu, penggantian stock ROM juga menjadi faktor lain penyebab Android hard bootloop yang menjadikan proses booting menjadi tidak normal.

Android Medium Bootloop

Salah satu hal yang menjadi penyebab Android medium bootloop yaitu Mengubah sistem operasi Android melalui menu Recovery Mode. Menu Recovery Mode merupakan sebuah menu pada sistem operasi Android yang bisa dipakai guna mengatasi sejumlah masalah serta gangguan yang yang ada pada ada perangkat Android. Akan tetapi, kadangkala Menu Recovery Mode tersebut disalahgunakan.

Beberapa jenis penyalahgunaan yang kerap kali dilakukan adalah menginstal script, melakukan rooting dan lain sebagainya. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya booting yang selalu berulang atau bootloop apabila tidak dilakukan dengan hati-hati.

Android Light Bootloop

Android light bootloop adalah sebuah proses booting secara mendadak yang berefek munculnya layar hitam atau black screen selama beberapa waktu. Kadangkala yang ditampilkan hanyalah logo smartphone saja. Kondisi ini rata-rata terjadi pada pemakaian normal yang disebabkan oleh sejumlah kesalahan seperti mengotak-atik sistem utama, bermain game, dan menginstal aplikasi.

Pada sejumlah forum online yang membahas seputar smartphone, cukup banyak pengguna smartphone Android yang menanyakan seputar permasalahan bootloop tersebut. Sejumlah pertanyaan yang kerap kali dilontarkan oleh pengguna adalah “Mengapa smartphone Android saya ketika di ON kan hanya tampil logo Android saja?, “Kenapa smartphone Android saya secara tiba-tiba mati?” dan berbagai macam pertanyaan lainnya.

Mengatasi Loading HP Yang Hang Pada Logo Android
Mengatasi Loading HP Yang Hang Pada Logo Android

Cara Mengatasi HP Yang Hanya Muncul Dan Berhenti Pada Logo Android Saja

Guna menjawab berbagai macam permasalahan seputar bootloop smartphone Android, berikut ini akan penulis coba ulas beberapa cara untuk mengatasi HP yang hanya stuck di logo Android saja.

Cara Mengatasi Bootloop Ringan

Langkah teknis tidak perlu anda kerjakan di dalam memperbaiki smartphone Android yang mengalami permasalahan bootloop ringan. Cara perlu Anda lakukan adalah meng Off kan smartphone Android Anda apabila dalam kondisi hidup. Selanjutnya, lepaskan baterai, kartu SIM dan kartu memori.

Selanjutnya, anda cukup diamkan smartphone dengan durasi antara 30 menit sampai dengan 24 jam. Selanjutnya, anda bisa mencoba untuk memasang kembali berbagai macam bagian yang sudah dilepaskan, kemudian On kan smartphone. Selanjutnya, silakan amati proses booting. Apabila permasalahan bootloop belum bisa teratasi, silakan Anda lanjutkan pada langkah yang yang akan kami ulas selanjutnya.

BACA:  Cara Membuat Aplikasi Android untuk Blog Anda

Menghapus Cache Sistem

Cara paling sederhana dan mudah untuk dilakukan pertama kalinya di dalam mengatasi permasalahan Android bootloop adalah dengan membersihkan file cache di dalam sistem serta memori Android. Lantas, Bagaimanakah cara menghapus cache ke sistem Sementara saya tidak dapat masuk ke dalam menu Android?

Untuk mengerjakan cara ini, anda bisa masuk ke dalam menu Recovery Mode. Menu Recovery Mode pada masing-masing smartphone tentunya berbeda. Sehingga, cara untuk masuk menu Recovery Mode juga tidaklah sama. Anda wajib masuk ke dalam menu Recovery Mode sesuai dengan smartphone Android yang anda pakai.

Sebagai contoh saja, Berikut ini adalah sejumlah langkah masuk ke dalam menu Recovery Mode pada salah satu tipe smartphone.

  1. Tekan secara persamaan “Tombol Power + Volume Ke Bawah” selama beberapa detik sampai ditampilkan logo smartphone di layar.
  2. Berikutnya, lepaskan 2 buah tombol yang anda tekan tersebut.
  3. Berikutnya, akan ditampilkan menu “Recovery Mode”
  4. Tahap selanjutnya, Pilihlah menu “Advanced”, lalu pilih kembali menu “wipe Dalvik cache”
  5. Tahap berikutnya, silakan Anda memilih menu “mount and storage”, kemudian Pilihlah opsi wipe/cache”
  6. Finish

Membersihkan Wipe Cache Partition

Tahap kedua yang bisa anda kerjakan yaitu membersihkan Wipe Cache Partition. Cara ini berguna untuk membersihkan file cache yang ada di dalam partisi memori. Langkah-langkah yang bisa anda kerjakan juga sangat mirip dengan cara menghapus cache sistem, yakni harus masuk pada menu Recovery Mode. Secara umum, cara ini dikerjakan untuk memperbaiki smartphone yang mengalami bootloop tipe sedang atau medium.

Langkah-langkah yang bisa Anda coba kerjakan adalah sebagai berikut:

  1. Tekan kombinasi “Tombol Power + Volume Ke Bawah” selama beberapa detik hingga ditampilkan logo Android atau logo smartphone pada ada layar HP anda.
  2. Selanjutnya, lepaskan kedua tombol, nantinya, menu Recovery Mode akan ditampilkan.
  3. Pilihlah menu “Wipe Cache Partition”
  4. Akan dimunculkan sebuah pesan konfirmasi, anda cukup memilih menu “Yes” saja
  5. Finish

Factory Reset Atau Wipe Data

Metode yang ketiga adalah dengan cara factory reset/ hard reset atau wipe data. Metode ini rata-rata dikerjakan guna mengatasi permasalahan hard bootloop atau bootloop berat guna menghilangkan berbagai macam virus smartphone Android yang cukup berbahaya yang kerapkali menjangkiti smartphone android anda.

Metode yang sama juga dapat dikerjakan sebagai langkah di dalam menghapus berbagai macam akun yang ada di dalam smartphone, termasuk di dalamnya untuk mereset data pada smartphone android anda.

Sangat disarankan untuk mem-backup berbagai macam file penting anda dari internal memori kedalam eksternal memori smartphone Anda sebelum melakukan hard reset atau factory reset. Ingat, factory reset akan menghilangkan semua data yang ada di dalam internal memory. Simpanlah data backup anda secara hati-hati agar tidak hilang.

Beberapa langkah proses Back Up Dan Hard Reset bisa dilakukan sebagai berikut

  1. Langkah pertama, tekan kombinasi “Tombol Power + Volume Ke Bawah” selama beberapa detik sampai ditampilkan logo Android pada layar smartphone anda.
  2. Setelah tampil logo Android pada layar, silakan Anda lepaskan kedua tombol yang anda tekan tersebut. Berikutnya, menu Recovery Mode akan ditampilkan
  3. Langkah selanjutnya, Pilihlah pada menu “Backup And Restore”, kemudian Pilihlah menu “Backup”
  4. Langkah berikutnya, Pilihlah menu “Wipe Data/Factory Reset”
  5. Apabila di tampilkan sebuah pesan konfirmasi, Pilih Saja “Yes”
  6. Tunggulah beberapa saat hingga proses selesai.

Proses Install Firmware Atau Flashing

Metode terakhir yang bisa dikerjakan untuk mengatasi permasalahan Android bootloop adalah dengan melakukan instal ulang ROM atau flashing. Pastikan anda sudah mempunyai stock RAM atau firmware yang sesuai dengan tipe smartphone Android yang anda pakai sebelum anda melakukan flashing atau install firmware.

Apabila anda belum mempunyai firmware yang pas dengan smartphone anda, anda bisa mencarinya lewat mesin pencari Google. Kata kunci yang bisa anda gunakan menyesuaikan tipe smartphone Android yang digunakan. Contohnya, apabila anda menggunakan smartphone Xiaomi Mi3, gunakan kata kunci “firmwares Xiaomi Mi3”.

Proses atau metode flashing cukuplah beragam dan bisa dilakukan menggunakan berbagai macam alat dan software, mulai dari komputer, flashing tool, Odin, langsung lewat SD card dan berbagai macam teknik lainnya.

Cukup beragam cara mengatasi HP yang hanya muncul dan berhenti dilogo Android saja. Teknik yang bisa anda gunakan tentu menyesuaikan kondisi bootloop yang terjadi, apakah masuk ke dalam bootloop ringan, bootloop sedang atau bootloop berat. Setidaknya, jika anda mampu menguasai cara mengatasi permasalahan ini, anda tidak perlu repot pergi ke teknisi HP dan penghematan biaya akan didapat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Guest Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *