Anda Sebagai Pengguna Harus Tahu Sejarah Handphone / Ponsel

Oke… setelah sebelumnya danforblogg membahas tentang: Sejarah berdirinya Android, Operating System yang saat ini merajai perangkat Seluler, sekarang kita bahas mengenai Sejarah Handphone atau Ponsel.

Sejarah Handphone
Sejarah Handphone / Ponsel

Sejarah Handphone / Ponsel

Sejarah handphone / ponsel diawali di tahun 1910 dimana pada tahun tersebut Lars Magnus Ericsson sebagai pemilik perusahaan Ericsson menciptakan cikal bakal telepon seluler. Saat ini perusahaan Ericsson sendiri  telah berganti nama dengan Sony Ericsson. Pada mulanya, warga negara Swedia itu membangun perusahaan Ericsson yang menitikberatkan pada lini bisnis perlengkapan telegraf. Di waktu itu perusahaan Ericsson tak begitu besar dibandingkan dengan perusahaan lain.

Di thn. 1921 untuk kali pertama Departemen Kepolisian Detroit Michigan memanfaatkan telepon mobile yang terdapat pada setiap kendaraan kepolisian dan memanfaatkan frekuensi 2 MHz. Di thn. 1960, di wilayah Finlandia satu perusahaan dengan nama Fennis Cable Works dimana awalnya berusaha dalam bisnis di bidang kabel, membuat ekspansi lewat membuka lini perusahaan elektronik dengan nama Nokia dan memfokuskan pada produksi telepon seluler.

Di thn. 1970an kemajuan teknologi telepon mobile telah mencapai titik yang mengesankan dengan adanya dominasi oleh tiga vendor besar yakni di wilayah Eropa lewat perusahaan Nokia dan Ericsson serta di wilayah Amerika Serikat lewat perusahaan Motorolla. Di thn. 1969, sistem telekomunikasi seluler telah mulai dikomersialkan dan pada tahun 1970, telekomunikasi seluler kian kerap diperbincangkan masyarakat. Motorolla mempopulerkan handphone 3 tahun berikutnya. Dimensinya memang lumayan besar menggunakan antena pendek. Hadir juga telepon genggam berukuran sebesar tas koper. Dr Cooper sebagai manajer proyek inovasi Motorolla dikala itu menempatkan beberapa base station di beberapa tempat di New York. Pada proyek itu Motorola berkongsi bersama perusahaan Bell Labs.

Dan penemuan berikut ini diklaim menjadi penemuan telepon genggam pertama. Pada suatu pagi tanggal 3 April 1973, Dr. Cooper yang ketika itu menjabat menjadi general manager untuk Divisi Communication Systems Motorola memperlihatkan cara berkomunikasi “asing” untuk situasi kala itu dari terminal telepon portable. Ia menjajal telepon genggam ‘raksasa’ sembari berjalan di sejumlah tempat di New York. Itulah waktu pertama telepon genggam diperlihatkan dan difungsikan di hadapan umum. Pada “show” tersebut, Dr. Cooper memakai telepon genggam seberat 30 ounce atau kurang lebih 800 gram atau 10 kali lipat lebih berat bila dibandingkan umumnya telepon genggam yang beredar sekarang ini.

Begitulah Kira kira, salam danforblogg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *