9 Kategori Dan Karakteristik Pembaca Atau Pengujung Blog

Adalah sangat penting bagi setiap blogger untuk mengidentifikasi kategori atau jenis pembaca yang berkunjung ke blog nya. Kenapa? karena dengan idetifikasi tersebut maka;

  • Blogger bisa menentukan niche yang tepat untuk blog nya tersebut, atau jika blog sudah di buat berdasarkan niche tertentu, maka blogger akan dengan mudah menargetkan pembaca blog kita.
  • Supaya Blogger terarah dalam menulis konten blog, karena sudah tahu selera pembaca blognya.
  • Menjadi Satu keuntungan dalam target target iklan, jika blog mengulas tentang mobil. Jadi mungkin akan menarik perhatian perusahaan mobil untuk mengiklankan produk mereka, Aksesoris mobil atau apa saja mengenai mobil.
9 Kategori Dan Karakteristik Pembaca Atau Pengujung Blog
Karakteristik Pembaca Atau Pengujung Blog

Jadi akan lebih menyenangkan melakukan aktifitas blog, jika kita tahu kategori pembaca blog kita. Apa yang mereka sukai untuk di baca, serta apa yang menarik perhatian mereka.

9 Kategori Dan Karakteristik Pembaca Atau Pengujung Bloglog

1. Robot

Umumnya pengunjung Robot ini adalah milik situs mesin pencari, makanya disebut:  Robot Mesin Pencari atau Crawler Web.  Sebuah robot web adalah program pencari perangkat lunak yang mengunjungi situs secara teratur dan secara otomatis, dan merangkak melalui web hypertext struktur dengan mengambil dokumen, dan mengambil semua dokumen yang direferensikan secara rekursif.

Kita boleh kesampingkan ini dulu karena ini adalah urusan SEO.

2. Spammer

Ini adalah pengunjung tak tahu diri, yang sukanya menempelkan URL atau Link, atau Iklan, dll. di Bagian Comment situs atau blog kita, model pengunjung seperti ini datang dengan 2 Cara, dengan memakai Robot buatan seperti jenis pertama, dan dengan cara Manual… tetapi apapun ini..

pengunjung blog model begini Layak untuk di Halau dari Blog.

3. Blog Walker

Rada mirip seperti model pembaca 2 di atas, hanya saja caranya ELEGAN, mereka akan mengomentari Situs atau Post di blog tersebut dengan BAIK, sehingga susah untuk menilainya sebagai SPAM atau memang Komentator.

Mereka biasanya datang ke blog kita hanya untuk Bertamu saja dengan harapan menemukan satu MODUS atau tempat untuk Mempromosikan Blognya Juga. Tipe pengunjung seperti ini tidak perlu di khawatirkan karena walaupun mereka hanya datang sekali, paling tidak bisa ikut memperkaya Komentar di Blog…, Ikut Ngeramein gitulah…

Baca Juga :
Teknik Blogwalking yang Pasti Dapat Kunjungan Balik 
Cara Mudah Memperbanyak Followers Blog

4. Pembaca Yang Hanya Suka Melihat Gambar Saja

Mereka ini jenis pembaca yang santai, alias Pembaca Cuci Mata. Mereka menjelajahi internet untuk menghilangkan rasa bosan dan mencari sesuatu yang menarik, Apakah itu Gambar, Vide, dll. pokoknya dia ingin menyegarkan Matanya saja dan memenuhi ilusinya dengan apa yang dilihat matanya.

Banyak blog yang sudah membuktikan dan berhasil mendulang visitor tinggi dengan memanfaatkan jenis pembaca model ini, Hanya dengan bermodalkan gambar-gambar yang menarik, unik dan agak aneh, blog tersebut menjadi yang banyak diminati.

BACA:  Download Ebook Mini Gratis Cara Riset Keyword Oleh Bang Satruk

5. Pembaca Yang Suka Gosip Selebriti Dan Berita Panas

Pembaca jenis ini sangat menyukai blog-blog bertemakan hiburan, entertainment, Politik dan berita serta situs situs yang siap menyajikan berita berita tentang orang orang, atau tokoh tokoh yang lagi Terkenal atau trend saat ini, Semacam artis, pemain sepak bola, politikus dan segala seseuatu yang berhubungan dengan mereka. Dan biasanya juga, blog dengan niche ini, sering memiliki traffik yang lumayan. Bahkan hanya bermodal entri copy & paste.

6. Pembaca Yang Suka Esek Esek.

Jangan katakan Model pembaca seperti ini tidak ada, dan jangan pula katakan anda tidak mengenal model pembaca seperti ini, Tapi saya akan katakan kalau saya tidak mau menjabarkan bagian ini… karena kita sama sama tahu… sssst.

7. Pembaca Yang Mencari Download Software Gratisan / Bajakan

Pembaca blog model ini juga berjibun, mereka mencari sesuatu yang baru tetapi harus gratis, bahkan yang bajakan pun tak apa, oke baelah… Mumpung…, makanya anda dapat melihat blog blog Download software komputer dan bahkan Game, atau APK gadget, laris manis karena pembaca model begini. Tetapi blog-blog yang memanfaatkan pengunjung model begini juga sangat rentan.  Rentan di Banned Mesin pencari. Alasannya? Cari sendiri.

8. Pembaca Blog Yang Membaca Informasi Dengan Rinci

Jenis pembaca seperti ini akan menggunakan search engine untuk mencari informasi yang mereka perlukan dan mereka cari. Mereka mungkin sedang mencari info yang sangat penting untuk menyelesaikan masalhnya. Jadi ketika mereka menemukan apa yang mereka cari, mereka akan membacanya dengan sangat teliti.

Dan karena yang ditulis di konten blog tersebut sangat perlu untuk membantu pembaca ini dalam menyelesaikan masalahnya, maka Jika ternyata informasi yang diberikan tidak lengkap, mereka akan beralih mencari info yang sama diblog lainnya.

9. Pembaca Setia Yang Selalu Siap Menanti Tulisan Baru Di Blog Mu

Boleh dikatakan inilah Blog Reader yang sebenarnya, mereka terbentuk karena Kerjakeras mu di situs mu sehingga mereka memiliki jalinan emosi tersendiri dengan anda sebagai pemilik blog.  Mereka akan selau siap menanti Sesuatu yang baru.. dan siap diberitahu entah dengan email, bahwa ada sesuatu yang baru di blog mu.

Inilah golden reader yang sebenarnya, peliharalah mereka dan perkuat interaksi dengan mereka.  Maka blogmu akan terus hidup dan STabil. Dan sangat Beruntung jika seorang blogger bisa erhasil sampai ke tingkat ini. Blog tersebut telah mendapat kepercayaan dan keyakinan dari pembaca setianya.

Demikian 9 Kategori Dan Karakteristik Pembaca Atau Pengujung Blog, Semoga bermanfaat… Atau kawan kawan ingin menambahkan Jenis pengunjung blog lainnya, silahkan di Comment.

Salam Danforblogg.

Guest Post

One thought to “9 Kategori Dan Karakteristik Pembaca Atau Pengujung Blog”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *