7 Tips Membuat Judul Artikel Blog yang Baik

Mengapa Judul Artikel itu Penting? Judul artikel memiliki kekuatan magis! Judul yang baik dapat menarik pengunjung dan tidak meninggalkan situs Anda. Sebagian besar trafik organik akan datang berdasarkan judul dari artikelnya. Pembaca harusnya langsung dapat memahami isi dari tulisan Anda saat membaca judulnya.

7 Tips Membuat Judul Artikel Blog yang Baik
7 Tips Membuat Judul Artikel Blog yang Baik

Mungkin Anda sedang menulis killer artikel, tapi jika Anda gagal menentukan judul yang baik, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Hal ini juga penting untuk optimasi search engine karena tag judul memberi peran besar dalam SEO.

Berikut ini ada 7 tips membuat judul artikel blog yang baik.

1. Berpikir Lebih

Daftar semua ide-ide Anda dan pilih salah satu yang terbaik sebagai judul artikel Anda. Pastikan untuk memilih judul yang tepat dan relevan dengan kontennya. Teliti query (kata/frasa) yang sering dicari orang sehingga artikel yang Anda tulis bisa mendatangkan trafik besar untuk blog Anda.

2. Hindari Duplikasi Judul

Tidak ada yang suka membaca kembali konten yang sama. Walaupun kontennya berubah, pembaca tidak suka membaca tulisan sedangkan judul yang muncul sama. Duplikasi judul bisa membuat orang bingung. Jika anda menulis hal yang sama dengan isi yang berbeda dengan yang Anda tulis sebelumnya, maka buatlah judul yang sedikit berbeda. Duplikasi judul juga dapat membuat situs Anda tidak disukai oleh mesin pencari.

3. Gunakan Keyword (Kata Kunci)

Sangat penting juga untuk memasukkan kata kunci yang Anda targetkan dalam judul. Jangan menulis judul blog tanpa kata kunci di dalamnya. Menggunakan kata kunci yang dengan benar dapat membantu pengunjung dan juga search engine untuk mengetahui tulisan Anda. Disamping itu, gunakan juga kata-kata yang menarik pembaca seperti “Gratis”, “Terbaik”, “Terbaru”, dan sebagainya. Baca Juga : Cara Menempatkan Keyword di Posting Blogger agar lebih SEO Friendly

4. Gunakan Angka

Masukkan angka dalam judul artikel jika Anda menulis point-point secara teratur dalam konten. Misalnya jika tulisan Anda tentang tips SEO, maka buat judul seperti “6 Tips SEO”. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat orang terkesan dan tertarik untuk membaca blog Anda.

5. Gunakan Pertanyaan

Ini akan membuatnya lebih baik, sebab pembaca memiliki kecenderungan untk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut. Gunakan kata tanya seperti mengapa, Apa dan lainnya pada judul blog. Sebagian orang juga menggunakan mesing pencari dengan pertanyaan. Sehingga membuat judul dengan pertanyaan akan menjadikannya lebih relevan dan memiliki kesempatan untuk meningkatkan CTR.

6. Jangan Terlalu Pendek atau Terlalu Panjang

Jangan membuat judul terlalu pendek atau terlalu panjang. Judul yang pendek akan sulit untuk mendapatkan peringkat yang baik. Namun jangan sampai lebih dari 70 karakter.

7. Menyertakan Humor

Sebuah pos yang mengandung humor akan membuat pembaca tertawa dan juga berpikir. Ini adalah pilihan. Jika anda mempunyai hal-hal yang membuat pembaca senang, apa salahnya membuatnya dalam bentuk humor.

Itulah, beberapa tips dalam membuat judul artikel blog yang baik sehingga lebih optimal dalam menarik pengunjung ke blog Anda. Jika sobat blogger nubi masih punya tips lain, jangan sungkan untuk berbagi dengan saya dan teman-teman yang lain melalui kolom komentar.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat ya. Terimakasih.

Guest Post Danforblog

One thought to “7 Tips Membuat Judul Artikel Blog yang Baik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *