Apakah Backlink Nofollow Bagus untuk SEO ?

Nofollow vs Dofollow merupakan topik perdebatan yang tak ada habisnya di kalangan blogger. Semua orang di dunia blogging sepertinya menunjukkan ketertarikan hanya pada tautan balik dofollow, hal ini dapat dimengerti karena DoFollow Link dianggap Google sebagai satu “Votes” untuk kredibilitas blog, dan dengan demikian akan meningkatkan peringkat di SERPs. Tapi bagaimana dengan “Nofollow” backlink. Apakah jenis link ini tidak berguna untuk SEO?

Apakah Backlink Nofollow Bagus untuk SEO
Backlink Nofollow

Apa itu link dofollow?

“Dofollow” sebenarnya adalah atribut HTML yang menawarkan “link juice” dan dengan demikian menginstruksikan mesin pencari untuk mengenalinya sebagai suatu kredibilitas. Mesin pencari akan memberi peringkat pada sebuah situs, dengan melihat berapa banyak inbound link yang dimiliki sebuah halaman dan dari situs apa. Jika Anda memiliki blog yang memiliki begitu banyak do-follow backlink dari blog otoritas terpercaya dan memiliki niche yang sama dengan Niche blog Anda, maka blog Anda akan berada di peringkat yang lebih tinggi di SERPs.

<a href=”http://www.domain.com” rel=”external”>CONTOH-1 </a>
<a href=”http://www.domain.com”>CONTOH-2</a>

Tautan di atas adalah contoh Link dofollow. Jika tidak ada atribut “rel” di link, itu juga akan diperlakukan sebagai link dofollow.

Link balik dofollow dari situs yang tidak relevan sangat berbahaya bagi SEO. Google dapat menghukum Anda atas tindakan ini.

Apa itu link nofollow?

“Nofollow” juga merupakan atribut HTML yang diperkenalkan oleh google pada tahun 2005 untuk memberantas komentar spam di blog. Dan sekarang digunakan untuk mengidentifikasi link yang tidak dapat dipercaya dan dengan demikian tidak menambahkan nilai SEO. Singkatnya, link nofollow memberitahu bot search engine untuk tidak mengikuti link. Contoh link seperti di bawah ini:

<a href=”http://www.domain.com” rel=”nofollow”>CONTOH-1 </a>
<a href=”http://www.domain.com” rel=”external nofollow”>CONTOH-2 </a>

Bagaimana Search Engine Memperlakukan Dofollow dan Nofollow Links?

  • Google, mereka memperlakukan Link “nofollow” dengan serius dan sama sekali tidak akan mengikuti link tersebut. Namun, Logika Sebenarnya adalah, google pasti mengikuti link tersebut hanya saja tidak akan di indeks.
  • Yahoo juga mengikuti pendekatan sama dengan Google. Itu berarti bot search engine Yahho juga akan mengikuti link nofollow namun tidak mempertimbangkannya dalam perhitungan ranking mereka.
  • Bing tidak menghitung “nofollow” link untuk peringkat situs apapun dan tidak jelas apakah mereka mengunjungi link tersebut atau tidak.

Baca Juga :
3 Tips Dalam Mengfungsikan Link Exchange
4 Situs Penyedia Backlink Untuk Meningkatkan Trafik Blog Anda
Pengaruh Link Komentar SPAM Terhadap Blog dan Cara Mematikan-nya

Apakah link nofollow bagus untuk SEO?

Google bukanlah robot yang bodoh dan kaku dalam hal pemberian peringkat sebuah situs web hanya berdasarkan link Do Follow. Google sangat menyukai link natural yang sehat baik dari link dofollow dan juga dofollow.

Link nofollow memang secara langsung tidak menambahkan nilai seo tapi tetap saja bisa mendatangkan traffic dan Popularity ke website anda sehingga bukan berarti Jenis ini tidak berguna.

Inilah pentingnya backlink nofollow yang sering dianggap sebagai tidak perlu atau hanya buang-buang waktu.

Bila anda berkomentar di blog lain maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan nofollow backlink, Nampaknya sia sia dan tak berguna karena ini adalah backlink nofollow.

Tapi dengan menghindari aktivitas ini Anda menghindari atau kehilangan link popularity.

Sekarang apa itu link popularity ?

Link popularity adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan hubungan timbal balik antara dua objek. Berarti bagaimana dua situs terhubung satu sama lain dengan link.

Nofollow backlinks membantu Anda membuat popularitas link Anda kuat dengan memberi Anda link balik yang relevan.

Jadi jika Anda tidak membuat backlink hanya karena situs tersebut memberi Anda backlink nofollow maka mulailah membuat backlink dari situs yang relevan dan segera Anda akan melihat peningkatan besar di blog Anda.

Apa yang Terjadi Jika Situs Memiliki Banyak Backlink Nofollow?

Atribut “nofollow” mengirimkan pesan ke mesin pencari agar tautannya tidak deteksi atau dengan kata lain Link Anonimous. Matt cutts mengatakan “tautan balik nofollow tidak akan membahayakan peringkat situs Anda”. Namun, jika situs memiliki memiliki banyak backlink nofollow dari situs lain, ini sangat berbahaya karena semua situs secara tidak langsung mengatakan kepada google bahwa situs Anda tidak dapat dipercaya.

Mari kita lihat video penjelasannnya oleh Matt Cutts:

Matt cutts juga mengatakan, hal itu mungkin akan berubah seiring waktu dan  terus di perbaharuinya algoritma Google dan ketika beberapa jenis celah spam baru mulai dikenali dan terdeteksi.

Namun…, Selama Anda memposting konten berkualitas, membangun lalu lintas langsung dan tidak menggunakan sesuatu yang mengganggu, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dengan Backlink nofollow.

2 thoughts to “Apakah Backlink Nofollow Bagus untuk SEO ?”

  1. Matt cutts juga mengatakan, hal itu mungkin akan berubah seiring waktu dan terus di perbaharuinya algoritma Google dan ketika beberapa jenis celah spam baru mulai dikenali dan terdeteksi.

    Namun…, Selama Anda memposting konten berkualitas, membangun lalu lintas langsung dan tidak menggunakan sesuatu yang mengganggu, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dengan Backlink nofollow.

  2. kalau nofollow link dalam template blog sendiri atau bawaan dari blog apakah tidak masalah jika di ubah menjadi dofollw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *