Backlink dan Pengaruhnya Pada Laman Web serta Cara Mendapatkannya

Apakah Backlink Bisa Mempengaruhi Rangking Blog ?

Backlink tidak hanya mempengaruhi rangking Anda di SERP‘s (Search Engine Results Page) tapi juga membantu anda dalam membangun peringkat halaman web Anda. Aturan ini dijalankan oleh mesin pencari seperti; Google, Bing dan Yahoo. Baidu, Yandex dan mesin pencari lain.

Backlink dan Pengaruhnya Pada Laman Web
Backlink

Bagaimana Mesin Pencari Memperlakuakn Backlink ?

Mesin pencari akan mengunjungi suatu laman dalam suatu situs dalam waktu tertentu dengan merayapinya dengan system algoritma tertentu yang disebut Spiders atau Bots. Teks dalam laman web tersebut akan di rayapi Spiders atau Bots tersebut seperti mesin photo copy yang melakukan scanning pada suatu halaman berisi teks, dan Ketika Spiders atau Bots menemukan hyperlink, maka Bots akan memakai link tersebut sebagai jalan, berangkat menuju sasaran yang di tunjukkan Link. Sehingga jika ada tiga link yang ditemukan di web lain dan itu mengarah pada laman di web anda, Maka Anda akan memiliki tiga Nilai dari mereka. Dengan cara demikian, semakin banyak backlink untuk Anda, semakin banyak kesempatan Anda untuk mendapatkan nilai rangking yang baik.

Kualitas Backlink ?

Namun kualitas backlink juga berperan, Backlinks yang buruk dan tidak berguna justru bisa menurunkan Nilai dan sangat berpengaruh buruk pada SEO web Anda. Untuk lebih jelasnya kuliats Backlink bisa kita bagi sebagai berikut:

  • Good Backlinks (Backlink Yang Baik): Tautan yang diperoleh dari situs web asli dengan reputasi bagus dan memberikan hyperlink ke situs web Anda sebagai Dofollow dapat dianggap sebagai Good Backlink.
  • Bad Backlinks (Backlink Yang Buruk): Tautan yang bisa didapat dari situs murahan atau situs black hat spam sering dianggap sebagai Bad Backlinks. Mereka tidak akan pernah melakukan sesuatu yang baik pada situs yang menerima backlink dari mereka, namun justru malah akan menghancurkan reputasi situs anda, jadi hati hati dengan backlink model ini.
  • Useless Backlinks (Backlink Tak Berguna): Beberapa situs menggunakan hyperlink ke situs-situs lain namun bukan Dofollow. Akibatnya link tersebut dianggap sebagai Nofollow dan tidak dihitung oleh search engine bots. Jenis link ini tidak membahayakan Anda dan juga tidak memiliki reputasi apapun ke situs Anda.

Bagaimana Mendapatkan Backlink dengan Mudah dan Gratis?

  • Link Partnership: Menempatkan link dari situs lain dan balasannya mereka juga akan memberikan backlink pada anad.
  • Guest Post: Pada tulisan tilisan hasil guest Post penulis memiliki kesempatan untuk menautkan situsnya baik di Author Bio atau dalam deskripsi. Dan Ini dianggap sebagai Backlink.
  • Submit Link Ke Article directories: Ada beberapa direktori artikel di internet yang bisa anad gunakan untuk berbagi artikel, sehingga saat artikel tersebut terindeks, dan pada gilirannya hyperlink yang anda masukkan juga akan terindeks. Google menganggap ini sebagai backlink.
  • Forum:  Bergabung dengan forum dengan bahasan yang serupa dengan topik situs anda, juga bisa membantu memperbaiki reputasi online dan reputasi Blog Anda.
  • Komentar di Situs Web: berkomentar juga bisa menjadi pilihan di mana Anda dapat menggunakan URL Anda dalam bentuk komentar. Jika situs web tersebut adalah Dofollow, maka Anda akan mendapatkan backlink dari itu jika komentar Anda disetujui. Namun jangan pernah melakukan SPAM (Baca Juga: Pengaruh Link Komentar SPAM Terhadap Blog dan Cara Mematikan-nya ), jika situs web tidak mau memberikan do follow dan tidak memperbolehkan menautkan link di komentar, tinggalkan saja, karena di luar sana masih banyak yang lain.

Semoga Bermanfaat dan Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *