Apakah Blog Anda Sudah Responsif ?

Apakah Blog Anda Sudah Responsif ? Terhitung tanggal, 21 April 2015 lalu, Google mengumumkan bahwa semua website harus mobile responsif. Semenjak itu Google juga sudah melakukan perbaikann di algoritme-nya sehingga rangking situs web yang responsif semakin membaik dan sebaliknya situs yang tidak responsif mengalami degradasi. Terlepas dari keputusan yang dibuat Google tersebut, bahwa memiliki situs web yang responsif adalah ide yang sangat bagus karena peselancar web seluler menyumbang sekitar sepertiga dan setengah dari semua lalu lintas web. (Baca: Jumlah Pengguna Tablet dan Ponsel Telah Melebihi Pengguna PC Desktop di Internet)

Apakah Blog Anda Sudah Responsif
Apakah Blog Anda Sudah Responsif

Apakah Blog Anda Sudah Responsif

Tentu saja, ada baiknya dan bagus untuk mengatakan “situs web Anda harus responsif,” namun Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan tambahan. Mari kita lihat beberapa dari mereka dan temukan jawabannya.

Apa itu arti dari Responsive ?

Desain web yang responsif adalah situs web yang bisa menyesuaikan diri dengan ukuran tampilan gadged pengunjung. Beberapa tahun yang lalu, ketika perangkat seluler pertama kali mulai masuk internet, perancang masih membuat situs web biasa dan situs web mobile yang sama sekali berbeda. Namun ternyata hal tersebut justru menimbulkan kerepotan.

Situs web responsif adalah situs yang menyesuaikan diri dengan ukuran layar Handphone atau Gadget. Sekarang ada banyak variasi ukuran layar  di antara perangkat mobile.

Mengkodekan tampilan ponsel mungkin agak sulit, namun jika Anda menggunakan WordPress, Blogger, atau beberapa mesin situs web lainnya, biasanya mereka akan menangani masalah ini untuk Anda. Anda hanya perlu men-tweak beberapa grafis untuk membuat semuanya bekerja responsif.

Bagaimana Saya Tahu Jika Situs Saya Responsif

Ada beberapa cara untuk menguji situs web Anda responsif atau tidak. Yang pertama adalah, tentu saja, dari Google.

Apakah Blog Anda Sudah Responsif
Google Mobile-Friendly Test

Mobile-Friendly Test dari Google akan memberi Anda jawaban cepat apakah situs anda resposnif atau tidak. Untuk jelasnya silahkan coba men Test situs web atau blog anda dari Link ini: https://search.google.com/test/mobile-friendly. Seiring waktu banyak toool yang sudah tersedia untuk melakukan pengujian ini, namun tentu saja kita lebih merekomendasikan tool yang disediakan Google, karena standard nya memang mereka yang membuat.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Tema Responsif?

Jika Anda adalah pengguna Blogger, Saat ini template Blogger sudah responsif secara default. Namun, karena template situs bawaan blogger terlalu standard, mungkin kita ingin memakai template yang dibuat oleh pihak ketiga (Gratis atau premium). Berita baiknya adalah sebagain besar template yang dibuat setelah pengumuman Google tersebut adalah responsif, namun anda tetap perlu untuk memeriksa situs Anda menggunakan link di atas, setelah anda mengganti template nya. Baca juga: Cara Mengganti Template Hasil Download untuk Blogspot

Untuk WordPress dan CMS lainnya ‘(sistem manajemen konten,) carilah tema yang bertuliskan “responsif” dalam keterangannya.

Bertindaklah Cepat

jika blog Anda memakai salah satu platform CMS utama (WordPress, Blogger, Joomla, Drupal, dll.), beralih ke tema responsif adalah cepat dan mudah. Namun  Jika Anda memiliki situs HTML dengan kode manual, Anda mungkin harus melakukan usaha dan melakukan upgrade karena alasan lain selain hanya menjadi responsif.

Jadi, Apakah Blog Anda Sudah Responsif ? Dan apa tema WordPress favorit anda atau template Blogger?Silahkan berkomentar.

One thought to “Apakah Blog Anda Sudah Responsif ?”

  1. Info yang bermanfaat…
    Anda mungkin ingin mengunjungi situs ini juga!
    _kotasolokuliner.blogspot_co_id

    Joint me : _kotasolokuliner.blogspot_co_id/p/blog-page_28.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *