8 Kategori Artikel Unggulan untuk Konten Blog Anda

8 Kategori Artikel Unggulan untuk Konten Blog Anda
8 Kategori Artikel Unggulan untuk Konten Blog Anda

Blogging adalah alat yang sangat ampuh untuk membangun personal branding. Melalui blog kita menunjukkan kepakaran kita pada bidang yang kita geluti. Karena itu kualitas konten unggulan dalam blog adalah suatu keniscayaan. Semakin baik kita punya konten, maka semakin kuatlah brand sebagai pakar kita bangun. Karena itu pertanyaannya adalah seperti apa artikel berkualitas unggulan untuk konten blog?

Beberapa Kategori Artikel Unggulan untuk Konten Blog

Bagaimana membuat artikel berkualitas unggulan demikian? Layaknya bibit, artikel konten unggulan pun perlu penangan yang lebih serius dan berbeda. Berikut beberapa penjelasan tentang artikel, diantaranya :

#1. Artikel Unggulan Bermanfaat dan Memberi Solusi

Ini pasti jawaban semua blogger sukses jika anda tanya tentang bagaimana membuat artikel berkualitas. Berikan solusi nyata kepada pembaca. Ya, orang membaca blog dan tulisan kita sebab mereka ingin solusi. Kalau tidak ada solusi, buat apa buang-buang waktu. Sementara jutaan artikel berkualitas dan bermanfaat lainnya tersebar bak kacang goreng di luaran sana. Sebab itu solusi yang nyata dan praktis adalah kuncinya. Untuk melakukan ini, memang kita kudu lepas dari diri sendiri. Dan memindahkan perhatian kepada kepentingan dan masalah pembaca. Kebanyakan penulis dan blogger pemula seperti saya masih berkutat dengan mengekspresikan diri semata. Sehingga kita belum peduli dengan orang lain.

Kita menulis sekedar untuk menuangkan isi pikiran saja. Para penulis dan blogger sukses, sudah selesai dengan dirinya sendiri. Mereka berfokus untuk membantu menyelesaikan permasalahan orang lain. Dan secara kebetulan juga, hukumnya berbunyi; “Semakin banyak kita membantu orang lain, semakin banyak kita meraih kesuksesan.”

Jadi menulis artikel berkualitas dan unggulan untuk blog kita, bukan hanya bukan cuma mengubah cara menulis kita, atau membaca lebih banyak referensi, tapi yang paling utama adalah perubahan pola pikir. Nah, langkah praktisnya agar bisa memberikan solusi nyata, tentu pertama kita mesti paham dengan masalah mereka.

#2. Artikel Unggulan Tepat Sasaran & Punya Segmentasi

Tidak perlu rempong, ini proses sekali saja. Sebelum membuat blog tentu kita sudah tahu untuk siapa blog ini kita buat? Siapa kira-kira yang akan membaca kita punya blog? Siapa-siapa yang bakal butuh informasi yang tersedia di blog kita? Orang sono bilangnya, “target audience.” Ketika tahu siapa target audience kita, kita bisa tahu apa masalah mereka. Kemudian sebagai bloggernya, kita sediakan solusi itu di blog kita. Cukup mudah kan?

Kemudian dalam menulis artikel konten untuk blog kita gunakan pendekatan target audience ini. Setiap artikel harus membahas satu masalah dari satu jenis target audience. Blog mungkin punya beberapa target audience, tapi satu artikel harus menyasar hanya satu target semata. Jadi sebelum menulis artikel tetapkanlah satu orang dari target audience kita sebagai pembaca yang kita sasar. Dialah yang memang membutuhkan artikel blog kita. Orang copywriter menyebutnya “buyer persona.” Mungkin kita blogger sebut sebagai “reader persona.”

#3. Artikel Unggulan Menyedot Perhatian dan Minat Baca

Setelah tahu masalah pembaca, dan sudah kita sediakan solusinya, sekarang tentu bagaimana agar mereka tahu dan mau membacanya. Agar mereka mau? Mereka harus tahu bahwa kita menyediakan solusi untuk masalah mereka. Mark Joyner dalam buku The Irresistible Offer, menjelaskan bahwa inti dari setiap bisnis bukanlah produk, kartu nama atau perusahaan, melainkan penawaran. Nah begitupun  dalam menulis artikel konten unggulan. Penawaran adalah kuncinya. Dan ini semua terletak pada “Judul.”

Judul artikel mesti menyedot perhatian dan minat baca pembaca. Pada judul-lah kita buat penawaran kita. Karena itu judul harus menjelaskan dengan sangat jelas apa yang akan pembaca dapatkan. Banyak orang menulis judul yang absurd karena ingin terlihat pintar. Ternyata itu keliru. Ada satu prinsip dalam content marketing yang sangat penting, yakni “Be Clear Not Clever!”

Selanjutnya agar judul lebih menarik gunakan beberapa tips berikut ini;

  1. Gunakan Angka. Misalnya; 7 langkah jitu agar jago berenang. 10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Sejarah. Modifikasi pula angka ini, bisa anda taroh di tengah agar tidak monoton.
  2. Berikan jangka waktu atau hasil yang jelas. Jika artikel anda berupa panduan maka berikan hasil nyata dalam jangka waktu tertentu. Misalnya; Rahasia Jago Photoshop hanya dalam 1 Minggu, Bagaimana menurunkan berat badan hingga 20kg kurang dari 1 bulan.
  3. Segala yang berbau kontroversi itu akan menarik perhatian.

#4. Artikel Unggulan Enak Dibaca dan Berkesan Di Hati

Tentu anda pernah mendengar istilah, “Segala sesuatu yang datang dari hati akan sampai ke hati.” Bukan cuma memasak harus dengan hati, Nampaknya inipun berlaku dalam menulis artikel unggulan untuk konten blog. Memang orang menulis konten karena beragam alasan. Tapi yang terbaik adalah menulis dari hati. Orang akan tahu mana artikel yang benar-benar ditulis dengan hati. Mana yang sekedar ditulis saja.

Nampaknya memang google paham betul dengan hal ini. Perhatikan saja panduan yang mereka sebutkan berikut ini :

Walaupun judul panduan ini mengandung kata “mesin telusur”, kami ingin menyampaikan bahwa Anda harus membuat keputusan pengoptimalan dengan mementingkan pengunjung situs. Mereka adalah konsumen utama konten dan menggunakan mesin telusur untuk menemukan pekerjaan Anda. Terlalu fokus pada perubahan tertentu untuk meraih peringkat pada hasil organik mesin telusur belum tentu memberikan hasil yang diinginkan. Pengoptimalan mesin telusur adalah tentang meletakkan kesan indah di awal dalam keterlihatan di mesin telusur, namun konsumen utamanya adalah pengguna Anda, bukan mesin telusur.

Saya pernah menulis karena alasan ingin menembak keyword untuk halaman 1 google. Hasilnya nihil. Sementara artikel lain yang ditulis dengan ikhlas hanya untuk memberikan manfaat kepada orang lain, muncul dengan sendirinya di mesin pencari. Ketika kita menulis dengan hati, maka gaya bahasanya pun akan mengena di hati. Artikel kita menjadi berkesan dan selalu diingat. Berapa banyak artikel blog yang anda baca dibanyak blog kemudian keesokan harinya sudah anda lupa? Jadi apakah anda sudah menulis dari hati?

#5. Artikel Unggulan Terstruktur dan SEO Friendly

Kita menulis dari hati. Artinya niatnya memang untuk membantu orang lain. Tapi dalam penulisan kemudian tetap kita buat struktur yang baik dengan tulisan kita agar mudah dipahami oleh pembaca, sekaligus search engine. Jadi kita bukan menulis untuk search engine, kita menulis untuk pembaca. Hanya saja panduan SEO dalam menulis artikel kita gunakan sebagai pedoman dan menulis yang baik.

Penggunaan header, subheader, image, alt image masih berlaku kok sampai sekarang. Artikel kitapun harus menembak 1-2 keyword. Tidak ada yang salah dengan itu. Yang penting tidak berlebihan. Pandai-pandai kitalah merangkai kalimat agar bisa menembak keyword, sekaligus tetap terkesan natural.

#6. Artikel Unggulan Punya Data Penunjang Yang Terpercaya Dan Bisa Digali

Data dan statistik yang mendukung itu nampaknya saat ini menjadi satu poin penting bagi google untuk menilai apakah suatu artikel itu berbobot atau tidak. Semakin kredibel data dan statisticnya maka semakin bernilai-lah artikel kita di mata google. Selain itu yang lebih penting adalah data penunjang yang terpercaya dan bisa digali itu menambah kredibilatas kita sebagai pakar oleh pembaca.

#7. Artikel Unggulan Punya Satu Tujuan Dan Harapan Yang Pasti

Artikel yang berkualitas unggulan itu tidak bisa tidak harus punya satu tujuan yang jelas. Apa yang anda harapkan dari pembaca setelah membaca blog anda. Menurut saya artikel terbaik itu harus punya call to action yang jelas. Dan juga tahu perasaan macam apa yang akan muncul dari pembaca setelah membaca. Kita menulis artikel memang untuk pembaca. Tapi jika itu ternyata tidak memberikan keuntungan apa-apa terhadap kita penulisnya, ya percuma juga.

Setelah kita memberika solusi nyata untuk permasalahan pembaca, selanjutnya mereka akan aware dengan kita. Selanjutnya tinggal di tangan kita. Apa yang kita ingin pembaca lakukan setelah ini semua. Jadi win-win solution. Kita menangkan dulu pembaca dengan menyelesaikan masalahnya, kemudian setelah itu kita bisa meminta mereka untuk membantu kita. Apakah itu membeli produk kita, berlangganan newsletter blog kita, merekomendasikan kita kepada teman-temannya, atau apapun.

#8. Artikel Unggulan Punya Jati Diri dan Membangun Brand Identity

Ini yang banyak dilupakan oleh para penulis dan blogger. Ya, kita sudah membuat artikel berkualitas unggulan dan terbaik. Tapi ingat, bukan hanya kita yang mampu melakukan itu. Banyak blogger dan penulis lain yang mampu melakukannya juga di blog mereka. Bahkan mungkin bobotnya lebih baik daripada kita.

Karena itu kita harus punya jati diri. Ciri khas. Karakteristik tersendiri. Sehingga artikel kita berbeda dari artikel lainnya yang ada di luar sana. Mungkin bobotnya sama, tapi cara penulisan dan gaya bahasanya membuat kita berbeda. Sehingga kita lebih mudah di ingat pembaca. Ketika orang membaca artikel kita dia langsung tahu bahwa ini adalah tulisan kita. Ini tentu membuat artikel lebih sulit untuk di duplikasi apalagi di copy paste. Karena akan ketahuan.

Nah, demikianlah 8 kategori artikel unggulan untuk konten blog Anda yang wajib dilakoni jika ingin blog ramai dikunjungi pengunjung setia. Semoga bermanfaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *