7+ Tips Bagaimana Mengembalikan Mood Menulis

Menjadi seorang blogger, tak sepenuhnya bisa selalu konsisten ngeblog. Terkadang apa yang namanya mood bisa menjadi faktor utama dalam mengukur baik-buruk serta sering-tidaknya seorang blogger menulis.

Jika mood sedang klimaks, maka berapapun kata, berapapun tulisan yang harus dikerjakan, Insya Allah bisa selesai.

Sebaliknya, jika mood sedang down, maka menulis satu saja tulisan dengan 200 kata didalamnya pasti merasa kesulitan.  Word-counter pun terus saja dilihat, berharap apa yang ditulisnya bakalan selesai.

Itu juga masih contoh bagus. Buruknya, seorang blogger dengan mood yang terlanjur down, bisa-bisa dirinya merasakan

halah, apaan sih ngeblog !

Yang berarti saat itu ia telah menunda sebuah target tulisan yang ditunggu-tunggu oleh pembaca blognya. Jika hal ini terus menerus terjadi, wah., bisa-bisa seperti gudang tulisan yang tak pernah update untuk dibersihkan.

I know you feel it bro..

Tips Bagaimana Mengembalikan Mood Menulis
No Mood At All

Nah, yang perlu ditanyakan sekarang adalah.. Bagaimana mengembalikan Mood menulis, jika sudah terlanjur down ?

1. Ketahui

Hal yang paling awal dan harus selalu menjadi yang pertama anda perhatikan adalah, dengan mengetahuinya.

Ketahuilah bahwa saat ini anda hanya sedang belum mood dalam menulis. Sadarkan diri anda bahwa Pembaca blog anda diluar sana menunggu update dari tulisan anda. Pastikan anda juga berpikiran dan camkan untuk bisa menulis nantinya.

Dengan begitu, anda bisa langsung menuju ke poin 2 artikel ini.

2. Musik / lagu

Kedua, yakni dengan sedikit memberi suasana baru bagi otak dan pikiran anda, dengan menyalakan musik

Dengan menyalakan musik, saya pastikan selain bisa mengembalikan mood kembali ke PC, anda juga bisa lebih fresh dalam menangkap informasi melalui daya tangkap pikiran anda.

Oiya, refreshing menggunakan lagu bisa jadi yang paling sederhana dan paling efektif. Kenapa ? Dibandingkan yang lain, mendengarkan musik masih memungkinkan anda untuk menulis.

Artinya, saat menulis ditemani lagu, pastinya lebih tidak membuang waktu, bukan ?

3. Game

Meski tidak semua blogger menyukai bermain game, disini saya hanya memasukkan semua hal yang memungkinkan untuk mengembalikan mood menulis.

Sebenarnya saya sendiri terkadang memilih untuk bermain Game. Namun sekedar bermain di game-game Facebook. Kenapa ? Karena bermain di game facebook, sudah cukup bagi saya. Selain gratis, game-game yang disediakan Facebook tak pernah berlebihan.

Artinya, game-game facebook tak pernah membuat penggunanya ketagihan. Setidaknya itulah pengalaman saya selama ini. Berbeda dengan game-game online & offline yang bertebaran dan sering membawa ketagihan juga bagi para penggunanya.

4. Sosial Media

Di poin ini, saya rasa anda semua juga tahu bila sosmed sangat bisa mengembalikan mood menulis.

Hal ini terjadi karena melalui social media, anda bisa lebih bertindak interaktif dengan teman, om, tante anda. Bukan hanya melalui chat, komentar, serta status, sekali lagi melalui game pun anda juga bisa melakukannya.

5. TV atau Video

Melihat acara kesukaan di TV pun bisa mengembalikan mood dalam menulis. Malah terkadang, menonton acara TV atau melihat video Youtube bisa menambah ide tulisan anda.

Jika anda saat ini sedang belum mood dalam menulis, mungkin anda bisa mencoba tips yang satu ini. Yang penting tentukan berapa acara yang akan anda nikmati, agar tidak keterusan melihatnya.

Tips Bagaimana Mengembalikan Mood Menulis
Tips Bagaimana Mengembalikan Mood Menulis

6. Keluar Rumah

Anda tak harus selalu didepan layar untuk mengembalikan mood menulis dibaliknya.

Anda bisa saja menghentikan itu semua dan mencoba keluar rumah, setidaknya untuk sementara. Anda bisa coba jalan ke taman, keluar ke warung, atau bahkan rekreasi bersama keluarga pun tak ada salahnya.

Hitung-hitung sekalian mencari ide-ide baru yang masih fresh.

7. Tidur

Terakhir, yang memiliki pengaruh paling efektif dan paling skeptis, ya dengan mengistirahatkan total tubuh anda.

Tidur adalah karunia Allah SWT, dan dengan tidur itu, anda bisa mengembalikan semua pikiran dalam keadaan segar. Prinsipnya sama dengan system yang digunakan JSS dan ProfitClicking, yakni mengembalikan semua dalam posisi paling stabil.

Bedanya, tidur jauh lebih sempurna ketimbang system apapun yang dibuat sendiri oleh manusia.

Bonus : Sholat

Anda muslim ? Muslimah ? Anda saat ini sedang down ? Kenapa tidak sholat saja ?

Sholat bisa membuka satu per satu file-file yang ada di laci pikiran anda. Bukan itu saja, dengan sholat anda dipastikan merasa lebih sehat dan segar dalam segala sesuatu.

Bukti paling benar yang dibenarkan yakni yang terdapat saat adzan subuh berkumandang.

Asshalaatu khairun’ minannaum (2x) – Sholat itu lebih baik daripada tidur.

Nah, jika Islam sendiri mengatakan tidur itu baik buat tubuh anda, bagaimana jika dikatakan bahwa sholat itu lebih baik lagi daripada tidur ?

Wallahu Alam.

Yang penting, jangan terlalu keenakan dan menikmati hal-hal diatas. Secukupnya saja.

Penulis : Hendra (http://hend.ws)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *