Cara Memindahkan File Aplikasi, Game, Foto Dan Video Dari Memori Internal Ke Eksternal Pada Android

Cara Memindahkan File Aplikasi, Game, Foto Dan Video Dari Memori Internal Ke Eksternal Pada Android

Jika memori internal pada smartphone anda sudah mulai penuh, solusi yang bisa ditempuh adalah memindahkan file dari memori internal smartphone ke eksternal. Memori internal yang terlalu penuh memiliki efek memperlambat performa dari smartphone itu sendiri. Hal ini telah penulis buktikan pada saat internal memory smartphone tinggal beberapa MB apa saja, performanya turun dengan drastis.

Setelah kita mengetahui efek dari internal memory yang terlalu penuh, alangkah baiknya kita memindahkan berbagai macam file (Aplikasi, game, foto, video, document, dll) dari internal memory ke external memory atau sering dikenal dengan istilah SD card. Selain menjadi lebih longgar, memindahkan file dari memori internal menjadikan performa smartphone menjadi lebih meningkat.

Aplikasi pihak ketiga seperti Astro File Manager adalah aplikasi yang cukup populer untuk memindah file serta aplikasi Android ke dalam memori eksternal. Akan tetapi, di kesempatan kali ini penulis akan mencoba membahas materi yang berbeda, yakni cara memindahkan file tanpa memakai bantuan aplikasi pihak ketiga, cukup memakai metode standar, yakni dengan menggunakan fasilitas yang ada di dalam smartphone itu sendiri.

Sebelumnya, perlu kita ketahui bersama bahwa tidak semua tipe file baik berupa video, foto, dokumen dan lain sebagainya bisa dipindahkan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Kadangkala, kita tetap memerlukan aplikasi pihak ketiga seperti Astro Manager File pada aktivitas pemindahan file, kecuali sejumlah aplikasi yang berasal dari Google Playstore yang dapat kita pindahkan lewat setting aplikasi.

Cara Memindahkan File Aplikasi, Game, Foto Dan Video Dari Memori Internal Ke Eksternal Pada Android
Cara Memindahkan File Aplikasi, Game, Foto Dan Video Dari Memori Internal Ke Eksternal Pada Android

Penggunaan SD Card sebagai tempat menyimpan file-file pada smartphone juga memiliki efek mengamankan data dari kemungkinan crash atau rusaknya OS. Ketika OS Android mengalami kerusakan dan harus di “Factory Reset”, maka seluruh data yang tersimpan pada SD Card masih bisa diselamatkan dengan mudah.

Berbeda halnya jika data-data penting (Video, Foto, Dokument, APK, dll) anda tersimpan pada internal memory. Jika smartphone terpaksa harus di Factory Reset, maka data tersebut juga akan ikut lenyap. Sangat beresiko tentunya.

Cara Memindahkan File Aplikasi Dan Game Di Smartphone Android Ke External Memory

Pada dasarnya, file yang dapat dipindahkan ke SD card tidak hanya terbatas pada ada file Aplikasi dan Games aja, namun juga sejumlah aplikasi fotografer dan sosmed. Teknik yang digunakan juga sama dan akan penulis bahas pada bagian berikut ini.

  1. Langkah pertama, pada Silakan masuk pada menu “Pengaturan” atau “Setting” pada smartphone anda
  2. Selanjutnya, pilihlah pada submenu yang bernama “Manajer Aplikasi”
  3. Kemudian, silahkan anda pilih aplikasi apa saja yang hendak dipindahkan ke external memory atau SD card.
  4. Lanjutkan dengan klik lama aplikasi yang hendak dipindah, nantinya akan dimunculkan opsi “Pindahkan ke kartu SD”. Klik tombol tersebut untuk melanjutkan.
  5. Silakan Anda tunggu hingga proses pemindahan benar-benar selesai. Selanjutnya, untuk memastikan, cek kembali kapasitas internal memory smartphone anda dan pastikan “free space” telah bertambah. Jika ruang kosong pada internal memory anda telah bertambah, maka anda ada sudah berhasil mempraktekkan cara memindah aplikasi dari internal memori ke eksternal memori.
BACA:  Samsung Akan Rilis Dua Smartphone Yang Bisa Dilipat Tahun 2017

Cara Memindah File Video Dan Foto Dari Internal Memory Ke External Memory

Memindahkan file video dan foto tentunya berbeda cara dengan memindahkan file aplikasi dan game seperti yang sudah dibahas di bagian sebelumnya. Walaupun pada dasarnya, perbedaan proses pemindahan jenis file tersebut hanya sedikit saja dan secara inti sama saja. Silakan anda simak tutorial berikut ini untuk memahami perbedaan yang dimaksud.

  1. Tahap pertama, masuklah pada menu Galeri, kemudian Pilihlah video maupun foto yang hendak dipindahkan ke SD card.
  2. Selanjutnya, berikan tanda pada sejumlah video atau foto yang hendak dipindahkan, lalu lanjutkan dengan klik menu “titik tiga” yang berada di bagian pojok kanan atas. Salah satu menu yang ditampilkan adalah opsi “Pindah”. Silahkan anda klik menu tersebut.
  3. Berikutnya, masuklah pada kartu SD card dengan cara memilih Icon dengan bentuk seperti kartu Micro SD
  4. Apabila file video atau foto yang hendak dipindahkan berukuran cukup besar atau jumlahnya lumayan banyak, anda juga bisa Sambil “Ngopi” atau “Nge teh” supaya tidak bosan menunggu karena kadang kala prosesnya cukup lama.
  5. Tahap yang terakhir adalah mengecek kembali apakah terdapat penambahan “Space” pada internal memori. Jika Iya, maka pekerjaan Anda di dalam memindahkan file video dan foto telah berhasil.

Cara memindahkan file aplikasi, video dan foto yang sudah penulis bahas diatas merupakan cara yang cukup sederhana dan bisa dikerjakan oleh siapa saja, termasuk bagi para pemula pengguna smartphone berbasis Android. Apabila Anda menemukan kesulitan di dalam mempraktekkan tutorial ini, anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Astro File Manager. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang cukup powerfull di dalam menu file pada smartphone Android. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Guest Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *