9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula

Seiring berkembangannya teknologi internet, berbagi informasi dengan orang lain menjadi jauh lebih cepat dan mudah. Kamu dapat berbagi informasi dalam media apapun, baik itu tulisan, gambar, animasi bahkan dalam bentuk video.

Khusus pembahasan kali ini saya akan membahas tentang berbagi informasi melalui media video. Aktivitas ini biasa di kenal dengan istilah vlog. Dan orang yang melakukan vlog disebut dengan vlogger. Biasanya para vlogger membagikan video hasil karyanya dalam sebuah saluran channel di situs video seperti Youtube, Dailymotion, Vimeo dan lainnya.

9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula
9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula

Salah satu kendala menjadi seorang vlogger adalah sulitnya membuat video yang menarik dan edukatif. Sehingga banyak para pemula mengurungkan niatnya untuk menjadi seorang vlogger. Bahkan dampak buruk yang paling parah mereka malah memilih cara instant yang illegal, yaitu menjadi reuploader video milik creator lain.

Sungguh sangat di sayangkan bukan? Dari awalnya yang niatnya berbagi infomasi malah mencuri hak cipta hasil kreasi vlogger lain.

Karena alasan itulah, artikel ini tercipta.

Sebenarnya menjadi seorang vlogger itu mudah, apalagi dapat membuat video sendiri yang informatif. Pasti kamu akan sangat senang dan bangga, jika video hasil kreasimu mendapat view yang banyak dan respon positif dari para audience. Hal yang wajib kamu ketahui adalah peralatan tempur untuk membuat video tersebut.

Tool Wajib yang digunakan oleh Vlogger Pemula

Sebelum membuat video langkah pertama yang wajib kamu tentukan adalah tema video yang akan kamu buat. Supaya lebih mudah di pahami, di sini saya akan memberikan contoh ilustrasi pembuatan video untuk vlogger dengan tema video review aplikasi dan game Android.

Berikut ini adalah 9 tool wajib yang digunakan oleh seorang vlogger

#1 Perangkat Komputer atau Smartphone Android

9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula 1

Perangkat pertama yang perlu kamu siapkan adalah sebuah PC atau smartphone Android. Kamu dapat memilih salah satu saja. Perangkat ini nantinya akan di gunakan sebagai mediator untuk melakukan proses perekaman, pengenditan dan upload.

Agar lebih leluasa saya sarankan menggunakan perangkat komputer saja. Tapi itu hak kamu untuk memilih, jika lebih nyaman menggunakan ponsel Android maka silahkan gunakan. Untuk hal ini di buat fleksibel saja.

Hanya saja yang perlu kamu perhatikan adalah spesifikasi minimal dari komputer atau hp yang kamu milki. Untuk komputer saya sarankan minimal RAM 4 GB dan core i3, sedangkan untuk HP minimal RAM 2 GB supaya tidak lemot.

#2 Aplikasi Screen Recorder

9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula 3

Untuk membuat video kamu tidak harus mempunyai kamera dslr atau kamera digital. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi perekam layar saja.

Ada banyak aplikasi perekam layar komputer yang ada di luaran sana, baik itu untuk PC atau smartphone. Aplikasi tersebut lisensinya yang berbayar dan gratis.

Aplikasi screen recorder yang di PC misalnya Camtasia (berbayar) dan Camstuido (Gratis). Sedangkan untuk di Android kamu bias menggunakan aplikasi AZ recorder dan DU Recorder, keduanya ada di Google Play Store.

#3 Aplikasi Emulator Android

9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula 3

Sesuai tema yang sudah di tentukan di atas, kita akan membuat video tentang review aplikasi games dan apps Android. Maka, setidaknya kamu harus menyediakan emulator Android untuk menjalankan aplikasi Android melalui komputer.

Aplikasi ini sifatnya relatif, khusus untuk kamu yang memilih menggunakan perangkat komputer pada poin pembahasan nomor 1 di atas. Sedangkan, untuk kamu yang memilih menggunakan smartphone tidak perlu.

Perlu di ketahui bahwa aplikasi emulator ini sangat berat, jadi kamu harus pintar memilih aplikasi yang cocok dengan komputermu. Agar tidak salah pilih, mungkin referensi tentang emulator android terbaik dari pilihan editor ini dapat membantumu.

#4 Mikrofon

9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula 4

Hal lain yang penting dalam pembuatan video vlog adalah voiceover, yang mana berfungsi sebagai perantara penyampaian informasi antara kamu dengan audience melalui video yang kamu buat. Karena hal itu kualitas suara dari voiceover ini harus jernih dan jelas.

Untuk membua voiceover, kita membutuhkan alat berupa microphone. Kamu dapat membeli mikrofon murah dengan kualitas bagus di market place seperti di tokopedia atau lazada.

#5 Aplikasi Audio Recoreder

9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula 5

Setelah kamu mempunyai mikorofon yang bagus untuk melakukan voiceover, tentunya kamu juga membutuhkan aplikasi perekam audio. Biasanya aplikasi perekam audio ini sudah include di dalam aplikasi screen redorder. Namun, agar kualitasnya lebih baik saya sarankan menggunakan aplikasi terpisah saja.

Ada banyak aplikasi perekam audio yang tersedia di luar sana. Untuk di PC kamu dapat menggunakan Audacity dan untuk di Android kamu dapat menggunakan aplikai parrot screen recorder.

#6 Aplikasi Video Editor

9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula 6

Setelah selesai melakukan perekaman menggunakan screen recorder, tentunya video yang kita rekam tersebut tidak dapat langsung kamu upload.

Alasan sederhana, meskipun informasi sudah di rekam namun video masih kurang menarik. Jadi, kamu harus melakukan proses pengeditan terlebih dahulu.

Pengeditan ini dapat berupa, menambahkan intro, menambahkan transisi, menambhakan suara, menambahkan anotasi dan lainnya.

Untuk aplikasi video editor di pc kamu dapat menggunakan aplikasi seperti Adobe After Effect, Adobe Premeire, Wondershare Filmora dan blender. Sedangkan untuk di Android, kamu dapat menggunakan aplikasi sejenis Kinemaster.

#7 Audio Editor

9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula 7

Meskipun kamu menggunakan mikrofon bagus saat melakukan rekaman voiceover, setidaknya masih ada suara noise yang kurang jernih. Untuk itulah kamu perlu melakukan editing audio yang sudah terekam tersebut.

Untuk aplikasi editing suara saya menyarankan menggunakan aplikasi yang bernama Audacity, selain untuk merekam kamu juga dapat memanfaatkan fiturnya untuk menghapus suara-suara noise yang tidak perlu.

#8 Video Converter

9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula 8

Setelah video selesai proses editing dan rendering, biasanya video memiliki ukuran file yang cukup besar jadi sebelum di upload di konversi dulu menjadi lebih kecil. Hal ini juga membantu kamu melakukan proses upload agar lebih cepat dan hemat kuota internet tentunya.

Selain itu dengan aplikasi video converter kamu juga dapat mengubah ekstensi format video sesuai kebutuhan.

Untuk aplikasi video converter di PC kamu dapat menggunakan aplikasi seperti Wondershare Video Converter Ultimate, Format Factory, Xilisoft Converter dan lainnya.

Sedangkan di Android kamu dapat menggunakan aplikasi video converter android atau media converter.

#9 Image Editor

9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula 9

Peralatan yang terakhir adalah aplikasi image editor. Aplikasi ini akan digunakan untuk membuat thumbnail video agar terlihat lebih menarik perhatian pengunjung.

Biasanya thumbnail ini sangat membantu menaikkan view video yang sudah di upload nantinya. Jika thumbnail yang kamu buat menarik maka akan mendapat view dan click yang lebih banyak juga.

Untuk aplikasi ini sangat fleksibel, kamu dapat menggunakan aplikasi image editor yang kamu kuasai saja. Saran saya kamu dapat menggunakan Photoshop, Gimp, Inkscape atau canva.

Kesimpulan

Itulah 9 Aplikasi yang wajib kamu gunakan jika ingin memulai karir sebagai seorang vlogger. Saya harap artikel ini dapat membantu kamu membangun channel video pertamamu di Youtube. Terima Kasih.

Guest Post Danforblog

4 thoughts to “9 Tool yang Wajib di Gunakan oleh Vlogger Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *