9 Cara Jitu Membuat Artikel Unik Untuk Menambah Pengunjung Blog

Sebagai blogger pastinya sering mencari informasi mengenai bagaimana cara membuat artikel yang unik untuk menambah trafik pengunjung blog dan untuk meningkatkan peringkatnya smakin baik di mesin pencari. Karena itu balik lagi ke tujuan kita membuat sebuh blog, apakah untuk sekedar tempat curhat, tempat mengarang, atau sebagai tempat bisnis di dunia online. Jika kalian membuat blog untuk bisnis, alangkah baiknya perhatikan juga beberapa tips yang akan saya bagikan di artikel ini.

9 Cara Jitu Membuat Artikel Unik Untuk Menambah Pengunjung Blog
9 Cara Jitu Membuat Artikel Unik Untuk Menambah Pengunjung Blog

Selama beberapa tahun, dari pengetahuan saya membangun sebuah blog untuk bisnis online, membuat konten dengan tujuan Search Engine Optimization (SEO) saja, akhirnya juga tidak akan menetap lama di mesin pencari. Waktu itu aku selalu ikut-ikutan strategi khusus dalam mengerjakan artikel, strategi ini banyak diajarkan oleh internet marketer. Pada kenyataannya, strategi khusus ini tidak memberikan hasil untuk blog saya, karena cenderung hanya terfokus pada tujuan SEO, akibatnya pengunjung blog saya jadi bosan.

Kalian pasti juga pernah melakukannya, contohnya memforsir pengulangan kata kunci (keyword density) dalam artikel, selalu ada kata kunci yang di target pada H1 – H2 – H3, dll. Aku pernah melakukan langkah seperti itu, dan tidak menghasilkan untuk jangka panjang karena ternyata artikelnya tidak disukai pengunjung.

Berikut ini adalah 9 cara jitu Membuat Artikel Unik Untuk Menambah Pengunjung Blog dan disukai oleh google:

Menulis untuk pengunjung blog dan Optimasi untuk robot mesin pencari

Pembaca blog kalian pasti tidak menginginkan melihat artikel yang dibikin untuk tujuan SEO saja, mereka ingin mencari informasi yang mengagumkan dari blog anda. Bahkan mesin pencaripun lebih memprioritaskan konten alami dari pada dengan konten yang dibangun untuk tujuan SEO saja.

Meskipun kalian menulis dengan alami pastinya artikel tersebut tetap bisa dioptimasi untuk robot mesin pencari. Tetaplah fokus dalam membuat artikel yang menjadi ‘daging dan darah’ blog kalian, dan juga kasih bantuan pada web robot agar mendapatkan konten anda tersebut.

BACA JUGA :
Tips Cara Jitu Menulis Artikel Dan Menjadi Page One Di Search Engine
4 Tips Menulis Artikel Singkat Tapi Berkualitas

Lupakan Tentang Keywords Density (pengulangan kata kunci)

Salah satu keyakinan SEO yang sering kita ingat dalam mengerjakan sebuah konten artikel adalah pengulangan kata kunci (keywords density). Banyak orang membicarakan keyord density yang bagus adalah 3% sampai 5% dari keseluruhan kata dalam sebuah artikel, banyak orang juga mengatakan 1% sampai 3% saja dalam sebuah artikel. Pada kenyataannya, Google tidak pernah menyatakan tentang Keyword Density.

Maka dari itu kita perlu memasukkan keyword di dalam koten, atau bisa juga menyuntikkan keyword yang relevan dengan tulisan yang kita buat. Namun kalian harus memakainya secara wajar, biarkan konten kamu alami. Memfokuskan keywords di tempat yang tidak pas malah akan merusak kualitas artikel anda, dan juga tidak akan lebih baik di mata google.

Gunakan Keyword yang Relevan dan Persamaan Katanya

Kalian pasti pernah dengar tentang LSI atau Latent Semantic Indexing. Mesin pencari selalu mengkaitkan sebuah keyword dengan keyword lainnya yang masi relevan. Oleh karenanya, variasikan keyword di dalam konten kamu. Dengan memakai kata kunci turunan, maka konten kamu juga semakin relevan dengan tema yang kamu bahas tanpa harus menyertai kata kunci yang sama terus-terusan.

Bikinlah Artikel Berkualitas dengan Topik yang detail

Semua orang senang bicara to the point atau langsung pada intinya. Namun, jika kalian membuat konten yang menerangkan secara detail dalam sebuah topik, pastinya ini akan semakin bagus. Saya sendiri tidak terlalu menghiraukan jumlah kata dalam sebuah artikel yang sudah saya kerjakan, tetapi biasanya tulisan yang panjang dan detail lebih baik peringkatnya di SERP Google dari pada tulisan yang dangkal dan singkat.

Bukan berarti tulisan dengan jumlah kata yang banyak selalu baik di SERP mesin pencari. Ini cuman sebagai gambaran bahwa kontek yang berkualitas itu sangat penting jika ingin peringkat yang bagus di google. Jangan juga memaksakan diri menulis artikel panjang dengan banyak basa-basi, buatlah artikel sesuai dengan kenyataan dan juga sesuah dengan pengalaman kalian.

Pakailah Long Tail Keyword di Judul Konten

Judul yang cukup panjang biasanya lebih baik di mata mesin pencari dibandingkan dengan judul yang singkat. Memang, judul dengan keyword yang panjang pencariannya lebih minim dari pada keyword yang singkat. Namun faktanya, judul yang panjang kebanyakan lebih bagus posisinya di mesin pencari dibandingkan penulisan judul yang singkat. Dan juga konten dengan judul yang lengkap dan panjang biasanya lebih bagus konversinya

Merespon Pengunjung Blog dengan Baik

Jika website anda sudah punya pengunjung setia, maka anda harus kasih respon dengan cara membalas komentar dari pertanyaan mereka. Berilah jawaban yang mereka inginkan, dengan syarat anda hanya akan membalas komen dan pertanyaan sesuai dengan topik artikel anda. Kalau kita lihat dari sisi SEO, kontribusi pembaca di dalam blog adalah keuntungan bagi kita.

Berikan Kemudahan Bagi Pengunjung untuk Membagikan Konten anda

Membagikan link konten anda ke social media akan memberikan trafik dan dampak seo yang bagus untuk semua blog anda. Apalagi jika banyak pengunjug blog yang menyebarkan konten anda, hasilnya sudah bisa di prediksi akan lebih baik. Oleh karenanya, sediakan tombol share di blog anda agar memudahkan pengunjung untuk membagikan artikel yang mereka senangi di blog anda ke teman-temannya.

Pakailah Google+

Google Plus akan semakin berperngaruh di dalam SEO. Karena dengan menggunakan Google plus anda akan menghasilkan Author Rank dan terkoneksi dengan pengguna Google plus lainnya. Dan menurut hemat saya peranan google+ akan semakin berpengaruh untuk SEO di masa mendatang. Jadi, semestinya anda pakai google plus dari sekarang dan menghubungkan blog kalian dengan google plus.

Gunakan Deskripsi dan Judul

Hal pertama yang dilihat oleh google ketika robot mereka melihat blog anda adalah title tags. Semestinya akan lebih bagus lagi jika judul konten disertai dengan deksripsi dari konten kamu., karena pengunjung blog akan melihat judul dan deskripsi kamu di SERP Google. Pakailah judul dan deskripsi yang lengkap sehingga membuat pengunjung untuk mengklik situs anda.

Demikian ulasan kami mengenai Cara Jitu Membuat Artikel Unik, semoga bermanfaan. Salam danforblog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *